1216. STATUS BANGUNAN DIATAS DAN DIBAWAH MASJID APAKAH DIKATEGORIKAN MASJID?

Sumber gambar: kompas.com


Pertanyaan:
Assalamu'alaikum warohmatullohi wabarokatuh

Ada bangunn masjid di atas & bawahnya di buat untuk akses jln raya..ap BS jln tersebut di sebut masjid ?🙏🙏
[Eva Lathifah]

Jawaban:
Wa'alaikumussalam

Mendirikan bangun dibawah atau diatas masjid apabila masjidnya sudah jadi maka hukum bangunan tersebut berhukum masjid menurut Madzhab Syafi'i, beda halnya bila bangunan yang didirikan sebelum ada masjid maka tidak berhukum masjid. Atas dasar ini, apabila masjid sudah ada lalu diatasnya dibikin jalan, Rumah dan sebagainya maka rumah atau jalan tersebut berhukum masjid dalam arti dilarang orang punya hadats besar berdiam padanya, demikian pula bangunan tersebut dibikin dibawah masjid. Bangun diatas dan dibawah masjid masih berhukum masjid kalau masjidnya sudah ada sampai tujuh tingkat atau langit, setelah tujuh tingkat tidak lagi berhukum masjid.

Berbeda dengan Madzhab Hanafi, menurut mereka bangun yang dibangun di atas atau di bawah masjid tidak berhukum masjid kecuali mewaqofkan untuk masjid, namun bila bangunan itu dibangun untuk kemaslahatan masjid tidak berhukum masjid.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa status bangunan yang didirikan di atas atau bawah masjid berhukum masjid menurut Madzhab Syafi'i bila bangunan itu dibangun setelah ada masjid, tidak sebaliknya. Sedangkan menurut Madzhab Hanafi bangunan yang didirikan di atas atau bawah masjid tidak berhukum masjid, demikian pula bangunan itu dibangun untuk kemaslahatan masjid, namun akan berhukum masjid jikalau diwaqafkan atau masjid.

قَوْلُهُ: (وَلِهَوَاءِ الْمَسْجِدِ) كَأَنْ طَارَ فِيهِ، وَالْمُرَادُ بِهِ مَا فَوْقَهُ إلَى السَّمَاءِ السَّابِعَةِ وَمَا تَحْتَهُ إلَى الْأَرْضِ السَّابِعَةِ، نَعَمْ إنْ كَانَ فَوْقَهُ أَوْ تَحْتَهُ عُلُوٌّ أَوْ سُفْلٌ قَبْلَ وَقْفِيَّتِهِ لَمْ يَتَجَاوَزْهُ أَيْ: لَمْ يَتَجَاوَزْ الْمَسْجِدُ مَحَلَّهُ فَلَا يَشْمَلُ مَا فَوْقَهُ أَوْ مَا تَحْتَهُ إلَّا بَعْدَ زَوَالِهِ، وَإِنْ أُعِيدَ اهـ ق ل.
[Hasyiyah Bujairomi ala al Khothiib I/368]

وَإِذَا جَعَلَ تَحْتَهُ سِرْدَابًا لِمَصَالِحِهِ) أَيْ الْمَسْجِدِ (جَازَ) كَمَسْجِدِ الْقُدْسِ (وَلَوْ جَعَلَ لِغَيْرِهَا أَوْ) جَعَلَ (فَوْقَهُ بَيْتًا وَجَعَلَ بَابَ الْمَسْجِدِ إلَى طَرِيقٍ وَعَزَلَهُ عَنْ مِلْكِهِ لَا) يَكُونُ مَسْجِدًا.
قَوْلُهُ أَوْ جَعَلَ فَوْقَهُ بَيْتًا إلَخْ) ظَاهِرُهُ أَنَّهُ لَا فَرْقَ بَيْنَ أَنْ يَكُونَ الْبَيْتُ لِلْمَسْجِدِ أَوْ لَا إلَّا أَنَّهُ يُؤْخَذُ مِنْ التَّعْلِيلِ أَنَّ مَحَلَّ عَدَمِ كَوْنِهِ مَسْجِدًا فِيمَا إذَا لَمْ يَكُنْ وَقْفًا عَلَى مَصَالِحِ الْمَسْجِدِ وَبِهِ صَرَّحَ فِي الْإِسْعَافِ فَقَالَ: وَإِذَا كَانَ السِّرْدَابُ أَوْ الْعُلُوُّ لِمَصَالِحِ الْمَسْجِدِ أَوْ كَانَا وَقْفًا عَلَيْهِ صَارَ مَسْجِدًا. اهـ. شُرُنْبُلَالِيَّةٌ.
قَالَ فِي الْبَحْرِ: وَحَاصِلُهُ أَنَّ شَرْطَ كَوْنِهِ مَسْجِدًا أَنْ يَكُونَ سِفْلُهُ وَعُلُوُّهُ مَسْجِدًا لِيَنْقَطِعَ حَقُّ الْعَبْدِ عَنْهُ لِقَوْلِهِ تَعَالَى {وَأَنَّ الْمَسَاجِدَ لِلَّهِ} [الجن: 18]- بِخِلَافِ مَا إذَا كَانَ السِّرْدَابُ وَالْعُلُوُّ مَوْقُوفًا لِمَصَالِحِ الْمَسْجِدِ، فَهُوَ كَسِرْدَابِ بَيْتِ الْمَقْدِسِ هَذَا هُوَ ظَاهِرُ الرِّوَايَةِ وَهُنَاكَ رِوَايَاتٌ ضَعِيفَةٌ مَذْكُورَةٌ فِي الْهِدَايَةِ. اهـ. .
[Hasyiyah Ibn Aabidiin Al Hanafiy IV/358]

Wallahu A'lamu Bis Showaab

(Dijawab oleh: Ismidar Abdurrahman As-Sanusi)

Link Diskusi:

Komentari

Lebih baru Lebih lama