1337. APA SEBENARNYA RUH ITU?






Pertanyaan:
Assalamu'alaikum,
Apa yg dinamakan ruh, pengaruhnya apa trhadap raga?
[Izul Khaf]

Jawaban:
>> Ahmad Faiz
وعليكم السلام.
ويسألونك عن الروح)الذى هوسبب حياة البدن بنفخه فيه(قل الروح من امرربى)اى من فعل ربى اومن علم ربى فانه مما اختص الله تعالى بعلمه
روى ان اليهودقالوا لقريش سلوا محمدا عن اصحاب الكهف وعن ذى القرنين وعن الروح فان اجاب عنها جميعا او سكت فليس بنبى وان اجاب عن بعض وسكت عن بعض فهو نبى فبين صلى الله عليه وسلم لهم القصتين وابهم شأن الروح وهو مبهم فى التوراة(وما اوتيتم من العلم الا قليلا) فان عقول الخلق عاجزة عن معرفة حقيقة الروح

>> Ismidar Abdurrahman As-Sanusi
Wa'alaikumussalam Warahmatullahi Wabarakatuh

Para Ulama berselisih pendapat tentang hakikat ruh . Kebanyakan Ulama dari kalangan Ahlussunah Wal Jama'ah berpendapat bahwa yang utama tidak berbicara lebih jauh tentang ruh, dicukupkan tentang penyebutan pembahasan ruh itu sendiri. Karena ruh Perkara yang Allah sembunyikan dengan ilmunya dan tidak seorangpun dari yang Allah ciptakan mengetahui hakikat ruh itu sendiri. Karena inilah Syeikh Ibnu Ruslan dalam kitabnya Zubad bertutur dengan sya'irnya "Ruh sesuatu yang dikabarkan tentangnya, maka kita menahan diri berbicara tentangnya. Maksudnya Hakikat ruh adalah An Nafs (jiwa yang berada dalam batin) yang tidak dikabarkan oleh Nabi Shalallahu Alaihi Wasallam tentangnya, sekalipun beliau ditanya mengenai ini karena tidak ada turun perintah untuk menjelaskannya".

Allah berfirman:

ويسألونك عن الروح.
قل الروح من أمر ربي
Artinya: " Mereka bertanya padamu (Muhammad) tentang ruh. Katakanlah! Ruh itu termasuk urusanku" (QS. Al Isra' : Ayat 7)

Karenanya, Sesuai adabnya kita menahan diri untuk berbicara tentang ruh, terlebih Nabi Shalallahu Alaihi Wasallam tidak menyatakan tentangnya, lebih banyak adanya membuat kehidupan manusia, sebagaimana dikatakan Al Junaid "Ruh adalah sesuatu yang ditutup Allah dengan ilmunya dan tidak seorangpun dari hasil pencfitanya mengetahuinya".

Ulama yang membicarakan penjang lebar mengenai hakikat ruh ini berselisih pendapat hingga sampai 1000 Qoul.

Menurut Mayoritas Ulama Kalam : Ruh adalah Jisim yang lembut yang saling tumpang tindih dengan badan, saling tumpang tindih air dengan Gaharu yang menyejukkan. Ruh tidak akan pernah punah (mati) menurut kalangan Ahlussunah. Allah berfirman:

Allah SWT berfirman:

اَللّٰهُ يَتَوَفَّى الْاَنْفُسَ حِيْنَ مَوْتِهَا 
"Allah memegang nyawa (seseorang) pada saat kematiannya 
(QS. Az-Zumar: Ayat 42)

Ayat tersebut menetapkan ketika mati adalah jasadnya. Sedangkan menurut Sekumpulan Ulama bahwa ruh adalah 'Arodh yaitu kehidupan yang terletak dibadan dengan adanya ruh badan menjadi hidup.

Adapun Kalangan Ahli Sufi dan Ahli Filsafat berpendapat bahwa Ruh bukanlah Jisim dan tidak pula 'Arodh tetapi Ruh adalah bagian yang terkecil dari benda yang tidak memihak (berat sebelah) ia bergantung dibadan secara bergantung tersusun lagi bersifat bertahap. Ia tidak termasuk bagian badan dan tidak pula diluar badan.

Dari keterangan diatas hubungan ruh dengan raga bahwa raga tidak bisa berdiri sendiri tanpa ruh karena ruh sebagai pembuat raga hidup, tanpa ruh raga tidak bisa hidup. Dan ketika seseorang dicabut ruhnya raga tidak bisa hidup seperti ketika seseorang baru meninggal.

Demikianlah sekelumit tentang hakikat ruh, dan mana pendapat yang benar jawabnya hanya Allah yang lebih mengetahui kebenarannya, yang jelas terdapat perselisihan pendapat dalam masalah ini dan yang lebih berhati-hati mengikuti pendapat yang tidak membahas secara jauh hakikat ruh ini. Sedangkan pendapat yang mendefinisikannya cukuplah membuat kita tahu dan mendapat ilmu dari Ulama.

Wallahu A'lamu Bis Showaab

Keterangan diatas disarikan beberapa sumber dibawah yang sedikit ditambah dan dikurangi:

Ibarot:

إعانة الطالبين على حل ألفاظ فتح المعين، ١٢٢/٢-١٢٣ المكتبة الشاملة
والموت مفارقة الروح للبدن.
واختلف في حقيقة الروح، فقال أكثر أهل السنة والجماعة الأولى أن نمسك المقال عنها ونكف عن البحث فيها، وأنها مما استأثر الله بعلمه ولم يطلع عليه أحدا من خلقه.
وإليه أشار ابن رسلان في زبده بقوله: والروح ما أخبر عنها المجتبى * * فنمسك المقال عنها أدبا أي أن حقيقة الروح - وهي النفس - لم يخبر عنها المصطفى - صلى الله عليه وسلم -، مع أنه سئل عنها، لعدم نزول الأمر ببيانها.
قال تعالى: * (ويسألونك عن الروح.
قل الروح من أمر ربي) * (1) فنمسك المقال عنها أدبا مع المصطفى - صلى الله عليه وسلم -، ولا نعبر عنها بأكثر من موجود يحيا به الإنسان.
كما قال الجنيد: الروح شئ استأثر الله بعلمه ولم يطلع عليه أحدا من خلقه.
والخائضون فيها اختلفوا على أكثر من ألف قول.
فقال جمهور المتكلمين: هي جسم لطيف مشتبك بالبدن اشتباك الماء بالعود الأخضر، وهو باق لا يفنى عند أهل السنة.
وقوله تعالى: * (الله يتوفى الأنفس حين موتها) * تقديره حين موت أجسادها.
وعند جمع منهم: عرض، وهو الحياة التي صار البدن بوجودها حيا.
وأما الصوفية والفلاسفة فليست عندهم جسما ولا عرضا، بل هو جوهر مجرد غير متحيز، يتعلق بالبدن تعلق التدبير، وليس داخلا فيه ولا خارجا عنه.
_____________
(1) الاسراء: 8

بغية المسترشدين الصحفة ٩٢ الحرمين
والروح جسم لطيف لا يفنى أبدا 

الفقه الإسلامي وأدلته للزحيلي، ١٤٧٢/٢ المكتبة الشاملة
والروح عند جمهور المتكلمين: جسم لطيف مشتبك بالبدن اشتباك الماء بالعود الأخضر، وهو باق لايفنى عند أهل السنة. وقوله تعالى: {الله يتوفى الأنفس حين موتها} [الزمر:39/ 42] تقديره عند موت أجسادها.

Masih berkaitan dengan diatas (hakikat ruh) dan khilafnya, tapi ini ditambah adanya ruh itu sebelum diciptakan jasad atau sesudah diciptakan jasad .

حاشية الجمل على شرح المنهج = فتوحات الوهاب بتوضيح شرح منهج الطلاب، ١٣٩/٢ المكتبة الشاملة
قَوْلُهُ إنَّ الرُّوحَ) بِضَمِّ الرَّاءِ الْمُهْمَلَةِ تُذَكَّرُ وَتُؤَنَّثُ وَهِيَ عِنْدَ الْمُتَكَلِّمِينَ جِسْمٌ لَطِيفٌ مُشْتَبِكٌ بِالْبَدَنِ اشْتِبَاكَ الْمَاءِ بِالْعُودِ الْأَخْضَرِ وَيُقَالُ إنَّهُ سَارٍ فِي الْبَدَنِ كَسَرَيَانِ الْمَاءِ فِي الْعُودِ الْأَخْضَرِ وَهُوَ بَاقٍ لَا يَفْنَى وَعِنْدَ جَمْعٍ مِنْهُمْ أَنَّهُ عَرَضٌ وَهُوَ الْحَيَاةُ الَّتِي صَارَ الْبَدَنُ بِوُجُودِهَا حَيًّا وَعِنْدَ الْفَلَاسِفَةِ أَنَّهُ جَوْهَرٌ مُجَرَّدٌ غَيْرُ مُتَحَيِّزٍ يَتَعَلَّقُ بِالْبَدَنِ تَعَلُّقَ التَّدْبِيرِ لَيْسَ دَاخِلًا فِيهِ وَلَا خَارِجًا عَنْهُ وَهَلْ هِيَ مَوْجُودَةٌ قَبْلَ خَلْقِ الْجَسَدِ أَمْ لَا الْمُعْتَمَدُ الْأَوَّلُ اهـ. بِرْمَاوِيٌّ

Link Diskusi:

Artikel terkait 👇


Komentari

Lebih baru Lebih lama