1265. HUKUM SHALAT BERJAMAAH DI MASJID BERLANTAI DUA YANG TANGGANYA DILUAR

Sumber Gambar: kompasiana.com



Pertanyaan:
Asslamualaikum...
Maaf sebelumnya saya mau bertanya mengenai mesjid 2 lantai tetapi penghubung atau katakanlah tangga untuk menghubungkan lantai satu ke lantai ke 2 itu tangga nya ada diluar mesjid ( teras mesjid) yg jadi pertanyaan apakah sah orang yg melaksanakan berjamaah salat di lantai 2 sementara imam di lantai 1..mohon pencerahannya.
🙏🙏
[Berqah Tani]

Jawaban:
Wa'alaikumussalam Warahmatullahi Wabarakatuh

Apabila tangganya ada diluar masjid maka tidak sah jama'ah lantai bawah tersebut, sebab Disyaratkan berjamaah masjid bertingkat tangganya ada dalam masjid, sehingga bila tangganya diluar masjid tidak sah kecuali para makmum berdiri ditepi lubang yang mana ada lubang tembus. Bila tidak maka tidak sah.

( وَإِذَا جَمَعَهُمَا مَسْجِدٌ ) وَمِنْهُ جِدَارُهُ وَرَحْبَتُهُ وَهِيَ مَا حُجِرَ عَلَيْهِ لِأَجْلِهِ ، وَإِنْ كَانَ بَيْنَهُمَا طَرِيقٌ مَا لَمْ يَتَيَقَّنْ حُدُوثَهَا بَعْدَهُ وَأَنَّهَا غَيْرُ مَسْجِدٍ ، وَمَنَارَتُهُ الَّتِي بَابُهَا فِيهِ أَوْ فِي رَحْبَتِهِ لَا حَرِيمُهُ وَهُوَ مَا يُهَيَّأُ لِإِلْقَاءِ نَحْوِ قُمَامَتِهِ ( صَحَّ الِاقْتِدَاءُ ) إجْمَاعًا ( وَإِنْ بَعُدَتْ الْمَسَافَةُ وَحَالَتْ الْأَبْنِيَةُ ) الَّتِي فِيهِ الْمُتَنَافِذَةُ الْأَبْوَابِ إلَيْهِ أَوْ إلَى سَطْحِهِ كَمَا أَفْهَمهُ كَلَامُ الشَّيْخَيْنِ

( قَوْلُهُ : أَوْ إلَى سَطْحِهِ ) أَيْ ، وَإِنْ خَرَجَ بَعْضُ الْمَمَرِّ عَنْ الْمَسْجِدِ حَيْثُ كَانَ الْبَابُ فِي الْمَسْجِدِ أَيْ أَوْ رَحْبَتِهِ كَمَا هُوَ الْفَرْضُ وَلَمْ تَطُلْ الْمَسَافَةُ عُرْفًا فِيمَا يَظْهَرُ ع ش عِبَارَةُ الرَّشِيدِيِّ قَوْلُهُ أَوْ إلَى سَطْحِهِ أَيْ الَّذِي هُوَ مِنْهُ كَمَا هُوَ ظَاهِرٌ مِمَّا يَأْتِي أَيْ ، وَالصُّورَةُ أَنَّ السَّطْحَ نَافِذٌ إلَى الْمَسْجِدِ أَخْذًا مِنْ شَرْطِ التَّنَافُذِ فَلْيُرَاجَعْ ا هـ .
[Tuhfah al Muhtaaj Wa Hawaasyi as Syarwani II/313]

Wallahu A'lamu Bis Showaab

=======

Saya tidak habis fikir yang komen diatas mengatakan sah berjamaah di masjid bertingkat yang mana jama'ah yang dibawah tangganya diluar. Kalaupun tidak dipermasalahkan tangganya berada di luar masjid atau dibelakang makmum, Kalau tidak ada lubang tembus menuju imam juga tidak sah. Kecuali ada Lubang tembus maka sah dan makmum berdiri dilubang tersebut. Ini Qoul Mu'tamad loh. Silahkan difikirkan dulu😁🖐️

لا يشترط في المسجد كون المنفذ أمام المأموم أو بجانبه بل تصح القدوة وإن كان خلفه ، وحينئذ لو كان الإمام في علو والمأموم في سُفْل أو عكسه كبئر ومنارة وسطح في المسجد ، وكان المَرْقَى وراء المأموم بأن لا يصل إلى الإمام إلا بازورار بأن يولي ظهره القبلة ، صح الاقتداء لإطلاقهم صحة القدوة في المسجد ، وإن حالت الأبنية المتنافذة الأبواب إليه وإلى سطحه ، فيتناول كون المرقى المذكور أمام المأموم أو وراءه أو يمينه أو شماله ،
بل صرح في حاشيتي النهاية والمحلي بعدم الضرر ، وإن لم يصل إلى ذلك البناء إلا بازورار وانعطاف ، نعم إن لم يكن بينهما منفذ أصلاً لم تصح القدوة على المعتمد
“Tidak disyaratkan dalam suatu masjid adanya jalan terusan (manfadz) itu berada di depan makmum. Bahkan sah bermakmum walaupun manfadz itu berada di belakang makmum. Oleh karena itu, apabila imam ada di atas sedangkan makmum di bawah atau sebaliknya seperti sumur dan menara dan atap di masjid, sedangkan tangga berada di belakang imam sehingga makmum tidak bisa sampai pada imam kecuali dengan berpaling yakni dengan memalingkan punggungnya dari kiblat, maka kemakmumannya tetap sah karena ulama mengesahkan bermakmum di masjid secara mutlak. Walaupun ada bangunan yang menghalangi makmum menuju imam. Jadi, sah adanya tangga di depan makmum, atau di belakangnya, atau di kanan atau kiri makmum. Bahkan, dalam Hasyiyah Nihayah dan Mahalli dijelaskan tidak apa-apa walaupun makmum tidak sampai pada bangungan itu kecuali dengan berpaling dan berputar. Tapi, apabila tidak ada manfadz (jalan terus) sama sekali antara imam dan makmum maka bermakmumnya tidak sah menurut qaul mu’tamad”
[Bughyah al Mustarsyidiin Halaman 147]

KESIMPULAN:
Shalat berjamaah di masjid berlantai dua yang tangganya diluar tidak sah kecuali ada lubang tembus yang mana para makmum berdiri di depan lubang tersebut.

Wallahu A'lam

(Ismidar Abdurrahman As-Sanusi)

Link Diskusi:

Komentari

Lebih baru Lebih lama