1116. KHILAFIYAH TENTANG JUAL BELI KUCING





Pertanyaan:
Assalamu'alaikum wr.wb kakak² semua.. Smoga kalian smua sehat selalu dan tetap dalam lindungan-Nya..
Saya mau tanya.. Apakah boleh kucing itu diperjual belikan?

#mohon penjelasannya🙏
[Ria Maisya]

Jawaban:
>> Abdul Aziz
Waalaikum salam

Mayoritas ulama memperbolehkan transaksi jual beli kucing karena kucing termasuk zat suci dan mengandung manfaat. Dari sana kemudian, mayoritas ulama memperbolehkan jual dan beli kucing. 

فَذَهَبَ جُمْهُورُ الْفُقَهَاءِ مِنَ الْحَنَفِيَّةِ وَالْمَالِكِيَّةِ وَالشَّافِعِيَّةِ وَالْحَنَابِلَةِ إِلَى أَنَّ بَيْعَ الْهِرَّةِ جَائِزٌ لأنَّهَا طَاهِرَةٌ وَمُنْتَفَعٌ بِهَا وَوُجِدَ فِيهَا جَمِيعُ شُرُوطِ الْبَيْع، فَجَازَ بَيْعُهَا 

 Artinya, "Mayoritas ulama fiqih bermadzhab Hanafi, Maliki, Syafi’i, dan Hanbali berpendapat bahwa praktik jual kucing itu boleh karena kucing itu suci dan dapat diambil manfaatnya. Padanya juga terdapat semua syarat transaksi penjualan sehingga boleh menjualnya," (Al-Mausuatul Fiqhiyyah Al-Kuwaitiyyah).

>> Ismidar Abdurrahman As-Sanusi
Wa'alaikumussalam Warahmatullahi Wabarakatuh


Secara umum Ulama FIQIH membolehkan jual beli kucing karena kucing hewan yang suci dan bermanfaat dan juga kucing merupakan salah satu kepemilikan makanya boleh dipergunakan termasuk menjual belikannya, hanya saja, Syafi'iyyah mengkhususkan yang sah jual beli kucing rumahan yakni kucing peliharaan sedang kucing liar tidak sah menurut Syafi'iyyah karena menurut mereka tidak bermanfaat.


د - بَيْعُ الْهِرِّ:
٥ - اخْتَلَفَ الْفُقَهَاءُ فِي جَوَازِ بَيْعِ الْهِرَّةِ.
فَذَهَبَ جُمْهُورُ الْفُقَهَاءِ مِنَ الْحَنَفِيَّةِ وَالْمَالِكِيَّةِ وَالشَّافِعِيَّةِ وَالْحَنَابِلَةِ إِلَى أَنَّ بَيْعَ الْهِرَّةِ جَائِزٌ؛ لأَِنَّهَا طَاهِرَةٌ وَمُنْتَفَعٌ بِهَا وَوُجِدَ فِيهَا جَمِيعُ شُرُوطِ الْبَيْعِ، فَجَازَ بَيْعُهَا كَالْحِمَارِ وَالْبَغْل، وَلأَِنَّ كُل مَمْلُوكٍ أُبِيحَ الاِنْتِفَاعُ بِهِ يَجُوزُ بَيْعُهُ إِلاَّ مَا اسْتَثْنَاهُ الشَّرْعُ مِنَ الْكَلْبِ وَأُمِّ الْوَلَدِ وَالْوَقْفِ؛ لأَِنَّ الْمِلْكَ لإِِطْلاَقِ التَّصَرُّفِ (١) -الى أن قال-
وَلِبَعْضِ الْجُمْهُورِ قُيُودٌ فِي جَوَازِ بِيْعِ الْهِرَّةِ.
فَقَال الْمَالِكِيَّةُ: يَجُوزُ بَيْعُ الْهِرَّةِ بِقَصْدِ أَخْذِ جِلْدِهَا لِلاِنْتِفَاعِ بِهِ، أَمَّا إِذَا بَاعَهَا لاَ لِقَصْدِ أَخْذِ جِلْدِهَا فَلاَ يَجُوزُ بَيْعُهَا، إِلاَّ أَنَّ الْبُنَانِيَّ مِنَ الْمَالِكِيَّةِ قَال: الصَّوَابُ أَنَّ بَيْعَ الْهِرَّةِ لِيُنْتَفَعَ بِهِ حَيًّا جَائِزٌ (٢) . وَخَصَّ الشَّافِعِيَّةُ الْجَوَازَ بِبَيْعِ الْهِرَّةِ الأَْهْلِيَّةِ، أَمَّا الْهِرَّةُ الْوَحْشِيَّةُ فَلاَ يَجُوزُ بَيْعُهَا عِنْدَهُمْ، لِعَدَمِ الاِنْتِفَاعِ بِهَا (٣) .
وَذَهَبَتْ طَائِفَةٌ مِنَ الْعُلَمَاءِ مِنْهُمْ أَبُو هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ وَمُجَاهِدٌ وَطَاوُوسٌ وَجَابِرُ بْنُ زَيْدٍ وَهُوَ قَوْلٌ عِنْدَ الْمَالِكِيَّةِ صَحَّحَهُ الْجُزُولِيُّ وَهُوَ رِوَايَةٌ عِنْدَ أَحْمَدَ اخْتَارَهَا أَبُو بَكْرٍ إِلَى أَنَّ بَيْعَ الْهِرَّةِ مَكْرُوهٌ (٤) ، لِحَدِيثِ أَبِي الزُّبَيْرِ قَال: " سَأَلْتُ جَابِرًا رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ عَنْ ثَمَنِ الْكَلْبِ وَالسِّنَّوْرِ فَقَال: زَجَرَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ ذَلِكَ (١) ، وَلأَِنَّ أَكْلَهَا مَكْرُوهٌ فَكُرِهَ بَيْعُهَا بِنَاءً عَلَى ذَلِكَ.
وَذَهَبَ بَعْضُ الْعُلَمَاءِ إِلَى أَنَّ بَيْعَ الْهِرَّةِ لاَ يَجُوزُ (٢) ، لِحَدِيثِ جَابِرٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ: أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ نَهَى عَنْ ثَمَنِ الْكَلْبِ وَالسِّنَّوْرِ (٣) ، وَلِحَدِيثِ جَابِرٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ الْمُتَقَدِّمِ: أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ زَجَرَ عَنْ ثَمَنِ الْكَلْبِ وَالسِّنَّوْرِ.
_______________
(١) الْبَدَائِع ٥ / ١٤٢، ومواهب الْجَلِيل ٤ / ٢٦٧ - ٢٦٨، والمجموع لِلنَّوَوِيِّ ٩ / ٢٢٩ - ٢٣٠، والمغني لاِبْنِ قُدَامَةَ ٤ / ٢٨٣ - ٢٨٥.
(٢) مَوَاهِب الْجَلِيل لِلْحَطَّابِ ٤ / ٢٦٧ - ٢٦٨، وجواهر الإِْكْلِيل ٢ / ٥.
(٣) الْمَجْمُوعِ لِلنَّوَوِيِّ ٩ / ٢٢٩ - ٢٣٠.
(٤) مَوَاهِب الْجَلِيل لِلْحَطَّابِ ٤ / ٢٦٧ - ٢٦٨، والمجموع لِلإِْمَامِ النَّوَوِيّ ٩ / ٢٢٩، والمغني لاِبْنِ قُدَامَةَ ٤ / ٢٨٤
(١) حَدِيث أَبِي الزُّبَيْر: " سَأَلَتْ جَابِرًا رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ عَنْ ثَمَنِ الْكَلْبِ وَالسِّنَّوْرِ. . . " أَخْرَجَهُ مُسْلِم (٣ / ١١٩٩ - ط عِيسَى الْحَلَبِيّ) .
(٢) الْمَجْمُوعِ لِلنَّوَوِيِّ ٩ / ٢٢٩ - ٢٣٠، وانظر كُلًّا مِنْ مَوَاهِبَ الْجَلِيل ٤ / ٢٦٨ والمغني لاِبْنِ قُدَامَةَ ٤ / ٢٨٤ - ٢٨٥.
(٣) حَدِيث جَابِر: " أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ نَهَى عَنْ ثَمَنِ الْكَلْبِ وَالسِّنَّوْر ". أَخْرَجَهُ أَبُو دَاوُد (٣ / ٧٥٢ - ط حِمْص) والترمذي (٣ / ٥٧٧ - ط الْحَلَبِيّ) .
 JUAL BELI KUCING 
Ulama FIQIH berselisih pendapat tentang kebolehan jual beli kucing. 
Menurut Mayoritas Ulama FIQIH dari kalangan Hanafiyyah, Malikiyyah, Syafi'iyyah dan Hanabilah jual beli kucing diperbolehkan karena kucing suci dan bermanfaat dan didalam kucing ditemukan semua syarat² jual beli makanya boleh jual belinya seperti himar dan bagal, sebab setiap kepemilikan boleh dipergunakan, oleh karenanya boleh menjualnya kecuali apa yang syariat mengecualikan dari menjual anjing, ummu walad dan waqaf, karena kepemilikannya memang untuk ditasarufkan.... 
Sebagian Mayoritas Ulama membatasi kebolehan jual-beli kucing. 
Berkata Malikiyyah "Diperbolehkan jual-beli kucing dengan tujuan untuk mengambil kulitnya, bila tujuannya bukan karena untuk mengambil kulitnya maka tidak diperbolehkan, kecuali menurut Al Banani dari kalangan Malikiyyah, beliau berkata : Pendapat yang benar jual-beli kucing untuk dimanfaatkan saat hidupnya diperbolehkan. 
Syafi'iyyah mengkhususkan bolehnya jual-beli kucing rumahan (peliharaan) sedangkan kucing liar tidak boleh memperjual-belikannya menurut mereka karena tidak bermanfaat. 
Segolongan Ulama memakruhkan jual-beli kucing, mereka ialah Abu Hurairah Radhiallahu 'anhu, Mujahid, Thawus, Jabir bin Zaid; itulah pendapat Malikiyyah yang dishahihkan Al Juzuli dan satu riwayat Imam Ahmad dan yang dipilih Abu Bakar. Berdasarkan hadits Abu Zubair : "Aku bertanya kepada Jabir harga (jual-beli) anjing dan kucing, Jabir berkata: Nabi Shallallahu alaihi Wasallam telah mencegah (sangat melarang) hal itu".(HR. Muslim). Karena memakannya makruh, makruh pula jual-belinya berdasarkan hal itu. 
Menurut sebagian Ulama jual-beli kucing tidak diperbolehkan berdasarkan hadits Jabir Radhiallahu 'anhu: "Bahwasanya Nabi Shallallahu alaihi Wasallam telah melarang harga (jual-beli) anjing dan kucing".(HR. Abu Dawud) dan hadits Jabir terdahulu yaitu: "Nabi Shallallahu alaihi Wasallam telah mencegah (sangat melarang) hal itu"
[Al Mausu'ah al Fiqhiyyah al Kuwaitiyyah XXXXII/266-267]

* (فَرْعٌ)
بَيْعُ الْهِرَّةِ الْأَهْلِيَّةِ جَائِزٌ بِلَا خِلَافٍ عِنْدَنَا إلَّا مَا حَكَاهُ الْبَغَوِيّ فِي كِتَابِهِ فِي شرح مختصر المزني عن ابن العاص أَنَّهُ قَالَ لَا يَجُوزُ وَهَذَا شَاذٌّ بَاطِلٌ مَرْدُودٌ وَالْمَشْهُورُ جَوَازُهُ وَبِهِ قَالَ جَمَاهِيرُ الْعُلَمَاءِ نَقَلَهُ الْقَاضِي عِيَاضٌ عَنْ الْجُمْهُورِ وَقَالَ ابْنُ الْمُنْذِرِ أَجْمَعَتْ الْأُمَّةُ عَلَى أَنَّ اتِّخَاذَهُ جَائِزٌ وَرَخَّصَ فِي بَيْعِهِ ابْنُ عَبَّاسٍ وَابْنُ سِيرِينَ والحكم وحماد ومالك والثوري والشافعي وأحمد واسحق وَأَبُو حَنِيفَةَ وَسَائِرُ أَصْحَابِ الرَّأْيِ قَالَ وَكَرِهَتْ طائفة بيعه منهم أبو هريرة ومجاهد وطاووس وَجَابِرُ بْنُ زَيْدٍ قَالَ ابْنُ الْمُنْذِرِ إنْ ثَبَتَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ النَّهْيُ عَنْ بَيْعِهِ فَبَيْعُهُ بَاطِلٌ وَإِلَّا فَجَائِزٌ هذا كَلَامُ ابْنِ الْمُنْذِرِ وَاحْتَجَّ مَنْ مَنَعَهُ بِحَدِيثِ أَبِي الزُّبَيْرِ قَالَ سَأَلْتُ جَابِرًا عَنْ ثَمَنِ الْكَلْبِ وَالسِّنَّوْرِ فَقَالَ زَجَرَ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ ذَلِكَ) رَوَاهُ مُسْلِمٌ
* وَاحْتَجَّ أَصْحَابُنَا بِأَنَّهُ طَاهِرٌ مُنْتَفَعٌ بِهِ وَوَجَدَ فِيهِ جَمِيعَ شُرُوطِ الْبَيْعِ بِالْخِيَارِ فَجَازَ بَيْعُهُ كَالْحِمَارِ وَالْبَغْلِ وَالْجَوَابُ عَنْ الْحَدِيثِ مِنْ وَجْهَيْنِ
(أَحَدُهُمَا)
جَوَابُ أَبِي العباس بن العاص وَأَبِي سُلَيْمَانَ الْخَطَّابِيِّ وَالْقَفَّالِ وَغَيْرِهِمْ أَنَّ الْمُرَادَ الهرة الوحشية فلا يصح بيعها لِعَدَمِ الِانْتِفَاعِ بِهَا إلَّا عَلَى الْوَجْهِ الضَّعِيفِ الْقَائِلِ بِجَوَازِ أَكْلِهَا (وَالثَّانِي) أَنَّ الْمُرَادَ نَهْيُ تَنْزِيهٍ وَالْمُرَادُ النَّهْيُ عَلَى الْعَادَةِ بِتَسَامُحِ النَّاسِ فيه ويتعاوزونه فِي الْعَادَةِ فَهَذَانِ الْجَوَابَانِ هُمَا الْمُعْتَمَدَانِ (وَأَمَّا) ما ذكره الخطابى وابن عبد الله أَنَّ الْحَدِيثَ ضَعِيفٌ فَغَلَطٌ مِنْهُمَا لِأَنَّ الْحَدِيثَ فِي صَحِيحِ مُسْلِمٍ بِإِسْنَادٍ صَحِيحٍ وَقَوْلُ ابْنِ عبد الله إنَّهُ لَمْ يَرْوِهِ غَيْرُ أَبِي الزُّبَيْرِ عَنْ حَمَّادِ بْنِ سَلَمَةَ فَغَلَطٌ أَيْضًا فَقَدْ رَوَاهُ مسلم في صحيحه من رواية معقل ابن عبيد الله عن أبى الزبير فهذان ثقتان رواياه عن أبى الزبير هو ثِقَةٌ وَاَللَّهُ أَعْلَمُ
CABANG
JUAL-BELI kucing Rumahan (peliharaan) BOLEH tanpa ada khilaf dalam pandangan kami (Syafi'iyyah) kecuali apa yang diceritakan Al Baghowy dalam kitabnya dalam "Mukhtasar al Muzani" dari Ibn Al -Aash bahwasanya ia berkata "jual beli kucing tidak diperbolehkan" (apa yang dia katakan) ini menyimpang, bathil dan tertolak dan pendapat yang masyhur diperbolehkan, dengan pendapat ini berpendapat pula Mayoritas Ulama dan Al Qodhy 'iyaadh menuqil Dari Jumhur.
Berkata Ibn Mundzir "Telah sepakat Umat (Ulama) bahwa memelihara kucing diperbolehkan dan Ibn Abbas, Ibn Sirin, Hakam, Hammad, Malik, Tsauri, Syafi'i, Ahmad, Ishaq, Abu Hanifah dan Ashabur Ra'yi memberi rukhshah (dispensasi) jual belinya, segolongan Ulama memakruhkannya (jual beli kucing) sebagian mereka adalah Abu Hurairah, Mujahid, Thawus dan Jabir bin Zaid, (Ibn Mundzir melanjutkan) : Jika sudah jelas dari Nabi Shallallahu alaihi Wasallam melarang jual belinya maka jual belinya bathil, bila tidak maka diperbolehkan", inilah perkataan Ibn Mundzir. 
Orang-orang yang melarang jual beli kucing berhujjah dengan hadits Abu Zubair ia berkata "Aku bertanya kepada Jabir tentang harga (jual beli) anjing dan kucing maka ia berkata : Nabi Shallallahu alaihi Wasallam sangat melarang (mencegah) hal itu".(HR. Muslim) 
Para pengikut Syafi'i berhujjah (beralasan) bahwa kucing itu suci dan bermanfaat, kucing itu ditemukan didalamnya semua Syarat-syarat jual-beli dengan khiyar maka diperbolehkan jual belinya seperti Himar dan Bagal. 
Jawavsn dari hadits (Abu Zubair) ada dua pendapat :
Pertama : Dijawab Abul Abbas bin Al -Aash, Abu Sulaiman Al Khathabi, Al Qoffal dan selain mereka bahwa yang dimaksud hadits tersebut kucing liar maka tidak sah memperjual-belikannya karena tidak bermanfaat kecuali dengan menengok qoul dho'if yang memperbolehkan memakannya. 
Kedua: Yang dimaksud hadits tersebut larangan (makruh) tanzih dan adat toleransi sesama manusia, dua jawaban inilah yang mu'tamad (bisa dijadikan pegangan). 
Adapun apa yang dituturkan Al Khathabi Dan Ibn Abdullah bahwa hadits tersebut dho'if maka tidak bisa diterima karena hadits tersebut dalam shahih Muslim dengan sanad yang shahih, sedangkan perkataan Ibn Abdullah 'Sesungguhnya hadits tersebut tidak diriwayatkan selain Ibn Zubair dari Hammad bin Salamah' tidak bisa diterima juga karena Imam Muslim meriwayatkan dalam shahihnya dari Riwayat Mi'qal Ibn 'Ubaidillah dari Abu Zubair kedua riwayat ini tsiqqot dan riwayat dari Abu Zubair dia tsiqqot. 
[Al Majmuu' Syarh al Muhadzdzab IX/229-230]
Wallahu A'lamu Bis Showaab

Link Diskusi:

Komentari

Lebih baru Lebih lama