1392. KETENTUAN WAJIB IMSAK BAGI YANG MEMBATALKAN PUASA DISIANG HARI RAMADHAN


Pertanyaan:
Assalaamu Alaikum

Mohon jawabannya para Yai dan Ustadz,
Apakah Imsak itu Wajib pula bagi yg membatalkan puasa karna Musaafir?

Terima kasih... 🙏
[Rafie El Muchtar]

Jawaban:
Wa'alaikumussalam Warahmatullahi Wabarakatuh

Imsak (menahan diri) dari semacam makan dan minum hukumnya wajib bagi orang yang membatalkan puasa tanpa ada udzur. Sedangkan bila ada udzur seperti orang sakit dan sembuh pada siang hari dan juga bagi musafir yang muqim disiang hari, serta wanita haid yang suci disiang hari Ramadhan, sedangkan ia sudah membatalkan puasa maka tidak wajib imsak tapi disunahkan.

Dengan demikian, musafir yang sudah membatalkan puasa disiang hari Ramadhan tidak wajib imsak tapi disunahkan demi menghormati waktu puasa.

(و) يجب (إمساك) عن مفطر (فيه) أي رمضان فقط، دون نحو نذر وقضاء، (إن أفطر بغير عذر) من مرض أو سفر، (أو بغلط) كمن أكل ظانا بقاء الليل، أو نسي تبييت النية، أو أفطر يوم الشك وبان من رمضان، لحرمة الوقت.
... وندب إمساك لمريض شفي، ومسافر قدم أثناء النهار مفطرا، وحائض طهرت أثناءه
قوله: إن أفطر بغير عذر) قيد في وجوب الإمساك وخرج به ما إذا كان بعذر فلا يجب عليه الإمساك.
نعم، يسن له إذا زال العذر - كما سيذكره.
(قوله: من مرض أو سفر) بيان للعذر.
“Dan diwajibkan imsak dari yang membatalkan puasa, artinya puasa Ramadhan saja bukan semacam puasa Nadzar dan qodho jika membatalkannya tanpa udzur sakit atau safar (bepergian) atau sebab kekeliruan seperti menyangka masih malam lalu makan atau lupa berniat dimalam hari atau berbuka pada hari Syak dan seperti dari hari Ramadhan karena menghormati waktu... Disunahkan imsak bagi orang sakit sembuh, musafir yang muqim pada siang hari dimana dia sudah membatalkan puasa dan wanita haid sudah suci pada siang hari Ramadhan.

(Keterangan Pengarang: "Jika membatalkannya tanpa udzur") ini dibatasi wajibnya imsak dan dikecualikan bila Maka tidak wajib imsak dengan udzur. Memang benar demikian! 
Disunahkan baginya imsak saat hilangnya udzur sebagaimana akan diterangkan pengarang.

(Keterangan Pengarang "Seperti sakit dan safar") ini menerangkan macam-macam udzur tersebut”.
[I'aanah at Thoolibiin II/269]

 (وَيَلْزَمُ) الْإِمْسَاكُ (مَنْ تَعَدَّى بِالْفِطْرِ) عُقُوبَةً لَهُ وَمُعَارَضَةً لِتَقْصِيرِهِ، وَالْمُرَادُ بِالْفِطْرِ الْفِطْرُ الشَّرْعِيُّ فَيَشْمَلُ الْمُرْتَدَّ (أَوْ نَسِيَ النِّيَّةَ) مِنْ اللَّيْلِ لِأَنَّ نِسْيَانَهُ يُشْعِرُ بِتَرْكِ الِاهْتِمَامِ بِأَمْرِ الْعِبَادَةِ فَهُوَ ضَرْبُ تَقْصِيرٍ (لَا مُسَافِرًا وَمَرِيضًا زَالَ عُذْرُهُمَا بَعْدَ الْفِطْرِ) بِأَنْ أَكَلَا: أَيْ لَا يَلْزَمُهُمَا الْإِمْسَاكُ لَكِنْ يُنْدَبُ لِحُرْمَةِ الْوَقْتِ، فَإِنْ أَكَلَا فَلِيُخْفِيَاهُ كَيْ لَا يَتَعَرَّضَا لِلتُّهْمَةِ وَعُقُوبَةِ السُّلْطَانِ كَمَا مَرَّ (وَلَوْ زَالَ) عُذْرُهُمَا (قَبْلَ أَنْ يَأْكُلَا وَلَمْ يَنْوِيَا فَكَذَا فِي الْمَذْهَبِ) أَيْ لَا يَلْزَمُهُمَا الْإِمْسَاكُ لِأَنَّ تَارِكَ النِّيَّةِ مُفْطِرٌ حَقِيقَةً فَكَانَ كَمَا لَوْ أَكَلَ.
[Nihaayah Al Muhtaaj III/188]

Wallahu A'lamu Bis Showaab

(Dijawab oleh: Ismidar Abdurrahman As-Sanusi)

Link Diskusi:

Komentari

Lebih baru Lebih lama