1568. HUKUMAN BAGI PELAKU MENYETUBUHI MAYIT DAN LIWATH (HOMO)

Sumber gambar: konsultasi syariah

Pertanyaan:
Ustadz apakah zina dan kena had orang yg menyetubuhi mayit; menyetubuhi hewan spt kerbau dll.dan liwath?
[Kholiq]

Jawaban:
Zina yang mewajibkan di had ialah memasukkan dzakar ke dalam farji wanita yang hidup. Karena itu, bila memasukkan selain farji wanita yang hidup seperti farji Mayit, dan binatang maka pelakunya tidak di had tapi di Ta'dzir. Yaitu hukuman efek jera yang ditegakkan oleh pemimpin setempat supaya pelakunya jera. 

Adapun pelaku Homo maka berpijak pada pendapat yang dijadikan Madzhab dan Mu'tamad dalam Madzhab Syafi'i kena had sebagaimana zina; artinya kalau dia muhshon dirajam dan bagi yang Ghoiru muhshon dijilid (cambuk) dan diasingkan. Sedangkan menurut lawannya mengatakan Dibunuh pelakunya. Adapun praktek membunuhnya ada khilaf kepada tiga pendapat:
• Dibunuh dengan memakai pedang. Inilah pendapat yang paling shahih.
• Dirajam
• Dihentakkan ditembok atau dilemparkan dari tempat yang paling tinggi.

Itu bagi yang melakukan sedangkan bagi korban (yang di ewek😁🤭) juga di had dengan dijilid (cambuk) dan diasingkan bila ia mukallaf serta tidak dipaksa, baik ia seorang lelaki maupun perempuan, baik muhshon atau non muhshon (singgel). Sedangkan bila ia belum mukallaf seperti masih anak-anak dan dipaksa maka tidak di had.

Wallahu A'lam

Ibarot :

- Kitab Hasyiyah I'aanah at Thoolibiin Juz 4 Halaman 143, Cet. Nurul Ilmi Surabaya

(قوله: ولا بإيلاج إلخ) أي ولا حد بإيلاج في فرج بهيمة أو ميت: أي لأنه مما ينفر الطبع عنه فلا يحتاج إلى الزجر عنه.
قال في شرح الروض: لكن يعزر.
اه.
وهذا محترز قوله آدمي حي

- Kitab Hasyiyah Al Bajuri Ala Ibn Qosim Juz 2 halaman 233, Cet. Nurul Ilmi Surabaya

فمن لاط بشخص بأن وطئه في دبره حد على المذهب وهو المعتمد ومقابله أنه يقتل مطلقا.
(قوله فمن لاط بشخص إلخ) تفريع على قول المصنف (كحكم الزنا) بالنسبة للواط.
(قوله بأن وطئه في دبره) تصوير للملوط به.
(قوله حد) أي رجم أن كان محصنا، وجلد وغرب إن كان غير محصن.
(قوله على المذهب) هو المعتمد، ومقابله أنه يقتل مطلقا، وفي كيفية قتله أوجه : أحدها بالسيف، وهو أصحها كما في الروضة، فإنه قال فيها: قلت أصحها بالسيف، والله أعلم. وثانيها بالرجم. وثالثها بهدم جدار عليه أو رميه من شاهق.
هذا كله في الفاعل وأما المفعول به فيجلد ويغرب إن كان مكلفا طائعا سواء كان محصنا أم لا ذكرا أو أنثى فإن كان غير مكلف أو مكرها فلا حد عليه ومهر له

(Dijawab oleh: Ismidar Abdurrahman As-Sanusi)

Link Diskusi:

Komentari

Lebih baru Lebih lama