1393. SHALAT TASBIH BERJAMAAH


Pertanyaan:
Assalamualaikum 🙏

Dalam mengerjakan sholat Sunnat Tasbih itu, lebih utama mana...

Utama sendiri ?
Atau utama berjamaah ?
[Oncom Beureum]

Jawaban:
Wa'alaikumussalam Warahmatullahi Wabarakatuh

Shalat sunah tasbih termasuk diantara shalat sunah yang tidak dianjurkan dilakukan secara berjamaah. Namun, bila dilakukan secara berjamaah hukumnya boleh saja dan tidak dimakruhkan, tetapi tidak berpahala ditinjau dari pelaksanaan berjamaah, meskipun berpahala ditinjau dari melakukan shalat sunah tasbih bagi dirinya. Memang benar demikian, tetapi bila ada maksud baik seperti untuk mengajari para musholi maka berpahala; pahala disini ditinjau dari niat menebarkan kebaikan bukan jamaahnya. Kendatipun demikian, hukum melaksanakan shalat sunah yang tidak dianjurkan dilakukan secara berjamaah dihukumi boleh tetapi akan berubah menjadi haram seperti mengganggu orang lain misalnya ada orang tidur dan beribadah atau akan menimbulkan persepsi bahwa shalat tersebut dianjurkan berjamaah maka tidak lagi berpahala bahkan bagi penguasa wajib mencegahnya.

Berdasarkan ulasan diatas maka shalat sunah tasbih lebih utama dilakukan secara sendirian karena shalat sunah tasbih termasuk diantara shalat sunah yang tidak dianjurkan dilakukan secara berjamaah, meskipun begitu boleh dilakukan secara berjamaah dengan persyaratan diatas.

(مسألة : ب ك) : تباح الجماعة في نحو الوتر والتسبيح فلا كراهة في ذلك ولا ثواب ، نعم إن قصد تعليم المصلين وتحريضهم كان له ثواب ، وأي ثواب بالنية الحسنة ، فكما يباح الجهر في موضع الإسرار الذي هو مكروه للتعليم فأولى ما أصله الإباحة ، وكما يثاب في المباحات إذا قصد بها القربة كالتقوّي بالأكل على الطاعة ،

هذا إذا لم يقترن بذلك محذور ، كنحو إيذاء أو اعتقاد العامة مشروعية الجماعة وإلا فلا ثواب بل يحرم ويمنع منها.
“(Masalah : Ba' Kaf) Diperbolehkan mengerjakan shalat witir dan shalat tasbih dengan berjamaah. Hukumnya tidak makruh namun juga tidak berpahala. Betul, kalau tujuannya adalah mengajari dan memotivasi untuk melakukan shalat tersebut ada pahalanya, pahala karena adanya niat yang baik. Sebagaimana diperbolehkan shalat sirriyyah dikerjakan dengan suara keras jika dalam rangka mengajar padahal hukum asal jahr dalam shalat sir adalah makruh. Jika yang makruh itu bisa menjadi mubah bila dalam rangka pengajaran maka apalagi yang hukum dasarnya adalah mubah. Sebagaimana aktivitas mubah itu bernilai pahala manakala diniatkan untuk mendekatkan diri kepada Allah semisal makan dengan niat agar bisa kuat menjalankan ketaatan. Ini semua bila tidak ada bersamaan terdapat resiko (bahaya) semacam menyakiti atau memberi persepsi (kesan) kepada umum shalat tersebut dianjurkan berjamaah, jika tidak maka tidak berpahala bahkan haram dan dilarang”
[Bughyah al Mustarsyidiin Halaman 67, Cet. Al Haromain]

تتمة : وفى فتاوى الكردى رحمه الله تعالى ليست صلاة التسبيح من النفل الذى تشرع فيه الجماعة لكن مذهب الشافعى رضي الله عنه أن النفل الذى تشرع الجماعة فيه تسن الجماعة فيه ويثاب عليها زما لا فلا ولا يحصل فيه ثواب الجماعة لعدم مشروعيتها فيه ولكن ثواب النفل نفسه يحصل ولا ينقص منه شيء وليست الجماعة فيه مكروهة إذ لا يوجد فى مذهب الشافعى نقل تكره الجماعة فيه كما هو مقرر بل ان انضم إلى فعلها جماعة فصدا لتعليم العوام كان نورا على نور وأطال إلى أن قال نعم إن كان يخاف من فعله إقتداء العوام به فى ذلك واعتقادهم مشروعية الجماعة فى صلاة التسبيح فلا يبعد حينئذ جواز الإنكار بل وحوبه فى حق الأمر

وفي البجيرمي على فتح الوهاب: وذهب سم إلى حصول ثواب الجماعة واعتمد شيخنا ح ف كلام ح ل ونقل ع ش عن سم على حج أنه يثاب عليها، وإن كان الأولى تركها، وهو بعيد اهـ وعبارة ع ش على م ر، واستشكل بأن خلاف الأولى منهي عنه والنهي يقتضي عدم الثواب إلا أن يقال: لم يرد بكونه خلاف الأولى كونه منهيا عنه، بل إنه خلاف الأفضل، أي فيكون في مقابلة فضل. أه‍

كلام البجيرمي رحمه الله، وهو آخر ما تيسرلنا نقله هنا استعجال، ونسأل الله تعالى ان يحول حالنا الى أحسان الأحوال في هذه والمآل.
[Majmu'ah Tsamaan Rasoil Syaafi'iyyah Mufiidah Li Sayyid 'Alawiy as-Saqof Halaman 250, Cet. Daar al Kutub Al 'Ilmiyyah Beirut Lebanon]

Wallahu A'lamu Bis Showaab

(Dijawab oleh: Ismidar Abdurrahman As-Sanusi)

Link Diskusi:

Komentari

Lebih baru Lebih lama