0920. HUKUM WANITA HAID MENYENTUH KITAB TAFSIR




Pertanyaan:



Jawaban:
Menyentuh atau membawa kitab tafsir bagi wanita haid atau umumnya orang yang berhadats besar sama halnya hukum membawa tafsir bagi orang yang tanpa ada wudhu, yakni, boleh beserta hukum makruh kalau lafadz Al Qur'an lebih banyak dari lafadz tafsirnya, bila lebih banyak tafsirnya atau sama rata haram bagi orang hadats menyentuh dan membawa kitab tafsir.

مسألة ى ) يكره حمل التفسير ومسه إن زاد على القرآن وإلا حرم. وتحرم قراءة القرآن على نحو جنب بقصد القراءة ولو مع غيرها لا مع الإطلاق على الراجح ولا بقصد غير القراءة كرد غلط وتعليم وتبرك ودعاء .
“Makruh membawa dan memegang Tafsir yang jumlahnya melebihi tulisan qurannya bila tidak maka haram. Dan haram membacanya bagi semisal orang junub bila bertujuan untuk membacanya meskipun alQurannya bersama tulisan lain tapi tidak haram baginya bila memutlakkan tujuannya menurut pendapat yang kuat dan juga tidak haram tanpa adanya tujuan membacanya seperti saat membenarkan bacaan yang salah, mengajar, mencari keberkahan dan berdoa”
[Bughyah al Mustarsyidiin Halaman 26]

وَ) فِي (تَفْسِيرٍ) ؛ لِأَنَّهُ الْمَقْصُودُ دُونَ الْقُرْآنِ، وَمَحَلُّهُ إذَا كَانَ أَكْثَرَ مِنْ الْقُرْآنِ، فَإِنْ كَانَ الْقُرْآنُ أَكْثَرَ أَوْ تَسَاوَيَا حَرُمَ، وَحَيْثُ لَمْ يَحْرُمْ يُكْرَهُ -الى أن قال- أَنَّ الْعِبْرَةَ بِالْقِلَّةِ وَالْكَثْرَةِ بِاعْتِبَارِ الْحُرُوفِ لَا الْكَلِمَاتِ 
“(Tidak haram menyentuh dan membawa) tafsir karena tidak maksud Al Qur'an, letak kebolehannya apabila tafsirnya lebih banyak dari alqurannya, bila alqurannya lebih banyak atau sama diharamkan (bila tafsirnya lebih banyak) tidak diharamkan melainkan dimakruhkan. . . Pertimbangan sedikit dan banyaknya atas pertimbangan huruf bukan kalimat”
[Nihaayah al Muhtaaj I/126]

الثَّانِيَةُ) كِتَابُ تَفْسِيرِ الْقُرْآنِ إنْ كَانَ الْقُرْآنُ فِيهِ أَكْثَرَ كَبَعْضِ كُتُبِ غَرِيبِ الْقُرْآنِ حُرِّمَ مَسُّهُ وَحَمْلُهُ وَجْهًا وَاحِدًا كَذَا ذَكَرَهُ الْمَاوَرْدِيُّ وَغَيْرُهُ وَنَقَلَهُ الرُّويَانِيُّ عَنْ الْأَصْحَابِ وَإِنْ كَانَ التَّفْسِيرُ أَكْثَرَ كَمَا هُوَ الْغَالِبُ فَفِيهِ أَوْجُهٌ أَصَحُّهَا لَا يَحْرُمُ لِأَنَّهُ لَيْسَ بِمُصْحَفٍ وَبِهَذَا قَطَعَ الدَّارِمِيُّ وَغَيْرُهُ وَالثَّانِي يَحْرُمُ لِتَضْمِينِهِ قُرْآنًا كَثِيرًا وَالثَّالِثُ إنْ كَانَ الْقُرْآنُ مُتَمَيِّزًا عَنْ التَّفْسِيرِ بِخَطٍّ غَلِيظٍ حُمْرَةً أَوْ صُفْرَةً وَنَحْوَ ذَلِكَ حَرُمَ وَإِلَّا فَلَا وَبِهِ قَطَعَ الْقَاضِي حُسَيْنٌ وَصَاحِبَاهُ الْمُتَوَلِّي وَالْبَغَوِيُّ وَضَعَّفَهُ غَيْرُهُمْ قَالَ الْمُتَوَلِّي وَإِذَا لَمْ يَحْرُمْ كُرِهَ
“Kedua: Kitab Tafsir Al Qur'an bila alqurannya lebih banyak seperti sebagian Ghorib Al Qur'an haram menyentuh dan membawanya berdasarkan satu pendapat, demikian pula dituturkan Al Mawardi dan dinuqil Ruyaaani dari pengikut Syafi'i. Bila tafsirnya lebih banyak ada beberapa pendapat, yang paling Shahih Tidak haram karena bukan Mushaf, ini juga ditetapkan Darimi dan selainnya, pendapat kedua menghukumi haram karena meliputi Al-Qur'an yang lebih banyak, pendapat ketiga: Bila Al-Qur'an dapat dibedakan dari tafsir dengan garis tebal berwarna merah, kuning dan semisalnya haram, jika tidak tidak haram, ini juga yang ditetapkan Al Qodhy Husain dan koribnya Al Mutawalli dan Baghawi selainnya mendhoifkannya, berkata Al Mutawalli: Bila tidak dihukumi haram Dimakruhkan”
[Al Majmuu' Syarh al Muhadzdzab II/69]

قوله: ولا مع تفسير) أي ولا يحرم حمل المصحف مع تفسيره ولا مسه.

قال البجيرمي نقلا عن الشوبري: هل وإن قصد القرآن وحده؟ ظاهر إطلاقهم نعم.

اه.

وقوله: زاد أي على المصحف، يقينا.

أما إذا كان التفسير أقل، أو مساويا أو مشكوكا في قلته وكثرته، فلا يحل.
[I'aanah at Tholibin I/82]

[Ismidar Abdurrahman As-Sanusi]


Komentari

Lebih baru Lebih lama