1104. TOBAT SEBENARNYA TOBAT VS SHALAT SUNAH TOBAT





Pertanyaan:
>> Zul Zulhi

Bagaimana cara kita taubat sebenar benarnya taubat. Dan bukan hanya taubat sambal🌶 hilang pedas di perbuat lgi???

Mohon di jwb ustdz

Jawaban:
>> Ismidar Abdurrahman As-Sanusi
TOBAT YANG SEBENARNYA TOBAT


التَّوْبَةُ النَّصُوحُ:
٩ - أَمَرَ اللَّهُ سُبْحَانَهُ وَتَعَالَى الْمُؤْمِنِينَ بِالتَّوْبَةِ النَّصُوحِ لِيُكَفِّرَ عَنْهُمْ سَيِّئَاتِهِمْ فَقَال: {يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا تُوبُوا إِلَى اللَّهِ تَوْبَةً نَصُوحًا عَسَى رَبُّكُمْ أَنْ يُكَفِّرَ عَنْكُمْ سَيِّئَاتِكُمْ وَيُدْخِلَكُمْ جَنَّاتٍ تَجْرِي مِنْ تَحْتِهَا الأَْنْهَارُ} (١) .
وَاخْتَلَفَتْ عِبَارَاتُ الْعُلَمَاءِ فِيهَا، وَأَشْهَرُهَا مَا رُوِيَ عَنْ عُمَرَ وَابْنِ مَسْعُودٍ وَأُبَيِّ بْنِ كَعْبٍ وَمُعَاذِ بْنِ جَبَلٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمْ، وَرُوِيَ مَرْفُوعًا أَنَّ التَّوْبَةَ النَّصُوحَ هِيَ الَّتِي لاَ عَوْدَةَ بَعْدَهَا كَمَا لاَ يَعُودُ اللَّبَنُ إِلَى الضَّرْعِ (٢) . وَقِيل: هِيَ النَّدَمُ بِالْقَلْبِ، وَالاِسْتِغْفَارُ بِاللِّسَانِ، وَالإِْقْلاَعُ عَنِ الذَّنْبِ، وَالاِطْمِئْنَانُ عَلَى أَنَّهُ لاَ يَعُودُ (٣) .
_______________
(١) سورة التحريم / ٨.
(٢) حديث: " إن التوبة النصوح هي التي لا عودة بعدها كما لا يعود اللبن إلى الضرع ". قال السيوطي: أخرج ابن مردويه عن ابن عباس قال: قال معاذ بن جبل: يا رسول الله صلى الله عليه وسلم ما التوبة النصوح؟ قال: أن يندم العبد على الذنب الذي أصاب فيعتذر إلى الله ثم
(٣) تفسير الألوسي ٢٨ / ١٥٧، والقرطبي ١٨ / ١٩٧، والآداب الشرعية ١ / ١٠١، ١٠٥، ومدارج السالكين ١ / ٣٠٩، ٣١٠، والمغني ٩ / ٢٠١.
TOBAT NASHUHA
Allah Subhanahuwa Ta'ala memerintahkan kepada orang mukmin agar tobat nashuha untuk menghapus kesalahan-kesalahan hambanya, FirmanNya : "Wahai Orang-orang yang beriman tobatlah kamu kepada Allah dengan tobat nashuha (sebenarnya) Mudah-mudahan tuhanMu menghapus kesalahan-kesalahanMu dan memasukkan kamu ke dalam syurga yang mengalir dibawahnya sungai-sungai".(QS. At-tahrim: Ayat 8)
Para Ulama berselisih pendapat mengenai yang dimaksud tobat nashuha dan pendapat yang masyhur sebagaimana diriwayatkan dari Umar, Ibn Mas'ud, Ubay bin Ka'ab dan Mu'adz bin Jabal bahwa tobat nashuja adalag tidak mengulang dosa yang dilakukan sesudah tobat itu sebagaimana tidak kembalinya telur ke induknya. Menurut satu pendapat yang dimaksud tobat nashuha ialah penyesalan dihati, Istighfar dengan lisan berhenti melakukan dosa dan berteguh hati tidak lagi melakukannya.
[Al Mausu'ah al Fiqhiyyah al Kuwaitiyyah XIV/124-125]


والتوبة المستوفية كامل شرائطها هي التوبة النصوح المشار إليها في قوله تعالى: {يا أيها الذين آمنوا توبوا إلى الله توبة نصوحاً} [التحريم:٨/ ٦٦]. {وإني لغفار لمن تاب وآمن وعمل صالحاً ثم اهتدى} [طه:٨٢/ ٢٠].
واختلاف العلماء في تحديد هذه التوبة النصوح على ثلاثة وعشرين قولاً مجرد اختلاف ظاهري في العبارة، من هذه الأقوال ما قال القرطبي: التوبة النصوح يجمعها أربعة أشياء: الاستغفار باللسان، والإقلاع بالأبدان، وإضمار ترك العود بالجنان ومهاجرة سيء الخلاّن (٢).
_______________
(١) تفسير الألوسي: ٣٦/ ٢٥.
(٢) انظر تفسير القرطبي: ١٩٨/ ١٨.
Tobat yang sempurna syaratnya ialah tobat nashuha seperti yang dilansir dalam firman Allah : "Wahai Orang-orang yang beriman tobatlah kamu dengan tobat nashuha"(QS. At-tahrim : 66/8) "Dan sungguh Aku maha pengampun bagi yang bertobat dan berbuat kebajikan kemudian tetap dalam petunjuk"(QS. Tha-Ha : 20/82)
Para Ulama berselisih pendapat mengenai tobat nashuha ini sampai ada dua puluh tiga pendapat, pendapat-pendapat ini disebutkan Al Qurthuby : Tobat nashuha itu terkumpulnya empat perkara yaitu : Istighfar dengan lisan, berbuat dengan anggota badan, meninggalkannya dan hijrah yang lebih baik.
[Al Fiqh al Islami Wa Adillatuhu VII/5542]
Wallahu A'lamu Bis Showaab

>> Nurull Nurull
maaf kak mau nanya kalo solat tobat dilakukan nya kapan ya?

>> Ismidar Abdurrahman As-Sanusi
SHALAT TAUBAT
Shalat Taubat hukumnya sunah yang dianjurkan berdasarkan hadits:
مَا مِنْ رَجُلٍ يُذْنِبُ ذَنْبًا، ثُمَّ يَقُومُ فَيَتَطَهَّرُ، ثُمَّ يُصَلِّي، ثُمَّ يَسْتَغْفِرُ اللَّهَ، إِلاَّ غَفَرَ اللَّهُ لَهُ، ثُمَّ قَرَأَ هَذِهِ الآيَةَ: {وَالَّذِينَ إِذَا فَعَلُوا فَاحِشَةً أَوْ ظَلَمُوا أَنْفُسَهُمْ ذَكَرُوا اللَّهَ فَاسْتَغْفَرُوا لِذُنُوبِهِمْ}.
Artinya: "Tidaklah seorang lelaki melakukan suatu dosa kemudian berdiri menyucikan diri kemudian shalat, lalu minta ampun kepada Allah melainkan Allah akan mengampuninya, kemudian dia membaca ayat ini:
وَالَّذِينَ إِذَا فَعَلُوا فٰحِشَةً أَوْ ظَلَمُوٓا أَنْفُسَهُمْ ذَكَرُوا اللَّهَ فَاسْتَغْفَرُوا لِذُنُوبِهِمْ وَمَنْ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلَّا اللَّهُ وَلَمْ يُصِرُّوا عَلٰى مَا فَعَلُوا وَهُمْ يَعْلَمُونَ
"Dan (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menzalimi diri sendiri, (segera) mengingat Allah, lalu memohon ampunan atas dosa-dosanya"(HR. Tirmidzi dan beliau berkata: Hadits Hasan)
Kesunahan shalat taubat disepakati Ulama Madzhab empat.
WAKTU PELAKSANAAN
Adapun waktu melakukan shalat sunah Taubat menurut nas hadits diatas sebelum bertaubat yaitu sebelum minta ampun kepada Allah sebab makna tobat itu adalah permohonan ampun dari setiap dosa, dengan ini waktu pelaksanaan Shalat taubat setelah melakukan dosa baik dosa besar maupun dosa kecil, namun bila dilakukan setelah taubat juga boleh.
BACAAN AYAT
Shalat sunah Taubat dilakukan dua rakaat dengan lafadz niat:
أُصَلُّي سُنَّةَ التّوْبَةُ ركعتين لله تعالى
"Aku (niat) shalat sunah Taubat dua rakaat karena Allah Ta'ala".
Adapun bacaan ayatnya dibaca pada raka'at pertama Surat Al Kafirun dan pada raka'at kedua dibaca surat Al Ikhlas, atau pada raka'at pertama membaca surat An Nissa' ayat 110 dan pada raka'at kedua membaca surat yang tersebut dalam hadits diatas yaitu surat Ali Imran ayat 135, membaca surat lain pun boleh.
Referensi:
📚 1. Al Mausu'ah Al Fiqhiyyah Al Kuwaitiyyah, Majmu'ah Lil Muallifiin, Shalat Taubat, Juz 27 Halaman 164, Al Maktabah Al Islamiyyah (Apk), Cetakan Asli: Wazaarah Al Auqof wa as Syu-un Al Islamiyyah Kuwait
صَلاَةُ التَّوْبَةِ مُسْتَحَبَّةٌ بِاتِّفَاقِ الْمَذَاهِبِ الأَْرْبَعَةِ (2) .

وَذَلِكَ لِمَا رَوَاهُ أَبُو بَكْرٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَال: سَمِعْتُ رَسُول اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُول: مَا مِنْ رَجُلٍ يُذْنِبُ ذَنْبًا ثُمَّ يَقُومُ فَيَتَطَهَّرُ ثُمَّ يُصَلِّي ثُمَّ يَسْتَغْفِرُ اللَّهَ إِلاَّ غَفَرَ اللَّهُ لَهُ (3) . . ثُمَّ قَرَأَ هَذِهِ الآْيَةَ: {وَاَلَّذِينَ إِذَا فَعَلُوا فَاحِشَةً أَوْ ظَلَمُوا أَنْفُسَهُمْ ذَكَرُوا اللَّهَ فَاسْتَغْفَرُوا لِذُنُوبِهِمْ} إِلَخْ. . (4) .
____________
(2) حاشية ابن عابدين 1 / 462، والدسوقي 1 / 314، وأسنى المطالب 1 / 205، وكشاف القناع 1 / 443.
(3) حديث: " ما من رجل يذنب ذنبا ". أخرجه الترمذي (2 / 258 - ط. الحلبي) وقال: حديث حسن. وكذا جود إسناده ابن حجر في التهذيب (1 / 268 - ط حيدر أباد) .
(4) سورة آل عمران آية 135

📚 2. Al Fiqh Al Islami Wa Adillatuh, Wahbah Zuhaili, Bab Shalat Pasal shalat sunah, Juz 2 Halaman 1079, Al Maktabah Al Islamiyyah (Apk), Cetakan Asli: Darul Fikr Suriyah Damaskus
ومنها: صلاة التوبة: لخبر أبي داود وغيره وحسنه الترمذي: «ليس عبد يذنب ذنباً، فيقوم فيتوضأ، ويصلي ركعتين ثم يستغفر الله، إلا غفر له».

📚 3. Asnaa Al Mathoolib Fii Syarh Roudh at Thoolib, Zakariya Al Anshari, Kitab Shalat bab Shalat sunah, Juz 1 Halaman 205, Al Maktabah Al Islamiyyah (Apk), Cetakan Asli: Darul Kitaab Al Islami
وَتُسَنُّ رَكْعَتَانِ لِلْإِحْرَامِ)... -إلى أن قال- وَ) رَكْعَتَانِ عِنْدَ (التَّوْبَةِ) لِخَبَرِ «لَيْسَ عَبْدٌ يُذْنِبُ ذَنْبًا فَيَقُومُ فَيَتَوَضَّأَ وَيُصَلِّي رَكْعَتَيْنِ، ثُمَّ يَسْتَغْفِرُ اللَّهَ إلَّا غَفَرَ لَهُ.» رَوَاهُ التِّرْمِذِيُّ وَحَسَّنَهُ

📚 4. Hasyiyah as Syarwani Ala At Tuhfah, Syarwani, Kitab Shalat, bab Shalat sunah, Juz 2 Halaman 238, Al Maktabah Al Islamiyyah (Apk), Cetakan Asli: Al Maktabah at Tijariyah Mesir
قَوْلُهُ: وَعِنْدَ التَّوْبَةِ) عِبَارَةُ النِّهَايَةِ وَلِلتَّوْبَةِ قَبْلَهَا وَبَعْدَهَا وَلَوْ مِنْ صَغِيرَةٍ. اهـ. قَالَ ع ش أَيْ، وَإِنْ تَكَرَّرَتْ أَيْ التَّوْبَةُ

📚 5. Hasyiita Bujairimi ala al Khotib, Bujairimi, Kitab Shalat, Pasal shalat sunah, Juz 1 Halaman 428, Al Maktabah Al Islamiyyah (Apk), Cetakan Asli: Darul Fikr
قَوْلُهُ: (وَرَكْعَتَا التَّوْبَةِ) أَيْ مِنْ الذَّنْبِ وَلَوْ صَغِيرِهِ كَمَا هُوَ ظَاهِرٌ ثُمَّ يَسْتَغْفِرُ اللَّهَ عَقِبَهَا، وَالْمُرَادُ بِقَوْلِهِ: وَرَكْعَتَا التَّوْبَةِ أَيْ مَنْ يُرِيدُهَا فَهُوَ عَلَى حَذْفِ مُضَافٍ كَمَا قَالَهُ ق ل عَلَى التَّحْرِيرِ. وَيُؤْخَذُ مِنْهُ أَنَّ الصَّلَاةَ هَذِهِ تَكُونُ قَبْلَ التَّوْبَةِ؟ وَيُسَنُّ أَيْضًا رَكْعَتَانِ بَعْدَهَا، لِمَا ذَكَرَهُ ابْنُ حَجَرٍ أَنَّهُ يُسَنُّ لِمَنْ أَذْنَبَ ذَنْبًا وَتَابَ مِنْهُ أَنْ يُصَلِّيَ عَقِبَ تَوْبَتِهِ رَكْعَتَيْنِ شُكْرًا عَلَى حُصُولِهَا وَطَلَبًا لِقَبُولِهَا وَدَوَامِهَا نَقَلَهُ م د عَلَى التَّحْرِيرِ. وَعِبَارَةُ الْعَنَانِيِّ: الصَّلَاةُ قَبْلَ التَّوْبَةِ بِدَلِيلِ قَوْلِهِ: ثُمَّ يَسْتَغْفِرُ اللَّهَ وَأَيْضًا فَإِنَّ الصَّلَاةَ وَسِيلَةٌ لِقَبُولِ التَّوْبَةِ وَالْوَسِيلَةُ مُقَدَّمَةٌ عَلَى الْمَقْصِدِ، فَانْدَفَعَ مَا يُقَالُ إنَّ الْمُبَادَرَةَ إلَى التَّوْبَةِ وَاجِبَةٌ فَكَيْفَ يُقَدِّمُ الصَّلَاةَ عَلَيْهَا.

وَحَاصِلُ الْجَوَابِ أَنَّ الصَّلَاةَ لَمَّا كَانَتْ وَسِيلَةً كَانَ الْمُصَلِّي شَارِعًا فِيهَا اهـ. قُلْت: فَالْحَاصِلُ أَنَّ صَلَاةَ التَّوْبَةِ رَكْعَتَانِ قَبْلَهَا أَمَّا الرَّكْعَتَانِ اللَّتَانِ بَعْدَهَا وَإِنْ سُنَّتْ، فَلَا يُقَالُ لَهَا صَلَاةُ التَّوْبَةِ.

Link Diskusi:

Komentari

Lebih baru Lebih lama