Pertanyaan:
apakh kalau hujan, tetap disunatkan sholat gerhana?
[Izev Steady...]
Jawaban:
>> Ismidar Abdurrahman As-Sanusi
Hujan bukan penyebab tidak disyariatkan atau tidak disunahkan mengerjakan shalat gerhana; baik gerhana matahari ataupun bulan. Tetapi, penyebab tidak sunah mengerjakan shalat gerhana ketika gerhana hilang, baik disebabkan karena sudah berakhir atau ditutupi dengan kegelapan. Ini kalau gerhana matahari. Sedangkan kalau gerhana bulan terlewat waktunya atau tidak disyariatkan lagi mengerjakan shalat gerhana dengan hilangnya gerhana atau dengan tenggelamnya bulan. Maka oleh karena itu, bila hujan datang bukan penyebab tidak disyariatkan atau tidak disunahkan mengerjakan shalat gerhana, selagi gerhana masih ada dan tidak tertutupi sesuatu atau hilangnya gerhana. Meskipun demikian, bila hanya sebagian tertutupi sesuatu masih tetap sunah mengerjakan shalat gerhana, juga diragukan sudah hilang atau tertutupi atau belum. Ketika sebab diatas terjadi (hilang gerhana atau tertutupi) sebelum mengerjakan shalat maka tidak Sunah dan terlewat sudah waktunya. Namun, bila tengah shalat gerhana sebab tersebut datang maka shalatnya disempurnakan dan tergolong ada'. Adapun khutbah tidak menjadi terlewat waktunya dengan datangnya sebab tersebut tapi khutbah tetap bisa dilaksanakan, atas dasar; Khutbah Baginda Nabi sesudah datang sebab tersebut. Wallahu A'lam
Ibarot:
إعانة الطالبين ج ١ ص ٢٦٣ المكتبة الحرمين سنغافورة جدة
(تتمة) اعلم أن الشارح اقتصر على بيان كيفية صلاة الكسوفين ولم يبين وقتها: وبيانه أنه من ابتداء الكسوف إلى تمام الانجلاء، فتفوت صلاة كسوف الشمس بالانجلاء للمنكسف وبغروبها كاسفة، فلا يشرع فيها بعده.
وأما لو حصل
غروبها كاسفة في أثناء الصلاة أتمها وتفوت صلاة خسوف القمر بالانجلاء وبطلوع الشمس لا بطلوع الفجر، لأن ما بعد الفجر ملحق بالليل.
شرح المقدمة الحضرمية المسمى بشرى الكريم بشرح مسائل التعليم، صفحة ٤٣١-٤٣٢
(وتفوت) صلاة (الكسوف) إذ لم يشرع فيها (بالانجلاء) التام يقيناً، لا لبعضه أو مع الشك، ولا نظر هنا لقول المنجمين وإن كثروا. فإن انجلى أثناءها .. فيتمها أداء وإن كانت لا توصف بالقضاء.
ولو بان الانجلاء قبل الشروع فيها وهي-كسنة الصبح- وقعت نفلاً مطلقاً، وإلا .. لم تنعقد.
(و) تفوت أيضاً (بغروب الشمس) كاسفة؛ لزوال سلطانها، والانتفاع بها.
(و) تفوت صلاة (الخسوف) للقمر قبل الشروع فيها (بالانجلاء) لجميعه، كما في الشمس.
(وبطلوع الشمس)؛ ولزوال سلطانه (لا بالفجر) أي: بطلوعه والقمر خاسف، فلا تفوت في الجديد؛ لبقاء ظلمة الليل، والانتفاع بضوئه، وله الشروع فيها لو خسف بعد الفجر (ولا بغروبه خاسفاً) ولو بعد الفجر وقبل طلوع الشمس، كما لو غاب تحت سحاب مع بقاء سلطانه.
ولا تفوت الخطبة بالانجلاء؛ لأن خطبته صلى الله عليه وسلم إنما كانت بعده.
Link Diskusi: