1341. INILAH SEBAGIAN SUNAH MANDI





Pertanyaan:

سنن الغسل كثيرة منها
١. تعهد المعاطف اي الاماكن التي يخش عدم وصول الماء اليها 
٢. ان لا ينقص ماؤه عن صاع 
٣. ان يغتسل في محل لا يناله فيه الرشاش
Mohon untuk di tarjim. N di jlaskn 
🙏🙏🙏
[Muhammad Faizin]

Jawaban:
>> KAMAL
Kesunahan mandi banyak di antaranya, 1 meperhatikan lempitan"/tempat" yg di hawatirkan tdk kesampaian air, 2 airnya tdk kurang dari satu gantang, 3 mandilah di tempat yg tak terkena semprotan) , mohon luruskan bila ada bhs yg kurang pas

Rosulullah mandinya dgn 1 so'/1 gantang wudu'nya dgn 1 mud itu di gambar ukurannya

>> Ismidar Abdurrahman As-Sanusi
Petikan Ibarot diatas tampaknya si sail mengutip dari Kitab التقريدة السديدة في مسائل الفيدة الصحفة ١٢٠ دار الميراث النبوي الجمهورية اليمنية تريم

Namun demikian, menurut redaksi kitab tersebut tidak seperti disebutkan sail yakni point pertama bukan itu. Mungkin si sail berkesan pembahasan tersebut makanya dipertanyakan itu saja. Mungkin juga selain yang disebutkan sudah paham dan yang disebutkan Belum paham.

Baiklah! Dengan kekurangan yang ada pada saya saya berusaha menjelaskan satu persatu sebagaimana yang dikehendaki si sail.

سنن الغسل كثيرة منها
١. تعهد المعاطف اي الاماكن التي يخش عدم وصول الماء اليها
Artinya : Sunah mandi banyak sekali diantaranya:

1. Memperhatikan lipatan tubuh, yang dimaksud yaitu tempat-tempat dari anggota tubuh yang dikhawatirkan tidak sampai air kepadanya.

Diantara sunahnya mandi memperhatikan betul lipatan tubuh yakni menjaga jangan sampai anggota itu tidak kena air ketika mandi. Yang dimaksud lipatan tubuh ialah lekuk tubuh yang sulit terkena Air atau bagian tubuh yang terlihat dari tepi seperti lipatan perut yaitu garis yang ada di perut, rasanya tahu dan paham. Saya mau fotoin disini banyak yang non mahram gak boleh lagian malu sebab perut saya dan umumnya tubuh saya item, tapi gak seperti item arang kuali 😁. Demikian pula lipatan pada ketiak dan telinga. Harus dijaga betul lipatan yang realitanya tertutupi dan sulit kena air. Lipatan telinga menjadi sunah yang ditekankan untuk diperhatikan ketika mandi, karenanya Kalau perlu ambil air pakai tangan dan air ini diletakkan pada lipatan telinga dengan pelan.

Hal tersebut diatas dinilai sunah, dan bukan Suatu kewajiban sebab meratakan air ketika mandi cukup dengan prasangka kuat, tidak mesti melihat secara jelas.

٢. ان لا ينقص ماؤه عن صاع 
Artinya: 2. Tidak mengurangi air mandi dari satu Sho'

Ketika mandi wajib sunah air yang dibuat mandi seukuran satu Sho', ini sunah bahkan banyak dijelaskan Baginda Nabi Shalallahu Alaihi Wasallam beliau mandi wajib dengan air banyaknya seukuran satu Sho'. Adapun maksudnya dibincangkan para Ulama. Namun, bila mengurangi dari ukuran satu Sho' atau lebih dari ukuran itu maka dianggap cukup. Sedangkan sikap yang tanpa berlebihan bisa ditambah atau dikurangi sesuai kebutuhan ketika mandi. Misalnya, kalau sekiranya sudah cukup sudah cukupkan jangan ditambah karena makruh mandi berlebihan menggunakan air. Juga kalau dianggap kurang misalnya, air belum cukup meratakan pada seluruh tubuh maka ditambah seperlunya.


٣. ان يغتسل في محل لا يناله فيه الرشاش
Artinya: 3. Mandi pada tempat yang terhindarnya percikan air

Maksud sunah orang yang mandi agar mandinya pada tempat yang sekiranya percikan air mandinya kembali pada wadah air karena akan menyebabkan bercampurnya air pada wadah dengan air percikan tadi. Karena ini menurut Syeikh Syarqowi sunah mandi itu berdiri dan tidak duduk karena dengan berdiri bisa terhindar dari percikan air.

Demikian penjelasan yang dapat saya sampaikan, kalau terdapat salah tolong diperbaiki atau dikoreksi.

Wallahu A'lamu Bis Showaab

Ibarot penyokong penjelasan 👇

إعانة الطالبين على حل ألفاظ فتح المعين، ٩٤/١ المكتبة الشاملة
قوله: فتعهد معاطف) أي ثم بعد الوضوء سن تعهد معاطفه، وهي ما فيه انعطاف والتواء، كطيات بطن وكإبط وأذن.
ويتأكد التعهد في الأذن فيأخذ كفا من ماء ويضع الأذن عليه برفق.
قال في التحفة: وإنما لم يجب ذلك حيث ظن وصوله إليها لأن التعميم الواجب يكتفي فيه بغلبة الظن.
اه.

شرح المقدمة الحضرمية المسمى بشرى الكريم بشرح مسائل التعليم، صفحة ١٣٤ المكتبة الشاملة
وأن لا ينقص ماؤه عن صاع) في معتدل خلقة؛ لأنه صلى الله عليه وسلم: (كان يغتسل بصاعٍ) فإن نقص أو أسبغ .. كفى، وأما غير المعتدل .. فيزيد وينقص بحسب حاله.

حاشية الشرقاوي على تحفة الطلاب ج ١ ص ١٦٩ دار الكتب العلميه بيروت لبنان
قوله : (وكونه بمحل) لم يقل وان يجلس على موضع مرتفع كما عبر به في الباب للإشارة إلى أنه يندب أن يغسل قائما، لأنه أبعد عن رشاش الماء عليه بخلاف تعبير الباب فإنه يوهم ندبه جالسا، وليس كذلك.

Link Diskusi:

Komentari

Lebih baru Lebih lama