1399. HUKUM RUQYAH


Pertanyaan:
Assalamualaikum.aku cm mau tau hukum ruqiyah itu apa pak?? Soalnya katanya aku pernah denger2 org yg meminta di ruqiyah gak punya kesempatan masuk surga tanpa hisab.apa yg diruqiyah tp tdk meminta diruqiyah jg demikian?? Soalnya aku pernah diruqiyah😐.tp aku gak minta (itu pas acara disekolah biasanya kalo mau ujian)🙏🏻 terimakasih...
[Mawar W]

Jawaban:
Wa'alaikumussalam Warahmatullahi Wabarakatuh

Itulah sulitnya memahami hadits hanya lewat dzohir saja:

إِنَّ الرُّقَى وَالتَّمَائِمَ وَالتِّوَلَةَ شِرْكٌ

“Sesungguhnya ruqyah, jimat dan pengasihan adalah syirik.”(HR. Ahmad)

Kalau orang melakukan ruqyah melakukan kesyirikan sudah barang tentu ia tidak akan masuk surga karena surga memang tidak diperuntukkan bagi orang musyrik. Tetapi makna hadits tersebut bukanlah seperti makna dzohirnya. 

Imam al-Munawi menjelaskan, menggunakan rukyah (kecuali yang syar’iyyah), jimat dan pelet (pengasihan) dianggap syirik sebagaimana dalam redaksi hadits, karena hal-hal di atas yang dikenal di zaman Rasulallah sama dengan yang dikenal pada zaman jahiliyah yaitu ruqyah (yang tidak syar’iyyah), jimat dan pengasihan yang mengandung syirik. Atau dalam hadits, Rasulallah menganggap rukqah adalah syirik karena menggunakan barang-barang tersebut berarti pemakainya mengi’tikadkan bahwa benda-benda itu mempunyai pengaruh (ta’tsir) yang bisa menjadikan syirik kepada Allah.

Imam ath-Thayyibi menanggapi hadits tersebut bahwa yang dimaksudkan dengan syirik pada hadits di atas adalah mengi’tikadkan bahwa jimat tersebut mempunyai kekuatan dan bisa mempengaruhi (kekuatan merubah sesuatu) dan itu jelas-jelas bertentangan dengan ke-tawakkal-an.

Nah, kalau ruqyah yang syar'i maka tidak ada alasan mengharamkan apalagi syirik. Ruqyah yang syar'i itu seperti menggunakan Ayat Al-Qur'an untuk kesembuhan, kalau dilandasi keyakinan Allah yang menyembuhkan tidak terlarang bahkan masyru' (Disyariatkan/disunahkan). Bahkan Praktek ruqyah sudah terjadi pada zaman Nabi dan para sahabat, apakah mereka pembuat kemusyrikan. Sebagian haditsnya haditsnya dikutip Imam Nawawi dalam kitab Al Adzkaar:

387 - وروينا في " صحيح البخاري " عن أنس رضي الله عنه، أنه قال لثابت رحمه الله: ألا أرقيك برُقْيَة رسول الله صلى الله عليه وسلم؟ قال: بلى، قال: " اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ، مُذْهِبَ البأسِ، اشْفِ أنْتَ الشَّافِي، لا شافِيَ إِلاَّ أَنْتَ، شِفاءً لا يُغادِرُ سَقَماً ".
قلت: معنى لا يغادر: لا يترك، والبأس: الشدّة والمرض.

Kami meriwayatkan dalam Shahih Bukhari dari Anas Radhiallahu Anhu ia berkata kepada Ṡābit -raḥimahullāh-, "Maukah engkau aku ruqyah dengan ruqyah Rasulullah -ṣallallāhu 'alaihi wa sallam-?" Ia menjawab, "Ya." Anas mengucapkan, "Ya Allah! Pemelihara manusia, penghilang kesusahan, sembuhkanlah. Engkaulah Maha Penyembuh, tidak ada penyembuh kecuali Engkau, kesembuhan yang tidak meninggalkan penyakit."
[Al Adzkaar Li an Nawawi halaman 134]

Oleh karena itu, hukum ruqyah boleh bila memenuhi syarat:
• Ruqyah yang dibaca diketahui maknanya
• Menggunakan Ayat Al Qur'an dan doa-doa yang diperbolehkan Islam
• Tidak berkeyakinan Sebab ruqyah menjadi penyembuh tapi Allah Taala sedangkan ruqyah hanya perantara.

Bila sesuai syarat tersebut orang yang meruqyah dan minta diruqyah tidak ada alasan tidak masuk surga asal memperbuat seperti orang muslim lainnya. Tapi bila sebaliknya, yakni tidak sesuai syarat diatas maka tidak boleh bahkan menjadi kufur bila berkeyakinan hanya ruqyah semata yang menyembuhkan atau menimbulkan pengaruh dan tidak ada keyakinan campur tangan Allah. Berarti orang ini tidak pernah masuk surga karena surga tidak diberikan bagi orang musyrik. Wallahu A'lam

Ibarot :

فيض القدير، ٣٤١/٢
2002 - (إن الرقى) أي التي لا يفهم معناها إلا التعوذ بالقرآن ونحوه فإنه محمود ممدوح (والتمائم) جمع تميمة وأصلها خرزات تعلقها العرب على رأس الولد لدفع العين توسعوا فيها فسموا بها كل عوذة (والتولة) بكسر التاء وفتح الواو كعنبة ما يحبب المرأة إلى الرجل من السحر (شرك) أي من الشرك سماها شركا لأن المتعارف منها في عهده ما كان معهودا في الجاهلية وكان مشتملا على ما يتضمن الشرك أو لأن اتخاذها يدل على اعتقاد تأثيرها ويفضي إلى الشرك ذكره القاضي. وقال الطيبي رحمه الله: المراد بالشرك اعتقاد أن ذلك سبب قوي وله تأثير وذلك ينافي التوكل والانخراط في زمرة الذين لا يسترقون ولا يتطيرون وعلى ربهم يتوكلون لأن العرب كانت تعتقد تأثيرها وتقصد بها دفع المقادير المكتوبة عليهم فطلبوا دفع الأذى من غير الله تعالى وهكذا كان اعتقاد الجاهلية فلا يدخل في ذلك ما كان بأسماء الله -[343]- وكلامه ولا من علقها بذكر تبركا الله عالما أنه لا كاشف إلا الله فلا بأس به
(حم د هـ ك هب) في الطب عن ابن مسعود قال الحاكم صحيح وأقره الذهبي


دليل الفالحين لطرق رياض الصالحين، ٣٧٨/٦
برقية) بضم الراء وسكون القاف اسم للمرة من الرقي وجمعها رقي كمدية ومدى كذا في «المصباح» . وفي «فتح الباري» الرقى بضم الراء وبالقاف مقصور جمع رقية بسكون القاف، يقال رقي بالفتح في الماضي يرقى بالكسر في المستقبل، واسترقى فلان طلب الرقية والجمع بغير همز وهو بمعنى التعويذ بالذال المعجمة (رسول الله) أي بما كان يرقى به. قال القرطبي: فيه دليل على جواز الرقية من كل الآلام وأنه كان أمراً فاشياً معلوماً بينهم. وفي «فتح الباري» أجمع العلماء على جواز الرقى عند اجتماع ثلاثة شروط أن يكون بكلام الله تعالى أو بأسمائه أو بصفاته وباللسان العربي أو بما يعرف معناه من غيره وأن يعتقد أن الرقية لا تؤثر بذاتها بل بتقدير الله تعالى. واختلفوا في كون الأخير شرطاً والراجح أنه لا بد من اعتبار الشروط الثلاثة. وقال الربيع: سألت الشافعي عن الرقي فقال: لا بأس أن يرقي بكتاب الله أو بما يعرف من ذكر الله.

الفتوحات الربانية على الأذكار النواوية، ٤١/٤
وفيه مسائل، الأولى فيه التصريح بأن الفاتحة رقية ويستحب أن يرقى بها على اللديغ ونحوه من أصحاب العاهات وتقدم كلام القاضي عياض في ذلك وحكم الرقية أنها إن كانت من كلام
الكفار أو من الرقى المجهولة أو الشيء بغير العربية أو ما لا يعرف معناها فهي المذمومة لاحتمال أن معناها كفر أو قريب منه أما في الرقي بآيات الكتاب العزيز والأذكار المعروفة فلا نهي فيها بل هو سنة ولهذا يجمع بين أحاديث ذم الرقى وأحاديث طلبها ومنهم من قال في الجمع بين ذلك أن المدح في ترك الرقى للأفضلية وبيان التوكل والذي في فعل الرقي والإذن فيها لبيان الجواز مع إن تركها أفضل ولهذا قال ابن عبد البر عمن حكاه قال المصنف والمختار الأول وقد نقلوا الإجماع على جواز الرقى بالآيات وأذكار الله تعالى قال الإمام المازري جميع الرقى جائزة إذا كانت بكتاب الله تعالى أو بذكره ومنهي عنها إذا كانت باللغة العجمية أو بما لا يدري معناه ولم يرد من طريق صحيح لجواز أن يكن فيه كفر واختلف في رقية أهل الكتاب فجوزها الصديق رضي الله عنه وكرهها مالك خوفًا أن يكون مما بدلوه ثم شرط الرقية مع ما ذكر ألا يعتقد أن الرقية تؤثر بذاتها بل بتقدير الله سبحانه

(Dijawab oleh: Ismidar Abdurrahman As-Sanusi)

Link Diskusi:

Komentari

Lebih baru Lebih lama