0771. HUKUM BERZIKIR TANPA WUDHU

Oleh : Ismidar Abdurrahman As-Sanusi

HUKUM BERDZIKIR TANPA WUDHU
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Saya sedikit mengulas permasalahan hukum berdzikir tanpa Wudhu disebabkan banyak teman-teman Facebook menanyakan hal tersebut bahkan di dunia nyata pun banyak ditanyakan persoalan tersebut.
Kalau kita telusuri di kitab-kitab klasik kita dapati disana sudah ternuqil Ijma' kebolehan berdzikir dalam kondisi tanpa Wudhu seperti diungkapkan Imam Nawawi dalam kitabnya Al Adzkar dan Ibn Alaan dalam kitab Al Futuhaatur Rabaniyyah dan selain keduanya, hujjah bolehnya berdzikir tanpa Wudhu seperti disebutkan dalam hadits berikut:
عَنْ عَائِشَةَ، قَالَتْ: «كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَذْكُرُ اللهَ عَلَى كُلِّ أَحْيَانِهِ»
Artinya: Dari Aisyah ia Berkata: "Adalah Nabi Shalallahu Alaihi Wasallam berdzikir kepada Allah dalam setiap keadaan"(HR.Muslim). Hadits ini secara umum menunjukkan Nabi Shalallahu Alaihi Wasallam berdzikir dalam kondisi berhadats, junub, duduk, sambil berjalan dan sebagainya, inilah yang diungkapkan Imam Nawawi dalam kitabnya Al Minhaaj Syarh Shahih Muslim. Namun demikian, meskipun Ulama telah sepakat kebolehan berdzikir dalam keadaan tanpa Wudhu namun mereka menganjurkan berdzikir dalam keadaan suci yakni tanpa berhadats, inilah yang diungkapkan Imam Syaukani dalam kitabnya Nailul Authar, bahkan beliau menetapkan kemakruhan berdzikir tanpa Wudhu beliau berhujjah dengan hadits berikut:
عَنْ الْمُهَاجِرِ بْنِ قُنْفُذٍ «أَنَّهُ سَلَّمَ عَلَى النَّبِيِّ - صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ - وَهُوَ يَتَوَضَّأُ فَلَمْ يَرُدَّ عَلَيْهِ حَتَّى فَرَغَ مِنْ وُضُوئِهِ فَرَدَّ عَلَيْهِ، وَقَالَ: إنَّهُ لَمْ يَمْنَعْنِي أَنْ أَرُدَّ عَلَيْك إلَّا أَنِّي كَرِهْت أَنْ أَذْكُرَ اللَّهَ إلَّا عَلَى طَهَارَةٍ» رَوَاهُ أَحْمَدُ وَابْنُ مَاجَهْ بِنَحْوِهِ

Artinya: Dari Muhaajir bin Qunfudz bahwasanya ia mengungkapkan salam kepada Nabi Shalallahu Alaihi Wasallam sedangkan saat itu Nabi tengah berwudhu dan beliau tidak menjawabnya sampai beliau selesai wudhu' baru kemudian beliau menjawabnya, beliau bersabda: "Sesungguhnya tidak ada yang mencegahku untuk menjawab salam mu melainkan aku sungguh membenci berdzikir kepada Allah kecuali dalam keadaan suci". (HR. Ahmad, Ibn Majah, Abu Dawud dan Nasai)
Oleh karena itu, berdzikir tanpa Wudhu boleh bahkan Ulama sepakat akan kebolehannya, hanya saja yang lebih utama ialah berdzikir dalam keadaan suci yakni tidak dalam kondisi berhadats baik hadats kecil maupun hadats besar, inilah adab yang bagus sebab berdzikir itu mengingat Allah tentunya sangat bagus dalam keadaan suci, namun sebagian pendapat memakruhkan berdzikir tanpa Wudhu Berdasarkan hadits tersebut diatas, sedangkan Hadits pertama yang diriwayatkan Imam Muslim menerangkan secara umum, dan Imam Syaukani menghukumi makruh dengan Makruh tanzih sebagai jalan mengkompromikan antara dua dalil diatas.
Dasar Pengambilan Hukum:

فصل:

أجمع العلماءُ على جواز الذكر بالقلب واللسان للمُحْدِث الجُنب والحائض والنفساء، وذلك في التسبيح والتهليل والتحميد والتكبير والصلاة على رسول الله صلى الله عليه وسلم والدعاء وغير ذلك.
ولكنَّ قراءة القرآن حرامٌ على الجُنب والحائض والنفساء
“PASAL
Para Ulama sepakat diperbolehkan berdzikir dengan hati dan lisan bagi orang hadats, junub, haid dan nifas, demikian pula tasbih, tahlil, tahmid, takbir, sholawat kepada Rasulullah Shalallahu Alaihi Wasallam, doa dan selainnya. Namun, membaca Al Qur'an haram bagi orang junub, haid dan nifas”
[Al Adzkar an Nawawi Halaman 11]

وَقَدْ أَجْمَعُوا عَلَى جَوَازِ الذِّكْرِ بِالْقَلْبِ وَاللِّسَانِ لِلْمُحْدِثِ وَالْجُنُبِ وَالْحَائِضِ وَالنُّفَسَاءِ
“Para Ulama telah sepakat kebolehan berdzikir dengan hati dan lisan dalam kondisi berhadats, junub, haid dan nifas”
[Al Futuhaatur Rabaniyyah I/127, dan Al Mausu'ah Al Fiqhiyyah Al Kuwaitiyyah XXI/243]

هَذَا الْحَدِيثُ أَصْلٌ فِي جَوَازِ ذِكْرِ اللَّهِ تَعَالَى بِالتَّسْبِيحِ وَالتَّهْلِيلِ وَالتَّكْبِيرِ وَالتَّحْمِيدِ وَشَبَهِهَا مِنَ الْأَذْكَارِ وَهَذَا جَائِزٌ بِإِجْمَاعِ الْمُسْلِمِينَ -الى أن قال- وَيَكُونُ مُعْظَمُ الْمَقْصُودِ أَنَّهُ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَذْكُرُ اللَّهَ تَعَالَى مُتَطَهِّرًا وَمُحْدِثًا وَجُنُبًا وَقَائِمًا وَقَاعِدًا وَمُضْطَجِعًا وَمَاشِيًا وَاللَّهُ أَعْلَمُ
“Hadits ini pada dasarnya membolehkan berdzikir kepada Allah ta'ala yang berupa tasbih, tahlil, takbir tahmid dan sebagainya dari dzikir-dzikir (dalam setiap kondisi).
Maksud hadits tersebut Bahwa Nabi Shalallahu Alaihi Wasallam berdzikir dalam keadaan bersuci, hadats,, junub, berdiri, duduk, berbaring dan berjalan”
[Al Minhaaj Syarh Shahih Muslim IV/68]

قَوْلُهُ (يَذْكُرُ اللَّهَ عَلَى كُلِّ أَحْيَانِهِ) أَيْ فِي كُلِّ أَوْقَاتِهِ مُتَطَهِّرًا وَمُحْدِثًا وَجُنُبًا وَقَائِمًا وَقَاعِدًا وَمُضْطَجِعًا وَمَاشِيًا
“Ucapan mengarang (Imam Tirmidzi: Berdzikir kepada Allah setiap kondisi) artinya pada setiap waktu baik suci, hadats, junub, berdiri, duduk, berbaring dan berjalan”
[Tuhfah Al Ahwadzi IX/230]

بَابُ اسْتِحْبَابِ الطَّهَارَةِ لِذِكْرِ اللَّهِ عَزَّ وَجَلَّ وَالرُّخْصَةِ فِي تَرْكِهِ]
الْحَدِيثُ أَخْرَجَهُ أَيْضًا أَبُو دَاوُد وَالنَّسَائِيُّ، وَهُوَ يَدُلُّ عَلَى كَرَاهَةِ الذِّكْرِ لِلْمُحْدِثِ حَدَثًا أَصْغَرَ، وَلَفْظُ أَبِي دَاوُد وَهُوَ يَبُولُ، وَيُعَارِضُهُ مَا سَيَأْتِي مِنْ حَدِيثِ عَلِيٍّ وَعَائِشَةَ، فَإِنَّ فِي حَدِيثِ عَلِيٍّ لَا يَحْجِزُهُ مِنْ الْقُرْآنِ شَيْءٌ لَيْسَ الْجَنَابَةَ، فَإِذَا كَانَ الْحَدَثُ الْأَصْغَرُ لَا يَمْنَعُهُ عَنْ قِرَاءَةِ الْقُرْآنِ وَهُوَ أَفْضَلُ الذِّكْرِ كَانَ جَوَازُ مَا عَدَاهُ مِنْ الْأَذْكَارِ بِطَرِيقِ الْأَوْلَى، وَكَذَلِكَ حَدِيثُ عَائِشَةَ، فَإِنَّ قَوْلَهَا (كَانَ النَّبِيُّ - صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ - يَذْكُرُ اللَّهَ عَلَى كُلِّ أَحْيَانِهِ) مُشْعِرٌ بِوُقُوعِ الذِّكْرِ مِنْهُ حَالَ الْحَدَثِ الْأَصْغَرِ؛ لِأَنَّهُ مِنْ جُمْلَةِ الْأَحْيَانِ الْمَذْكُورَةِ، فَيُمْكِنُ الْجَمْعُ بِأَنَّ هَذَا الْحَدِيثَ خَاصٌّ فَيُخَصُّ بِهِ ذَلِكَ الْعُمُومُ، وَيُمْكِنُ حَمْلُ الْكَرَاهَةِ عَلَى كَرَاهَةِ التَّنْزِيهِ، وَمِثْلُهُ الْحَدِيثُ الَّذِي بَعْدَهُ، وَيُمْكِنُ أَنْ يُقَالَ: إنَّ النَّبِيَّ - صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ - إنَّمَا تَرَكَ الْجَوَابَ؛ لِأَنَّهُ لَمْ يَخْشَ فَوْتَ مَنْ سَلَّمَ عَلَيْهِ فَيَكُونُ دَلِيلًا عَلَى جَوَازِ التَّرَاخِي مَعَ عَدَمِ خَشْيَةِ الْفَوْتِ لِمَنْ كَانَ مُشْتَغِلًا بِالْوُضُوءِ، وَلَكِنَّ التَّعْلِيلَ بِكَرَاهَتِهِ لِذِكْرِ اللَّهِ فِي تِلْكَ الْحَالِ يَدُلُّ عَلَى أَنَّ الْحَدَثَ سَبَبُ الْكَرَاهَةِ مِنْ غَيْرِ نَظَرٍ إلَى غَيْرِهِ.
[Nailul Authar I/266]

لم يمنعني أن أرد عليك السلام إلا أني لم أكن على طهر) أي: وكرهت ذكر الله على تلك الحالة. وفيه دليل على منع ذكر الله للمحدث حدثاً أصغر، لأن السلام من أسماء الله تعالى. والحديث الآتي صريح في كراهة الذكر للمحدث، ويعارضه ما تقدم من حديث عائشة: "أنه - صلى الله عليه وسلم - كان يذكر الله على كل أحيانه"، فإنه مشعر بوقوع الذكر حال الحدث الأصغر، لأنه من جملة الأحيان المذكورة. وكذلك حديث علي لا يحجزه من القرآن شيء ليس الجنابة، فإذا كان الحدث الأصغر لا يمنعه عن قراءة القرآن وهو أفضل الذكر كان جواز ما عداه من الأذكار بطريق الأولى. والتوفيق بينهما، أنه - صلى الله عليه وسلم - أخذ في ذلك بالرخصة تيسيراً على الأمة، وفي هذا العزيمة، أي: تعليماً لهم بالأفضل، فالمراد بالمنع والكراهة أدنى الكراهة، فيدل على استحباب ذكر الله تعالى بالوضوء أو التيمم ولا خلاف في ذلك.
[Mir'ah Al Mafaatih Syarh al Misykah al Mashoobih II/161]

Walllahu A'lamu Bis Showaab

Komentari

Lebih baru Lebih lama