1567. BATASAN USIA MENCEGAH ORANG LEWAT DI DEPAN MUSHOLLI

Sumber gambar: pabrik jam masjid

Pertanyaan:
Assalamualaikum ustadz ustadzah mohon jawabannya

Kalau sholat jamaah dimasjid, biasa ada aja ibu² yang bawa anaknya umur antara 3-5 tahun, jadi di shaf wanita itu anak bukannya ikut sholat malah lari² lewat pas di tempat sujud kita.

Pertanyaannya

Berapakah batasan umur anak yang lewat di tempat sujud kita yang wajib kita halang? Kadang suka ragu² antara mau halangin atau tidak, jadi kadang kami biarin aja tu anak lari² lewat ditempat sujud kita🙏🏻🙏🏻🙏🏻

Mohon jawabannya
[Al Faqir]

Jawaban:
Wa'alaikumussalam Warahmatullahi Wabarakatuh

Terjadi khilaf Antara Syeikh Ibn Hajar dengan Imam Romli tentang mencegah orang yang hendak lewat di depan musholli itu. Menurut Syekh Ibn Hajar bila pelakunya sudah mukallaf. Berpijak pada pendapat ini dan ditinjau dari definisi mukallaf Itu sendiri maka tidak dicegah orang lewat kalau dia belum baligh seperti masih anak-anak. Sedangkan menurut Imam Romli tidak membedakan baik pelakunya sudah mukallaf atau belum tetap disunahkan dicegah lewat didepan musholli. Itu semua Kalau orang yang shalat sudah membuat pembatas semacam sejadah atau dinding, Tapi kalau tidak memakai pembatas tentu tidak sunah mencegah orang lewat didepannya. Hukum ini dihukumi Sunah dan tidak Wajib.

Wallahu A'lam

Ibarot :

- Kitab Hasyiyah I'aanah at Thoolibiin Juz 1 halaman 190, Cet. Nurul Ilmi Surabaya

وإذا صلى إلى شئ منها فيسن له ولغيره دفع مار بينه وبين السترة المستوفية للشروط، وقد تعدى بمروره لكونه مكلفا.
(قوله: وإذا صلى إلى شئ منها) أي من الجدار فالعصا فالمصلى فالخط.
(قوله: فيسن له إلخ) وإنما لم يجب على خلاف القياس احتراما للصلاة، لأن وضعها عدم العبث ما أمكن، وتوفير الخشوع، والدفع ولو من غيره قد ينافيه.
اه تحفة.
وقوله: ولغيره أي غير المصلي المتوجه للسترة المذكورة.
وشمل الغير من هو في صلاة وخارجها، وقيده ابن حجر بمن ليس في صلاة.
وقال ع ش: ومفهومه - أي القيد المذكور - أن من في صلاة لا يسن له ذلك.
لكن قضية قول الشارح في كف الشعر وغيره، ويسن لمن رآه كذلك ولو مصليا آخر إلخ، خلافه.
اللهم إلا أن يقال إن دفع المار فيه حركات، فربما يشوش خشوعه بخلاف حل الثوب ونحوه.
اه.
وقوله: دفع مار أي للخبر الصحيح: إذا صلى أحدكم إلى شئ ستره من الناس فأراد أحد أن يجتاز بين يديه فليدفعه، فإن أبى فليقاتله، فإنما هو شيطان.
أي معه شيطان، أو هو شيطان.
قال في النهاية: ويدفع بالتدريج كالصائل، وإن أدى دفعه إلى قتله.
ومحله إذا لم يأت بأفعال كثيرة وإلا بطلت.
وعليه يحمل قولهم: ولا يحل المشي إليه لدفعه لامره - صلى الله عليه وسلم - بذلك.
اه.
وقوله: المستوفية للشروط وهي أن يكون طول ارتفاعها ثلثي ذراع، وأن يكون ما بينه وبين السترة ثلاثة أذرع، وأن تكون على الترتيب المتقدم.
(قوله: وقد تعدى بمروره لكونه مكلفا) هكذا في التحفة، واعتمد م ر أنه لا فرق بين المكلف وغيره لأن هذا من باب دفع الصائل، وهو يدفع مطلقا.
اه.

(Dijawab oleh: Ismidar Abdurrahman As-Sanusi)

Link Diskusi:

Komentari

Lebih baru Lebih lama