Pertanyaan:
Nijam Rizal
Assalamua alaikum warahmatullahi wabarakatuh.gus yai..
Maf mau nanya klo sholt jenazah jenazahnya di belakang apa sholtnya sah.
Jawaban:
Ismidar Abdurrahman As-Sanusi
Walaikumsalam
Tentang keabsahan shalat jenazah bila jenazah dibelakang musholi terhitung sah sebab tidak ada syarat dan rukun shalat jenazah harus jenazahnya didepan musholli, apabila syarat rukun shalat lengkap dan tidak ada kurang maka shalat jenazah dianggap sah. Hanya saja persoalannya apakah boleh ketika menshalatkan jenazah posisi jenazah berada dibelakang musholi? Pendapat yang paling Shahih dalam Madzhab Syafi'i posisi jenazah dibelakang musholi tidak boleh. Meskipun tidak diperbolehkan jenazah berada dibelakang musholi saat dishalatkan namun shalat tetap sah sebab itu bukanlah merupakan syarat dan rukun shalat jenazah.
Walllahu A'lamu Bis Showaab
فَأَما الْموقف فليقف الإِمَام وَرَاء الْجِنَازَة عِنْد صدر الْمَيِّت إِن كَانَ رجلا وَعند عجيزة الْمَرْأَة كَأَنَّهُ يحاول سترهَا عَن الْقَوْم فَلَو تقدم على الْجِنَازَة فَفِيهِ خلاف مُرَتّب على تقدم الْمُقْتَدِي على الإِمَام وَأولى بِالْجَوَازِ لِأَن الْغَائِب قد يصلى عَلَيْهِ وَيكون الْمَيِّت وَرَاء الْمُصَلِّي وَإِن كَانَ ذَلِك بِسَبَب الْحَاجة فَلَا بَأْس بِإِدْخَال الْجِنَازَة الْمَسْجِد خلافًا لأبي حنيفَة
الوسيط في المذهب ج ٢ ص ٣٨١
°°°°°°°°°
فَلَوْ تَقَدَّمَ عَلَى الجَنَازَةِ لَمْ يُجِزْ عَلَى الأَصَحِّ؛ لِأنَ ذَلِكَ يُحْتَمَلُ فِي حَقِّ الغَائِبِ بِسَبَبِ الحَاجَةِ. -إلى أن قال-
الثانية: أن تقدم على الجَنَازة الحاضرة وجعلها خلف ظهره.
قال في "النّهاية": خرجه الأصحاب على القولين في تقديم المأموم على الإمام ونزلوا الجنازة منزلة الإمام، قال: ولا يبعد أن يقال تجويز التَّقَدُّم على الجَنَازة أَوْلَى، فإنها ليست إماماً متبوعاً حتى يتعين تقدمه، وإنما الجنازة والمصلون على صورة مجرم يحضر باب الملك ومعه شفعاء، ولولا الأَتْبَاع لما كان يتجه قول تقديم الجَنَازة وجوباً، وهذا الذي ذكره إشارة إلى ترتيب الخلاف، وإلاَّ فقد اتفقوا على أن الأصح المنع.
وقوله في الكتاب: "لأن ذلك يحتمل في حق الغائب بسبب الحاجة" جواب عن كلام يحتج به لجواز التقدم على الجنازة، وهو أن الغائب يصلى عليه كما سيأتي مع أنه قد يكون خلف ظهر المصلى، فكذلك إذا كان حاضراً ففرق بينهما بذلك.
العزيز شرح الوجيز ج ٢ ص ٤٣١-٤٣٢
Tatan
Ini rujukan soal ssyarat mayit di depan org yg menyolatkan
Mnrt pendapat yang lebih sohih( أصح )tdk sah apabila janazah di belakang imam. Bahkan di dlm kitab فتح الوهاب Itu d jelaskan slah satu syarat menyolatkan mayit itu ,harus posisi si mayit di depan org yg menyolatkan walau menyolatkan mayit di depan quburan . begitu pun keterangan tdk sahny menyolatkan mayit posisi si mayit di belakang itu ,kita bisa Lihat dari rujukan kitab2 asyafiiyah .فتح الوهاب , مغنى المغتاج جزء اول , الوجيز , الحاوى الضغير . Dan pendapat yg mengesahkan itu hany pendapat yg shohih ( صحيح ) Bukan yg( أصح ) jadi menurut aturan hukum fiqh madzab asyafii ? yg di ambil pendapat dri kedua derajat hukum itu ,ialah derajat yang lebih sohih ( أصح ) Bukan yg shohih ( صحيح ) والله اعلم
Ismidar Abdurrahman As-Sanusi
Kang Ustadz Tatan Baiklah mungkin saya tidak meneliti secara mendalam ibaroh-ibaroh yang ada. Sebab saya belum menjumpai Ibarot yang lebih mengena. Tapi setelah saya cek, memang dari kalangan Syafi'iyah ada dua pendapat tentang posisi jenazah berada dibelakang musholi, pendapat yang paling Shahih Tidak mengabsahkan, inilah yang ditetapkan dalam Madzhab Syafi'i, sebab disamakan dengan posisi imam harus didepan, ini juga pendapat Madzhab Hanafi dan Hambali, kecuali Madzhab Maliki yang mengatakan posisi jenazah didepan musholli hanya sunah.
Sehingga dari keterangan tersebut kita dapat meraih Kesimpulan bahwa ketika menshalatkan jenazah dimana posisi jenazah berada dibelakang musholi tidak diperbolehkan dan tidak sah berdasarkan pendapat yang paling Shahih dan diakui dalam Madzhab Syafi'i dan juga merupakan pendapat Madzhab Hanafi dan Hambali, sebagian pendapat dari kalangan Syafi'iyah sebagaimana diceritakan Rofi'i memperbolehkan, itu pula pendapat Kalangan Malikiyyah.
ومنها أن يكون الميت مقدّماً أمام القوم، فلا تصح الصلاة عليه إذا كان موضوعاً خلفهم، باتفاق، وخالف المالكية، فانظر مذهبهم تحت الخط (4)
__________
(4)المالكية قالوا: الواجب حضور الميت، وأما وضعه أمام المصلي بحيث يكون عند منكبي لمرأة ووسط الرجل فمندوب
“Sebagian Syarat shalat jenazah menjadikan posisi jenazah didahulukan didepan suatu kaum yang menshalatkannya, karenanya jika jenazah berada dibelakang mereka tidak sah dengan kesepakatan Ulama Fiqih kecuali kalangan Malikiyyah, mereka berkata: Yang wajib adalah hadirnya jenazah, sedangkan meletakkan jenazah didepan musholli hukumnya sunah”.
[Al Fiqh Ala Madzaahib Al Arba'ah I/474]
ويشترط على المذهب عند الشافعية ألا يتقدم المصلي على الجنازة الحاضرة، ولا على القبر إذا صلي عليه، اتباعاً لفعل السلف، ولأن الميت كالإمام
“Pendapat yang dijadikan Madzhab dari kalangan Syafi'iyah mensyaratkan agar tidak mendahulukan musholi atas jenazah yang hadir dan tidak pula ketika menshalatkan dikuburnya karena mengikuti perbuatan Ulama Salaf, sebab jenazah seperti imam”.
[Al Fiqh Al Islami Wa Adillatuh II/1527]
فَرْعٌ)
لَوْ تَقَدَّمَ الْمُصَلِّي عَلَى الْجِنَازَةِ عَلَيْهَا وَهِيَ حَاضِرَةٌ أَوْ صَلَّى عَلَى الْقَبْرِ وَتَقَدَّمَ عَلَيْهِ فَفِيهِ وجهان مَشْهُورَانِ (أَصَحُّهُمَا) بُطْلَانُ صَلَاتِهِ وَنَقَلَ الرَّافِعِيُّ الِاتِّفَاقَ عَلَى تَصْحِيحِهِ وَقَالَ الْمُتَوَلِّي وَجَمَاعَةٌ إنْ جَوَّزْنَا تَقَدُّمَ الْمَأْمُومِ عَلَى الْإِمَامِ جَازَ هَذَا وَإِلَّا فَلَا عَلَى الصَّحِيحِ
“Cabang Bahasan: Apabila mendahulukan musholi atas jenazah yang hadir atau shalat dikuburnya dan mendahulukan atasnya maka terdapat dua pendapat yang Masyhur, yang paling Shahih batal shalatnya dan Rofi'i menuqil kesepakatan dalam hal tersebut berdasarkan yang ditashih. Al Mutawalli dan segolongan Ulama mengatakan, 'Apabila kita membolehkan makmum mendahului imam pada posisi berdiri maka diperbolehkan dan jika tidak maka tidak diperbolehkan berdasarkan pendapat yang shahih.
[Al Majmuu' Syarh al Muhadzdzab V/227-228]
وأن لا يتقدم) المصلى (عليه) - أي الميت -، إن كان حاضرا، ولو في قبر، أما الميت الغائب فلا يضر فيه كونه وراء المصلي.
“Dan disyaratkan pula tidak mendahulukan musholi atas jenazah jika jenazah hadir ditempat walaupun shalat dikuburnya, sedangkan mayit Ghoib maka tidak membahayakan keberadaannya dibelakang musholi.
[Fath al Mu'in Halaman 224]
قوله: وأن لا يتقدم الخ) معطوف على تقدم طهره، أي وشرط عدم تقدم المصلي على الميت اتباعا لما جرى عليه الأولون، ولأن الميت كالإمام.
وهذا هو المذهب.
ومقابله يقول: يجوز تقدم المصلي على الميت، لأن الميت ليس بإمام متبوع حتى يتعين تقديمه، بل هو كعبد جاء معه جماعة ليستغفروا له عند مولاه.
(قوله: وإن كان حاضرا) أي عند المصلي، لا في البلد، لما سيذكره من أنها لا تصح على ميت في البلد غائب عن مجلس المصلي.
(قوله: ولو في قبر) أي ولو كان الميت الحاضر كائنا في قبر، فيشترط عدم تقدم المصلي عليه.
وعبارة المنهاج مع المغني: ويشترط أن لا يتقدم على الجنازة الحاضرة إذا صلي عليها، وأن لا يتقدم على القبر إذا صلي عليه على المذهب فيهما.
اه.
(قوله: أما الميت الغائب) أي عن البلد.
(قوله: فلا يضر فيه) أي الغائب عن البلد.
(وقوله: كونه وراء المصلي) أي خلف ظهره.
[I'aanah at Tholibin II/149]
Walllahu A'lamu Bis Showaab
KESIMPULAN:
Menshalatkan jenazah sementara jenazah berada di belakang orang yang menshalati tidak sah.
Walllahu A'lam
Link Diskusi: