1372. FIQIH THOHAROH : PERBEDAAN MUKHOLIT DAN MUJAAWIR


Pertanyaan:
Assalamualaikum 
ijin bertanya apa perbedaan mukholit dan mujawir?
[Hemat-Hemat]

Jawaban:
Wa'alaikumussalam Warahmatullahi Wabarakatuh

Diantara pembagian air yang berubah dengan benda suci ada istilahnya Mukhalit/Mukholit (مخالط) dan ada istilahnya Mujaawir (مجاور). Karena itu kalau ada yang bertanya "Apa perbedaannya antara air Mukhalit dan Mujaawir?". Jawabnya tidak ada pembagian kedua air tersebut. Tapi kalau pada pembagian air yang berubah ada kedua istilah tersebut.

Adapun istilah Mukhalit dalam pembahasan Air yang berubah oleh suatu benda adalah suatu benda yang tercampur pada suatu air dan tidak bisa dibedakan dengan mata telanjang. Tapi menurut satu pendapat, Mukhalit ialah sesuatu yang masuk pada air dan tidak mungkin dipisahkan. Sebenarnya kedua pengertian itu satu arti. Contohnya kopi, teh, dan sebagainya. Ketika benda ini mencampuri air maka tidak bisa dibedakan lagi mana air biasa dan mana kopi misalnya, tetapi ketika bercampur ia dinamakan kopi sehingga tidak bisa dipisahkan dzat kopi dan dzat air. Sedangkan istilah Mujaawir adalah benda yang mencampuri air tapi benda itu tidak larut didalam air, bisa dibedakan mana dzat air dan mana dzat yang mencampuri air, atau menurut sebagian pendapat masih mungkin untuk dipisahkan antara dzat air dan yang mencampurinya. Contohnya, minyak,kayu, biji-bijian, lumut dan sebagainya. Yang mana ketika benda ini masih bisa dibedakan dan bisa dipisahkan dengan dzat air serta tidak merubah status kemutlakan air secara mutlak seperti masih layak disebut air. Seperti tidak sampai disebut air kecuali dzat yang mencampurinya seperti air rebusan gandum dan sebagainya. Hematnya Mukhalit ialah benda yang mencampuri air dan merubah status air sedangkan Mujaawir adalah benda yang menjadi pendamping air. Wallahu A'lam

Ibarot :

إعانة الطالبين على حل ألفاظ فتح المعين ج ١ ص ٣٩-٤٠
(بخليط) أي مخالطا للماء، وهو ما لا يتميز في رأي العين (طاهر) وقد (غني) الماء (عنه) كزعفران، وثمر شجر نبت قرب الماء، وورق طرح ثم تفتت، لا تراب وملح ماء وإن طرحا فيه.
ولا يضر تغير لا يمنع الاسم لقلته ولو احتمالا، بأن شك أهو كثير أو قليل.
وخرج بقولي بخليط المجاور، وهو ما يتميز للناظر، كعود ودهن ولو مطيبين، ومنه البخور وإن كثر وظهر نحو ريحه، خلافا لجمع.
ومنه أيضا ماء أغلي فيه نحو بر وتمر حيث لم يعلم انفصال عين فيه مخالطة، بأن لم يصل إلى حد بحيث له اسم آخر كالمرقة، ولو شك في شئ أمخالط هو أم مجاور، له حكم المجاور.
...(قوله: وهو) أي الخليط.
(قوله: ما لا يتميز في رأي العين) أي الشئ الذي لا يرى متميزا عن الماء.
وقيل: هو الذي لا يمكن فصله.
-الى أن قال- (قوله: المجاور وهو ما يتميز للناظر) وقيل إنه ما يمكن فصله.
وقيل فيه وفي المخالط: المتبع العرف.

حاشية الباجوري على ابن قاسم الغزي ج ١ ص ٦١
قوله (عن الطاهر المجاور له) أي عن التغير بالطاهر المجاور للماء وهو ما يمكن فصله أو ما يتميز في رأي العين كدهن ولو مائعا وعود سواء كانا مطيبين أو لا. والكلام في المجاور الذي لا يتحلل منه شيء وإلا فهو من المخالط وذلك كالزبيب والعرقسوس والكتان، وبهذا تعلم أن ماء مبلات الكتان غير طهور وقد وهم من أدعى طهوريته بل قد يصير أسود منتنا.

(Dijawab oleh: Ismidar Abdurrahman As-Sanusi)

Link Diskusi:

Komentari

Lebih baru Lebih lama