Pertanyaan:
Assalamualaikum
Pertanyaan sepele tapi bermakna tuk'ku
Bagaimana hukumnya
Jika Puasa hanya menahan lapar&haus.tapi emosi,marah,nafsu birahi tidak dijaga?
apa masuk kategori diet/puasa yg sia²...
maaf sebenta lagi romadhon.jadi saya ingin puasa yg berkualitas bukan keberpura²an yg tidak diberkati Azza wajjala.
terima kasih
[Ratu Ainy]
Jawaban:
Wa'alaikumussalam Warahmatullahi Wabarakatuh
Puasa yang sebenarnya puasa tidak hanya Menahan diri dari makan, minum dan perkara yang membatalkan puasa saja. Tetapi lebih dari itu, menahan diri serta menjaga dari perbuatan yang membuat gugurnya pahala ibadah puasa, sehingga bila pahala puasa sudah gugur maka seolah-olah ia tidak sedang puasa. Artinya puasa yang ia lakukan hanya sebatas Menahan lapar dan haus saja.
Perbuatan yang menghilangkan puasa ini banyak diantaranya melakukan perbuatan yang haram, seperti berlaku dusta, ghibah, melihat yang diharamkan sehingga menimbulkan birahi seperti melihat Aurat orang lain, dsb, emosi, dan lain sebagainya. Perbuatan-perbuatan ini bila dilakukan tidak membatalkan puasa menurut Madzhab Syafi'i tapi hanya menggugurkan pahala ibadah puasa. Hal ini sebagaimana disebutkan dalam hadits:
ليس الصيام من الأكل والشرب فقط، الصيام من اللغو والرفث.
Artinya: Puasa bukan dari makan dan minum saja, puasa dari perbuatan sia-sia dan kotor. (HR. Al Hakim)
من لم يدع قول الزور والعمل به فليس لله حاجة في أن يدع طعامه وشرابه
Artinya: Barangsiapa yang tidak meninggalkan ucapan dusta dan berbuat dusta, maka Allah tidak peduli ia meninggalkan makan dan minumnya . (HR. Bukhari)
Hadits tersebut diatas menunjukkan orang yang berpuasa meninggalkan perbuatan atau perkataan sia-sia dan jelek. Ini bukan berarti melakukannya membatalkan puasa tapi memperoleh puasa yang sebenarnya meninggalkan Itu semua. Meskipun ada pendapat yang mengatakan melakukan perbuatan dan perkataan haram atau dosa membatalkan puasa seperti pendapat Al Auza'i berdasarkan hadits:
خمس يفطرن الصائم الكذب والغيبة والنميمة واليمين الكاذبة والنظر بشهوة
Artinya: Lima perkara yang membatalkan orang yang berpuasa ; dusta, ghibah, adu domba, sumpah palsu dan melihat dengan syahwat.
Tapi sayang hadits tersebut tidak Shahih tapi batil. Dan juga dengan diqiyaskan dengan memakai pakaian curian ketika shalat membatalkan shalat, demikian puasa. Meskipun demikian, menurut Imam Al Adzro'i dari kalangan Syafi'iyah melakukan kemaksiatan atau perbuatan haram tetap mendapatkan pahala puasa kendatipun berdosa pelakunya. Tapi pendapat kebanyakan Ulama Syafi'iyah tidak seperti pendapat beliau. Yang menyebutkan melakukan perbuatan dosa ketika berpuasa menggugurkan pahala ibadah puasa. Oleh karena itu, supaya ibadah puasa bernilai hendaknya kita menjaga puasa kita bukan hanya dari makan, minum dan perkara yang membatalkan puasa juga perkara yang mengugurkan pahala puasa agar puasa kita tidak sia-sia dan demi menghindari pendapat Ulama yang mengatakan melakukan Itu semua membatalkan puasa.
Wallahu A'lam
Ibarot :
إعانة الطالبين على حل ألفاظ فتح المعين ٢٨٢/٢
قوله: ومما يتأكد للصائم الخ) أي من حيث الصوم، فلا ينافي ذلك وجوب الكف عن ذلك من حيثية أخرى، فإذا كف لسانه عن ذلك يثاب عليه ثوابين: واجبا - من حيث وجوب صون اللسان عن المحرمات - ومندوبا - من حيث الصوم - وإذا لم يكف لسانه عن ذلك - بأن اغتاب مثلا - حصل الإثم المرتب على الغيبة في نفسها، للوعيد الشديد عليها، وحصل بمخالفته أمر الندب بتنزيه الصوم عن ذلك إحباط ثواب الصوم زيادة على ذلك الإثم.
وإنما عبروا بالندب تنبيها على أنه لا يبطل بفعله أصل الصوم، إذ لو عبروا بالوجوب لتوهم منه عدم صحة الصوم معه - كالاستقاءة ونحوها -.
(وقوله: كف اللسان عن كل محرم) أي منعه عنه، وحفظه منه.
(قوله: ككذب وغيبة) تمثيل للمحرم، والكذب: هو الإخبار بما يخالف الواقع.
والغيبة: هي ذكرك أخاك المسلم بما يكره، ولو بما فيه، ولو بحضرته.
وهي من الكبائر: في حق أهل العلم وحملة القرآن.
ومن الصغائر: في حق غيرهم.
وقد يجبان - كالكذب - لإنقاذ مظلوم، وذكر عيب نحو خاطب، وهذان لا يتأكد كف اللسان عنهما - لوجوبهما.
(قوله: ومشاتمة) المراد بها أصل الفعل: أي الشتم، وهو والسب بمعنى واحد، وهو مشافهة الغير بما يكره، وإن لم يكن فيه حد: كيا أحمق، يا ظالم.
والقذف أخص منهما، إذ هو الرمي بما يوجب الحد غالبا.
(قوله: لأنه محبط للأجر) أي لأن المحرم من الكذب، والغيبة، والمشاتمة، وغيرها، محبط لثواب الصوم.
(قوله: كما صرحوا به) أي بإحباطه للأجر فقط.
(قوله: ودلت عليه الأخبار الصحيحة) منها: خبر الحاكم في صحيحه: ليس الصيام من الأكل والشرب فقط، الصيام من اللغو والرفث.
وخبر البخاري: من لم يدع قول الزور والعمل به فليس لله حاجة أن يدع طعامه وشرابه.
والمراد أن كمال الصوم إنما يكون بصيانته عن اللغو والكلام الردئ، لا أن الصوم يبطل بهما.
قال في التحفة.
وخبر: خمس يفطرن الصائم: الغيبة، والنميمة، والكذب، والقبلة، واليمين الفاجرة باطل - كما في المجموع.
اه.
(قوله: وبه يرد) أي بما ذكر من تصريحهم ودلالة الأخبار.
ونص الشافعي بإحباط الأجر بذلك: يرد بحث الأذرعي حصول الأجر، وعليه إثم المعصية.
(قوله: وقال بعضهم) هو الأوزاعي - كما في التحفة.
(وقوله: يبطل أصل صومه) أي لظاهر الحديث المار وهو: خمس يفطرن الخ.
(قوله: وهو قياس) أي بطلان أصل الصوم قياس مذهب الإمام أحمد في الصلاة في المغصوب، فإنها تبطل عنده فيه.
(Dijawab oleh : Ismidar Abdurrahman As-Sanusi)
Link Diskusi: