Sumber gambar: wajibbaca.com
Pertanyaan:
Maaf yai mau tanya apakah niat tayamum sama sprti niat wudhu? Maksudnya niatnya berbarengan saat mengusapkan debu ke muka? Trimakasih
[Embun Kinara Asyafa]
Jawaban:
Niat tayammum seperti halnya niat Wudhu Yaitu wajib Muqorronah (bersamaan) dengan awal yang wajib yaitu mengusapkan debu ke wajah. Adapun prakteknya bahwa wajib membarengkan niat bersamaan dengan memindahkan debu dari tempat untuk diusapkan ke wajah. Jadi pasang niat ketika mau memindahkan debu, disini ada perbedaan sedikit dengan wudhu kalau wudhu niatnya bersamaan dengan sampainya air ke bagian wajah, tidak ketika menyentuh air untuk dikenakan pada wajah.
Adapun permasalahan melanggengkan niat tersebut hingga terbasuh bagian dari wajah terjadi khilaf. Dalam kitab I'aanah menuqil keterangan kitab Tuhfah wajib melanggengkan niat hingga debu mengenai bagian dari wajah. Andaikan niat tersebut putus sebelum debu terusap pada wajah tayammum seperti itu batal. Keterangan Ulama yang mengatakan Batal bilamana niat tersebut putus yakni tidak sampai debu mengenai wajah yaitu antara memindahkan debu dan mengusap.
Pendapat seperti tersebut juga disebutkan dalam kitab Fathul Qorib, hanya saja Syeikh Bajuri dalam Hasyiahnya Ala Ibn Qosim mengatakan pendapat tersebut Dhoif. Beliau menyebutkan bahwa pendapat yang Mu'tamad cukup menghadirkan niat saat mengusap bagian wajah. Andai putus niat antara mengusap wajah dan antara memindah debu maka harus hadir niat pada keduanya (memindah debu dan Mengusap debu ke wajah. Keterangan Ini juga dikutip dalam kitab Tuhfah sebagaimana keterangan dalam kitab I'aanah yaitu merupakan pendapat Abu Khalaf At Thobariy yang Dinuqil sekumpulan Ulama dan menjadikan pedoman atas pendapat tersebut.
Dalam keterangan selanjutnya pendapat tersebut dijadikan sandaran Imam Romli dalam Kitab Nihaayah al Muhtaaj, yang mana beliau mengutip pernyataan dalam kitab Al Muhimmaat yang mengatakan bahwa pendapat yang dikedepankan cukup menghadirkan niat saat memindah debu dan saat mengusap wajah meskipun putus antara keduanya, itulah pendapat yang Mu'tamad.
Untuk itu, dalam membarengkan niat saat tayammum memang wajib tempatnya saat memindahkan debu dan mengusap wajah. Seandainya niat itu putus terjadi khilaf, pendapat yang Mu'tamad mengabsahkan asal saat mengusap wajah masih ada niat tersebut, meskipun pendapat sebagian Ulama seperti keterangan dalam kitab Tuhfah dan Fathul Qorib mewajibkan melanggengkan niat dan tidak boleh putus sampai mengusap wajah dan bila ini terjadi membatalkan tayammum.
Nb:
Dalam kitab Tausyieh malah diperjelas bahwa pendapat yang Mu'tamad dianggap cukup menghadirkan niat saat mengusap wajah karena melanggengkan niat tidak Mu'tabar, andai belum berniat melainkan ketika mengusap wajah sudah dianggap sah.
Wallahu A'lam
Ibarot :
حاشية الباجوري على ابن قاسم الجزء الاول صحـ ٩٤ المكتبة نور العلم سورابايا
ويجب قرن نية التيمم بنقل التراب للوجه واليدين، واستدامة هذه النية إلى مسح شيء من الوجه.
(قوله ويجب قرن نية التيمم بنقل التراب الخ) أي لأنه أول الأركان وإن أسقطه المصنف، والمراد بالنقل تحويل التراب إلى عضو الذي يريد مسحه ولو من الهواء كما مر. ففي قول المحشي والمراد بالنقل وجود النية حال كون التراب على اليدين قبل مس الوجه به تمسح لا يخفى. (قوله واستدامة هذه النية إلى مسح شيء من الوجه) ضعيف، والمعتمد الإكتفاء باستحضارها عند مسح الشيء من الوجه ولو غربت بينه وبين النقل فلا بد من وجودها عندهما، ولذلك يقولون: لها محلان عند النقل وعند المسح ولم يكتف بوجودها عند النقل لأن وإن كان ركنا فهو غير مقصود في نفسه بل وسيلة للمسح والتعبير بالاستدامة في كلامهم جرى على الغالب لأن هذا الزمن يسير لا تغرب فيه النية غالباً.
حاشية إعانة الطالبين الجزء الاول صحـ ٥٧ المكتبة نور العلم سورابايا
وقوله: مقرونة بنقل التراب المراد بالنقل تحويل التراب إلى العضو الذي يريده ولو من الهواء.
ويجب استدامة هذه النية إلى مسح شئ من الوجه، فلو عزبت قبل مسح منه بطلت لأنه المقصود، وما قبله وسيلة وإن كان ركنا.
فعلم من كلامهم بطلانه بعزوبها فيما بين النقل المعتد به والمسح، وهو كذلك، وإن نقل جمع عن أبي خلف الطبري الصحة واعتمده.
اه تحفة.
وقوله: وإن نقل جمع إلخ اعتمده في النهاية، ونصها: قال في المهمات: والمتجه الاكتفاء باستحضارها عندهما - أي عند النقل وعند المسح - وإن عزبت بينهما.
واستشهد له بكلام لأبي خلف الطبري، وهو المعتمد.
والتعبير بالاستدامة - كما قاله الوالد - جري على الغالب لأن الزمن يسير لا تعزب فيه النية غالبا.
اه.
توشيح على ابن قاسم صحفة ٣٣-٣٤ المكتبة فستاك السلام سورابايا
ويجب قرن نية التيمم بنقل التراب للوجه واليدين، واستدامة هذه النية إلى مسح شيء من الوجه.
(ويجب قرن نية التيمم) وهو النية الاستباحة فقط (بنقل التراب للوجه واليدين و) يجب (واستدامة هذه النية إلى مسح شيء من الوجه) والمعتمد الإكتفاء باستحضارها عند مسح الشيء من الوجه، فالاستدامة غير معتبرة، بل لو لم ينو إلا عند إرادة مسح الوجه، أجزاءه ذلك لا ينافيه قولهم يجب قرنها بالنقل، لأن المراد بالنقل هو النقل المعتد به، وهو النقل من اليدين إلى الوجه، وقد اقترنت النية به.
(Dijawab oleh: Ismidar Abdurrahman As-Sanusi)
Link Diskusi: