1582. ANTARA SHOLAWAT DAN SALAM DAN SHOLAWAT TANPA SALAM MANA AFDHOL?

Sumber gambar: BangkitMedia

Pertanyaan:
>> Alfaqiir Basith El Barjanzie
Assalamuaikum wr wb. 
ustdz ijin mau nanya, kira2 yg paling utama diantara 2 lafadz dibawah ini kira2 yg mana. Mksih sebelumnya. Baarokallohufiikum... 🙏

1.Sholallohu 'Alaiih / صلى الله عليه 

2.Sholli Wasallim 'Alaiih / صل وسلم عليه

Jawaban:
Wa'alaikumussalam Warahmatullahi Wabarakatuh

Ulama Syafi'iyah Mutoqoddimin seperti Syeikh Abu Syujaa' menganggap tidak Makruh menyingkat sholawat tanpa salam. Sedangkan Ulama Syafi'iyah Mutaakhirin memakruhkan sholawat tanpa salam, ini pula pendapat yang Dirojihkan Imam Nawawi.

Ulama Mutaakhirin Memakruhkan sholawat tanpa salam dengan Tiga syarat:
1) Dilakukan oleh kita yakni selain Baginda Nabi Shalallahu Alaihi Wasallam, sedangkan bila dilakukan oleh Beliau itu merupakan haknya.

2) Melantunkan Sholawat tanpa salam tersebut selain ada nas syariat menunjukkan memisahkan antara sholawat dan salam. Sedangkan bila ada nas syariat menyebutkannya maka tidak Makruh. Ambil satu contoh: Ketika Membaca Sholawat setelah Tasyahud saat shalat syariat tidak ada menyebutkan sholawat disertai salam sebagaimana diterangkan dalam hadits Sahih tanpa menyebutkan salam setelah sholawat tapi : 'اللهم صل على محمد', bukan 'اللهم صل وسلم على محمد'. Jadi, kalau ada nas syariat menunjukkan sholawat tanpa salam maka tidak makruh.

3) Ketika berhijrah ke Hujratus Syarifah kita mengucapkan salam kepada beliau maka kita lantunkan salam saja seperti: 'السلام عليك يا رسول الله'

Namun, sebagaimana dikutip dari redaksi I'aanah lebih afdhol bersholawat serta salam demi menghindari khilaf Ulama yang memakruhkan sholawat tanpa salam. Wallahu A'lam

Ibarot:

حاشية الباجوري على ابن قاسم الجزء الاول صحـ ١٤ المكتبة نور العلم سورابايا
ولم يأت المصنف بالسلام لكونه من المتقدمين الذين لا يرون كراهة الافراد ورجح النووي ومن تبعه من المتأخرين كراهة الافراد بشروط ثلاثة الاول أن يكون منا بخلاف ما إذا كان منه ﷺ فإنه حقه الثانى أن يكون في غير الوارد أما فيه فلا يكره الافراد الثالث أن يكون من غير داخل حجرة الشريفة أما هو فيقصر على السلام بان يقول بادب وخشوع السلام عليك يا رسول الله فلا يكره في حقه الافراد وقد أتى الشارح بالسلام لكونه من المتأخرين.

إعانة الطالبين على حل ألفاظ فتح المعين الجزء الاول صحـ ١٢ المكتبة نور العلم سورابايا
وجمع بين الصلاة والسلام امتثالا لقوله تعالى: * (يأيها الذين آمنوا صلوا عليه وسلموا تسليما) * وخروجا من كراهة إفراد أحدهما عن الآخر لفظا أو خطا.
وشروط كراهة الإفراد - عند القائل بها - ثلاثة: أن يكون الإفراد منا، فلا يكره ذلك في ثناء الله والملائكة والأنبياء، كقوله تعالى: * (إن الله وملائكته يصلون) * ولم يقل ويسلمون.
وأن يكون في غير ما ورد فيه الإفراد فلا يكره فيما ورد مفردا، كحديث: من قال يوم الجمعة ثمانين مرة: اللهم صل على محمد عبدك ورسولك النبي الأمي، غفر له ذنوب ثمانين سنة.
وأن يكون لغير داخل الحجرة الشريفة.
أما هو فيقول: السلام عليك يا رسول الله، ولا يكره له الاقتصار.

(Dijawab oleh: Ismidar Abdurrahman As-Sanusi)

Link Diskusi:

Komentari

Lebih baru Lebih lama