Sumber Gambar Brilio.net
Pertanyaan:
>> Nurul Fadhila
Afwan ustadz semua..
Saya mau tanya lagi nih..
1. Tolong kasi tau saya para ustadz, kenapa sholat yg lima waktu, namanya shubuh zhuhur ashar maghrib isya..
2. Dan kenapa raka'at nya bisa seperti sekarang ini..
3. Lalu siapa yg pertama melakukan sholat pada pertanyaan no.1 tersebut..
🙏🏻
🙏🏻
Jawaban:
>> Ismidar Abdurrahman As-Sanusi
1. - Shalat Dzuhur
الظُّهْرُ) أَيْ صَلَاتُهُ قَالَ النَّوَوِيُّ سُمِّيَتْ بِذَلِكَ لِأَنَّهَا ظَاهِرَةٌ وَسَطَ النَّهَارِ.
Dzuhur, maksudnya shalatnya. Imam an Nawawi berkata, sholat ini disebut dengan Dzuhur karena sesungguhnya sholat ini nampak jelas di tengah hari.
- Shalat Ashar
(وَالْعَصْرُ) أَيْ صَلَاتُهُ وَسُمِّيَتْ بِذَلِكَ لُمَعَاصَرَتِهَا وَقْتَ الْغُرُوْب
Ashar, maksudnya sholat Ashar. Disebut dengan sholat Ashar, karena pelaksanaannya mendekati waktu terbenamnya matahar.
- Maghrib
(وَالْمَغْرِبُ) أَيْ صَلَاتُهَا وَسُمِّيَتْ بِذَلِكَ لِفَعْلِهَا وَقْتَ الْغُرُوْبِ
Maghrib, maksudnya sholat Maghrib. Disebut dengan sholat Maghrib karena dikerjakan saat waktu terbenamnya matahari.
- Shalat Isya'
(وَالْعِشَاءُ) بِكَسْرِ الْعَيْنِ مَمْدُوْدًا اسْمٌ لِأَوَّلِ الظُّلَامِ وَسُمِّيَتِ الصَّلَاةُ بِذَلِكَ لِفِعْلِهَا فِيْهِ
Dan sholat Isya. Isya dengan terbaca kasroh huruf ainnya adalah nama bagi permulaan petang. Sholat ini disebut dengan nama tersebut karena dikerjakan pada awal petang.
- Shubuh
(وَالصُّبْحُ) أَيْ صَلَاتُهُ وَهُوَ لُغَةً أَوَّلُ النَّهَارِ وَسُمِّيَتِ الصَّلَاةُ بِذَلِكَ لِفِعْلِهَا فِيْ أَوَّلِهِ
Subuh, maksudnya sholat Subuh. Secara bahasa, Subuh memiliki arti permulaan siang (pagi). Disebut demikian karena dikerjakan di permulaan siang (pagi).
[Fathul Qorib Al Mujib]
2. وحكمة كون الصبح ركعتين بقاء كسل النوم وحكمة كون كل من الظهر والعصر أربعا توفر النشاط عندهما وحكمة كون المغرب ثلاثا الإشارة عل أنها وتر النهار، وحكمة كون العشاء أربعا جبر نقص الليل عن النهار إذ فيه فرضان وفي النهار ثلاثة وأيضا فقد جعل الله للملائكة أجنحة مثنى وثلاثا ورباع فتتوصل بها إلى الملأ الأعلى فجعل سبحانه وتعلى للآدميين الصلوات مثنى وثلاثا ورباع كأجنحة الملائكة فيتوصلون بها إلى الله تعالى
Hikmah Shalat Shubuh 2 raka'at karena masih ada rasa malas disebabkan tidur, hikmah Shalat Dzuhur/Ashar 4 raka'at karena masih ada semangat diwaktu ini, hikmah shalat maghrib 3 raka'at karena maghrib itu witirnya siang, hikmah shalat Isya 4 raka'at karena tambalan kekurangannya malam dari siang sebab malam cuma ada 1 fardhu sedangkan siang ada 2 fardhu. Dan Allah telah menjadikan malaikat-Malaikat-Nya mempunyai sayap 2-2,3-3 dan 4-4 yang dengan sayap2 itu mereka bisa sampai ke maqom yang tinggi, maka Allah menjadikan manusia sholat dengan 2 atau 3 atau 4 roka'at supaya dengan sholatnya itu manusia pun bisa sampai kepada Allah SWT.
[Hasyiyah Al Bajuri I/120, Cet. Nurul Ilmi Surabaya]
وتخصيص كل بصلاة في وقت من هذه الأوقات لعله لكونه قبلت فيه توبته، أو حصلت فيه نعمة.
وحكمة كون
الصبح ركعتين بقاء كسل النوم.
وحكمة كون كل من الظهر والعصر أربعا توفر النشاط عندهما.
وحكمة كون المغرب ثلاثا الإشارة إلى أنها وتر النهار.
وحكمة كون العشاء أربعا جبر نقص الليل عن النهار، إذ فيه فرضان وفي النهار ثلاثة
[I'aanah at Thoolibiin I/118, Cet. Nurul Ilmi Surabaya]
3. (قوله: ولم تجتمع هذه الخمس لغير نبينا محمد) أي بل كانت متفرقة في الأنبياء.
فالصبح
صلاة آدم، والظهر صلاة داود، والعصر صلاة سليمان، والمغرب صلاة يعقوب، والعشاء صلاة يونس، كما سيذكره الشارح في مبحث أوقات الصلاة عن الرافعي.
“(Keterangan Pengarang "Dan tidak dikumpulkan shalat lima waktu selain Nabi kita Muhammad") artinya tetapi terpisah pada para Nabi.
- Shalat Shubuh Shalat Nabi Adam
- Shalat Dzuhur shalat Nabi Daud
- Shalat Ashar shalat Nabi Sulaiman
- Shalat Maghrib Shalat Nabi Ya'qub
- Shalat Isya' shalat Nabi Yunus.
Sebagaimana akan disebutkan dalam keterangan Pengarang pada pembahasan Waktu Sholat dari Imam Rofi'i”.
[I'aanah at Thoolibiin I/21, Cet. Nurul Ilmi Surabaya]
فقد ورد أن الصبح كانت لآدم والظهر لداود والعصر لسليمان والمغرب ليعقوب والعشاء ليونس ذكره الرافعي واسمه عبد الكريم في شرح مسند الشافعي وهو مجلدان ضخمان
[Hasyiyah Al Bajuri Ala Ibn Qosim I/120, Cet. Nurul Ilmi Surabaya
Wallahu A'lamu Bis Showaab
>> kabeurangan
Bujairimi juz 1 hal 380
حِكْمَةُ كَوْنِ الصُّبْحِ رَكْعَتَيْنِ بَقَاءُ كَسَلِ النَّوْمِ وَالْعَصْرَيْنِ أَيْ الظُّهْرُ وَالْعَصْرُ أَرْبَعًا تَوَفُّرُ النَّشَاطِ عِنْدَهُمَا بِمُعَانَاةِ الْأَسْبَابِ وَالْمَغْرِبُ ثَلَاثًا؛ لِأَنَّهَا وِتْرُ النَّهَارِ وَلَمْ تَكُنْ وَاحِدَةً؛ لِأَنَّهَا بُتَيْرَاءُ تَصْغِيرُ بَتْرَاءَ مِنْ الْبَتْرِ وَهُوَ الْقَطْعُ، وَأُلْحِقَتْ الْعِشَاءُ بِالْعَصْرَيْنِ لِيَنْجَبِرَ نَقْصُ اللَّيْلِ عَنْ النَّهَارِ، إذْ فِيهِ فَرْضَانِ وَفِي النَّهَارِ ثَلَاثَةٌ لِكَوْنِ النَّفْسِ عَلَى الْحَرَكَةِ فِيهِ أَقْوَى.
Artinya: “Alasan mengapa Subuh berjumlah 2 rakaat adalah karena di waktu ini (pada umumnya) orang-orang masih malas dan letih, sebab baru bangun tidur. Adapun Dzuhur dan Asar dilaksanakan dengan 4 rakaat adalah karena di waktu ini orang-orang pada rajin (tenaganya pun masih bugar). 3 rakaat di Maghrib, karena ini adalah witirnya waktu siang. Sedangkan alasan Isya’ mendapat 4 rakaat sendiri adalah karena sholat ‘Isya berfungsi sebagai penambal kekurangan-kekurangan yang ada di waktu malam, karena di waktu ini terdapat 2 sholat yang diwajibkan. Sedangkan di waktu siang, ada 3 sholat, sebab pada waktu ini anggota tubuh itu lebih energik untuk dipakai beribadah.”
>> Auliya
Nambahin ibaroh dikit🙏🏻
Hasyiyah Al-Bujairomi Alal Khotib, Juz : 1 Hal : 380
حكمة كون الصبح ركعتين بقاء كسل النوم والعصرين أي الظهر والعصر أربعاً توفر النشاط عندهما بمعاناة الأسباب والمغرب ثلاثاً لأنها وتر النهار ولم تكن واحدة لأنها بتيراء تصغير بتراء من البتر وهو القطع ، وألحقت العشاء بالعصرين لينجبر نقص الليل عن النهار ، إذ فيه فرضان وفي النهار ثلاثة لكون النفس على الحركة فيه أقوى
Hikmatut Tasyri' Wa Falsafatuhu, Juz : 1 Hal : 85
وقد قيل في هذالموضوع ما معناه : إن الشارع الحكيم فرض الصبح ركعتين لأن في هذاالوقت لم يكن نشطا فيكفيه ركعتان, وفي الظهر أربع لأنه في هذاالوقت يكون قدذهب عنه الكسل, وكذلك الأمر في العصر وفرض ثلاثا في صلاة المغرب لأنها وتر النهار كما ورد في الحديث الشريف, ولما كان المرء في العشاء خاليا من الأعمال والأشغال عادة فرض عليه أربعا
Link Diskusi: