1013. HUKUM MANDI WAJIB LEWAT KRAN AIR?




Pertanyaan:
Assalamualaikum.. Saya meneruskan beberapa pertanyaan members group ini yang belum ada jawaban yang menggunakan referensi yang bisa dijadikan acuan dalam beramal. Pertanyaannya : Apa boleh mandi wajib semisal junub dan haid lewat keran air atau langsung bawah keran air yang airnya memancar. Kalau boleh apa dasarnya? Sebab hal ini sudah umum orang sering melakukan bahkan tidak hanya mandi wudhu pun demikian. Terimakasih
[Dari : Abdullah Salam]

Jawaban:
Walaikumussalam

Mandi lewat kran air atau dibawah kran air diperbolehkan dengan syarat:
• Airnya suci mensucikan
• Airnya merata seluruh tubuh
• Airnya sampai ke tubuh dengan bersamaan dengan selesainya niat.

Itulah syarat mandi; sedangkan kran air diibaratkan hanya wadah air, kalau sesuai syarat dalam bersuci khususnya mandi maka sah mandi wajib Lewat kran air atau dibawah kran air. Terutama sekali yang patut diperhatikan syarat yang terakhir, ini sering betul disepelekan saat mandi semacam lewat kran air. Sebab syarat niat mandi itu harus bersamaan sampainya air pada anggota thoharoh kalau tidak bersamaan maka tidak sah, tapi tetap sah tidak bersamaan awal anggota thoharoh asal ada yang terhitung bersamaan.

شرح الياقوت النفيس ج ١ ص ١٢٤ دار الحاوي
فروض الغسل
فروض الغسل اثنان: النية، وتعميم البدن بالماء. وقد سبق الكلام عليهما. فيجب إيصال الماء إلى جميع الشعر والبشر. والغسل في العصر الحاضر، إما من الصنبور أو تحت الصنبور
“FARDHU MANDI
Fardhu mandi ada dua yaitu niat dan meratakan air ke badan, sudah terdahulu sebutannya. Karenanya wajib meratakan air ke semua rambut/bulu dan kulit. Mandi pada zaman sekarang sama ada dari kran air atau bawah kran”
[Syarh al Yaquut an Nafiis I/124]

كاشفة السجا على سفينة النجا الصحفة ١٠٥ دار ابن حزم
ولا بد أن تكون النية مقارنة بأول مغسول، سواء كان من أسفل البدن أو أعلاه أو وسطه، لأن بدن الجنب كله كالعضو واحد، فلو قبل غسل جزء منه وجبت إعادته لعدم ٱلإعتداد به قبل النية، فوجوب قرنها بأول وإنما هو للاعتداد به لا لصحة النية، لأنها صحة ولو ولم يقرنها بأوله.
[Kaasyifah as Sajaa Halaman 105, Daar Ibn Hazm]

Wallahu A'lamu Bis Showaab

(Dijawab oleh : Ismidar Abdurrahman As-Sanusi]

Link Diskusi:

Komentari

Lebih baru Lebih lama