Pertanyaan:
sya pernah melankasanakan witir (witir di luar bln romadhon) d tambah qunut(karna pernah mendengar bahwa boleh di tambah qunut),, nah apakah saya berdosa yai..?? ma'lum awwam..
[Nazzar]
Jawaban:
Tidak ada anjuran melakukan qunut pada shalat witir dan juga shalat yang lain selain pada shalat shubuh, kecuali pada shalat witir pada separuh (pertengahan bulan Ramadhan mulai dari tanggal 16). Karena itu, melakukan qunut pada shalat witir di luar bulan Ramadhan dan atau bukan pada separuh kedua bulan Ramadhan hukumnya makruh (Tidak disukai tapi tidak haram/berdosa) kecuali qunut Nazilah, seperti Suatu tempat ada terkena semacam wabah maka pada shalat melakukan qunut dengan harapan dihilangkan semacam wabah tersebut.
Meskipun demikian, ada pendapat dalam Madzhab Syafi'i yang merinci permasalahan qunut selain pada shalat witir pertengahan kedua yaitu merupakan pendapat Imam Romli yakni bila membaca qunut pada tempat yang tidak dianjurkan qunut seperti keterangan diatas dan membacanya lama pada i'tidal bila dilakukan dengan sengaja dan tahu keharamannya batal shalatnya dan bila tidak lama atau karena tidak tahu tidak batal tapi Makruh. Namun, Ulama Syafi'iyah yang lain mengatakan tidak ada perbedaan antara lama atau tidak tetap makruh dan tidak sampai haram. Dengan berpijak pada pendapat yang hanya mengatakan makruh saja maka sunah Sujud sahwi.
Oleh karena itu, lakukan ibadah berdasarkan ilmu dan jangan dibuat² dan hendaknya sebelum berbuat tanyakan dulu pada ahlinya.
Dasar Keterangan :
فلو قنت في غير النصف الأخير من رمضان أو تركه في النصف الأخير منه كره ذلك وسجد للسهو
“Apabila seseorang melakukan qunut selain pada pertengahan akhir pekan Ramadhan atau meninggalkannya pada pertengahan akhir Ramadhan dihukumi Makruh dan sujud sahwi”
[Hasyiyah Al Bajuri Ala Ibn Qosim I/164]
ويكره في النصف الاول، كبقية السنة.
(قوله: ويكره) أي القنوت.
(قوله: كبقية السنة) أي ككراهته في اعتدال آخر الوتر بقية السنة، ولا يحرم وإن طال.
ولا تبطل به الصلاة عند ابن حجر.
“Dan dimakruhkan qunut pada pertengahan awal Ramadhan seperti disisa tahun yang lain.
(Keterangan Pengarang "Dan dimakruhkan") artinya qunut
(Keterangan Pengarang "Seperti disisa tahun yang lain") artinya makruh melakukan qunut pada I'tidal akhir witir disisa tahun yang lain (selain Ramadhan), tidak haram meskipun panjang dan tidak membatalkan shalat menurut Ibn Hajar”
[Hasyiyah I'aanah at Thoolibiin I/158]
قَالَ الرَّافِعِيُّ وَظَاهِرُ كَلَامِ الشَّافِعِيِّ رَحِمَهُ اللَّهُ كَرَاهَةُ الْقُنُوتِ فِي غَيْرِ النِّصْفِ الْآخَرِ مِنْ رَمَضَانَ قَالَ وَلَوْ تَرَكَ الْقُنُوتَ فِي مَوْضِعٍ اسْتَحَبَّهُ سَجَدَ لِلسَّهْوِ وَلَوْ قَنَتَ حَيْثُ لَا يَسْتَحِبُّهُ سَجَدَ لِلسَّهْوِ وَحَكَى الرُّويَانِيُّ وَجْهًا أَنَّهُ يَقْنُتُ فِي جَمِيعِ السَّنَةِ بِلَا كَرَاهَةٍ وَلَا يَسْجُدُ لِلسَّهْوِ لِتَرْكِهِ مِنْ غَيْرِ النِّصْفِ الْآخَرِ مِنْ رَمَضَانَ قَالَ وَهَذَا حَسَنٌ وَهُوَ اخْتِيَارُ مَشَايِخِ طَبَرِسْتَانَ
“Berkata Rofi'i dan Zohir perkataan Imam Syafi'i Rahimahullah: Makruh qunut pada selain pertengahan akhir Ramadhan. Beliau berkata: Jika meninggalkan qunut pada tempat yang dianjurkan membacanya sujud sahwi. Ruyaani menceritakan satu wajah (pendapat) yaitu berqunut pada sepanjang tahun tanpa kemakruhan dan tidak perlu sujud sahwi karena meninggalkannya Selain pertengahan akhir Ramadhan, ia berkata: Ini Bagus. Inilah yang menjadi pilihan para Masyayikh Thobaristaan”
[Al Majmuu' Syarh al Muhadzdzab IV/15]
(فَرْعٌ)
لَوْ قَنَتَ فِي غَيْرِ النِّصْفِ الثَّانِي مِنْ رَمَضَانَ سَجَدَ لِلسَّهْوِ وَلَوْ تَعَمَّدَهُ لَمْ يَبْطُلْ وَلَكِنَّهُ مَكْرُوهٌ ذَكَرَهُ الرَّافِعِيُّ فِي صَلَاةِ الْجَمَاعَةِ
“(Cabang Bahasan) Apabila seseorang melakukan qunut selain pada pertengahan kedua bulan Ramadhan sujud sahwi walaupun dengan sengaja tidak membatalkan shalatnya akan tetapi makruh, inilah yang dituturkan Rofi'i pada shalat Jama'ah”
[Asnaa Al Mathoolib I/188]
~~~~~~~
وَعِبَارَةُ أَصْلِهِ هُنَا شَرْحُ م ر وَيُنْدَبُ الْقُنُوتُ آخِرَ وِتْرِهِ أَيْ: آخِرَ مَا يَقَعُ وِتْرًا فَشَمِلَ ذَلِكَ مَنْ أَوْتَرَ بِرَكْعَةٍ وَاحِدَةٍ فِي النِّصْفِ الثَّانِي مِنْ رَمَضَانَ وَقِيلَ كُلَّ السَّنَةِ لِإِطْلَاقِ مَا مَرَّ فِي قُنُوتِ الصُّبْحِ وَعَلَى الْأَوَّلِ لَوْ قَنَتَ فِيهِ فِي غَيْرِ النِّصْفِ الْمَذْكُورِ وَلَمْ يَطُلْ بِهِ الِاعْتِدَالُ كُرِهَ وَيَسْجُدُ لِلسَّهْوِ وَإِنْ طَالَ بِهِ وَهُوَ عَامِدٌ عَالِمٌ بِالتَّحْرِيمِ بَطَلَتْ صَلَاتُهُ وَإِلَّا فَلَا وَيَسْجُدُ لِلسَّهْوِ وَهُوَ كَقُنُوتِ الصُّبْحِ فِي لَفْظِهِ وَمَحَلِّهِ وَالْجَهْرِ بِهِ وَاقْتِضَاءِ السُّجُودِ بِتَرْكِهِ وَرَفْعِ الْيَدَيْنِ فِيهِ وَغَيْرِ ذَلِكَ مِمَّا مَرَّ انْتَهَتْ.
[Hasyiyah Al Jamal Ala Syarh al Manhaj I/485]
قَوْلُ الْمَتْنِ (فِي النِّصْفِ الثَّانِي إلَخْ) لَوْ فَاتَ وِتْرُ النِّصْفِ الثَّانِي مِنْ رَمَضَانَ فَقَضَاهُ نَهَارًا أَوْ فِي غَيْرِ رَمَضَانَ يَنْبَغِي أَنْ يَقْنُتَ؛ لِأَنَّ الْقَضَاءَ يَحْكِي الْأَدَاءَ سم (قَوْلُهُ: وَعَلَى الْأَوَّلِ) هُوَ قَوْلُ الْمُصَنِّفِ فِي النِّصْفِ الثَّانِي مِنْ رَمَضَانَ ع ش (قَوْلُهُ: يُكْرَهُ ذَلِكَ) أَيْ الْقُنُوتُ فِي غَيْرِ النِّصْفِ مُغْنِي (قَوْلُهُ: وَقَضِيَّتُهُ) أَيْ قَضِيَّةُ إطْلَاقِهِمْ كَرَاهَةَ الْقُنُوتِ فِي غَيْرِ النِّصْفِ (قَوْلُهُ: وَمَرَّ ثَمَّ مَا يُوَافِقُهُ) عِبَارَتُهُ هُنَاكَ فِي شَرْحِ: وَيُنْدَبُ الْقُنُوتُ فِي سَائِرِ الْمَكْتُوبَاتِ لِلنَّازِلَةِ إلَخْ أَمَّا غَيْرُ الْمَكْتُوبَاتِ كَالْجِنَازَةِ فَيُكْرَهُ فِيهَا مُطْلَقًا لِبِنَائِهَا عَلَى التَّخْفِيفِ، وَالْمَنْذُورَةُ وَالنَّافِلَةُ الَّتِي يُسَنُّ فِيهَا الْجَمَاعَةُ وَغَيْرُهُمَا لَا يُسَنُّ فِيهَا ثُمَّ إنْ قَنَتَ فِيهَا لِنَازِلَةٍ لَمْ يُكْرَهْ وَإِلَّا كُرِهَ وَقَوْلُ جَمْعٍ يَحْرُمُ وَيَبْطُلُ فِي النَّازِلَةِ ضَعِيفٌ وَكَذَا قَوْلُ بَعْضِهِمْ يَبْطُلُ إنْ طَالَ لِإِطْلَاقِهِمْ كَرَاهَةَ الْقُنُوتِ فِي الْفَرَائِضِ وَغَيْرِهَا لِغَيْرِ النَّازِلَةِ لِمُقْتَضَى أَنَّهُ لَا فَرْقَ بَيْنَ طَوِيلِهِ وَقَصِيرِهِ وَفِي الْأُمِّ مَا يُصَرِّحُ بِذَلِكَ وَمِنْ ثَمَّ لَمَّا سَاقَهُ بَعْضُهُمْ قَالَ وَفِيهِ رَدٌّ عَلَى الرِّيمِيِّ وَغَيْرِهِ فِي قَوْلِهِمْ إذَا طَالَ الْقُنُوتُ فِي النَّافِلَةِ بَطَلَتْ مُطْلَقًا انْتَهَتْ اهـ سم
[Hawaasyi as Syarwani Ala at Tuhfah II/230]
Wallahu A'lamu Bis Showaab
(Dijawab oleh: Ismidar Abdurrahman As-Sanusi)
Link Diskusi: