1446. AQIDAH : TEMPAT AHLI FATROH DAN ORANG GILA DI AKHIRAT



Pertanyaan:
Maaf kiayi saya mau bertanya 
1.jika seseorang ada di zaman fatroh apakah mereka akan di hisab?

2.apakah orang yg gila sblm tamyiz akan di hisab? Dan jikalau dia gila nya setelah tamyiz apakah begitu juga🙏🏻
[Irfan Kurniawan]

Jawaban:
1. Menurut pendapat saya kuat (Rojih) Orang yang mati pada masa Fatroh (kekosongan risalah nabi) berada pada tempat yang selamat di akhirat, dalam arti mereka tidak dianggap kafir dan tidak kafir seperti orang tua Nabi Shalallahu Alaihi Wasallam dan orang tua Nabi yang lain, termasuk orang tua Nabi Ibrahim. Sedangkan Azar bukanlah ayah nabi Ibrahim tapi pamannya. Beliau memanggil dengan panggilan ayah mengikuti adat (kebiasaan) orang Arab yang memanggil paman mereka dengan panggilan ayah.

2. Orang gila sebelum Aqil (berakal sehat) dan terus begitu sampai meninggal maka ia tidak terkena beban hukum syariat dan matinya sebagaimana anak kecil yaitu selamat Dari siksa. Berbeda halnya, orang gila sudah sampai masa Aqil (berakal sehat) seperti sudah baligh maka tidak dikategorikan orang selamat. Tapi, sebagaimana akidah Kaum Ahlussunah Wal Jama'ah bahwa orang yang berdosa dan mati dalam keadaan tersebut dihukum dulu di neraka baru kemudian setelah tuntas hukumannya baru dimasukkan ke surga. Hukum ini juga sama bagi orang yang mabuk.

Wallahu A'lam

Ibarot:


تحفة المريد إلى جوهر التوحيد صحـ ٣٨ دار الكتب العلميه بيروت لبنان
تنبيه: إذا علمت أن أهل الفترة ناجون على الراجح علمت أن أبويه ﷺ ناجيان لكونهما من أهل الفترة ، بل جميع أبائه ﷺ وأماته ناجون ومحكوم بإيمانهم  لم يدخلهم كفر ولا رجس ولا عيب ولا شيء كما كان عليه الجاهلية بأدلة عقلية ،  كقوله تعالى (وَتَقَلُّبَكَ فِي السَّجِدِي ن ْ) [الشعراء : الآية ٢١٩] وقوله ﷺ : لم أزل أنتقل من الأصلاب الطاهرات إلى الأرحام الذاكيات ، وغير ذلك من الاحاديث مبلغ التواتر البالغة . وأما أزر فكان عمّ إبراهيم وإنما دعاه بالأب لأن عادة العرب تدعو العم بالأب.

تحفة المريد إلى جوهر التوحيد للشيخ الباجوري ٣٨ صحـ دار الكتب العلمية بيروت لبنان 
وخرج بالعاقل المجنون فليس مكلف وكذا السكران غير المتعدى بخلاف المتعدى ولكن محل ذلك ان بلغ مجنونا او سكران واستمر ذلك حتى مات بخلاف ما لو بلغ عاقلا ثم جن او سكر وكان غير مؤمن ومات كذلك فهو غير ناج

(Dijawab oleh: Ismidar Abdurrahman As-Sanusi)

Link Diskusi:

Komentari

Lebih baru Lebih lama