1643. SHALAT KHAUF SEBAB BINATANG MENGGANGGU

Sumber gambar: fataya.co.id


Pertanyaan:

Assalamu'alaikum
Sholat syidatul khouf zaman sekarang apakah bisa seperti saat tas dibawa kucing/hewan, atau saat ada ular dll... Saya pernah dengar tapi belum pernah baca redaksinya 🤭
[Hanif N]

Jawaban:

Wa'alaikumussalam Warahmatullahi Wabarakatuh

Shalat Khauf boleh dilakukan jika ada hewan buas yang tidak bisa menghindar darinya karena akan membahayakan dirinya. Tapi kalau hewan itu sekiranya tidak membahayakan tidak boleh. 

Memang boleh shalat Khauf sebagaimana pada peristiwa² yang disebutkan tapi Imam Romli tidak membolehkan kecuali memang waktu shalat sudah mepet.

وَله حَاضرا كَانَ أَو مُسَافِرًا صَلَاة شدَّة الْخَوْف فِي كل مُبَاح قتال وهرب كقتال عَادل لباغ وَذي مَال لقاصد أَخذه ظلما وهرب من حريق وسيل وَسبع لَا معدل عَنهُ وغريم لَهُ عِنْد إِعْسَاره وَهَذَا كُله إِن خَافَ فَوت الْوَقْت كَمَا صرح بِهِ ابْن الرّفْعَة وَغَيره
Dan boleh baginya baik sedang dirumah ataupun sedang berpergian shalat syiddatil khauf dalam setiap perang yang mubah dan lari seperti memeranginya seorang yang adil kepada orang dzalim, dan pemilik harta kepada orang yang hendak merampas hartanya secara dzalim, dan lari dari kebakaran dan banjir, dan binatang buas yang tidak ada tempat menghindar darinya, dan orang yang menghutangi untuknya ketika dia miskin/belum mampu untuk membayar.
Dan semua yang tersebut ini diperbolehkan ketika dia khawatir tertinggal waktu shalat.
(Al iqna' juz 1 hal. 171)

التقريدة السديدة في مسائل المفيدة ص ٣٥٥
ويجوز له أن يصلي صلاة شدة الخوف إذا خاف حريقا أو سيلا أو سبعا أو غريما عند الإعسار وخوف حبسه³
_______
٣. لكن الرملي لا يصلي صلاة شدة الخوف إلا عند ضيق الوقت
Dan Tidak diperbolehkan shalat Siddatul Khauf apabila dikhawatirkan kebakaran, banjir, binatang buas dan tenggelam saat mepet dan khawatir menahannya³
________
3. Namun menurut Imam Romli tidak shalat Siddatul Khauf kecuali saat mepet waktu.
[At Taqriidah As Sadiidah Halaman 355]

الرابع: صلاة شدة الخوف، وهو ما ذكره بقوله:
(إذا التحم القتال المباح) ولو مع غير كافر، أو اشتد الخوف بأن لم يأمنوا هجوم العدو (أو هرب هرباً مباحاً من حبس) بغير حق (أو عدو) مسلم أو كافر زاد على ضعفينا (أو) نحو (سبع) كحية وسيل إذا لم يجد عنه معدلاً (أو ذب) ظالماً (عن) نحو (ماله) أو حريمه، أو مال أو حريم غيره .. ففي جميع ذلك لا يجوز له إخراج الصلاة عن وقتها، بل يصلي بالممكن من الأنواع المذكورة بشروطها، ولا إعادة عليه.
لكن صلاة شدة الخوف لا يصليها إلا إن ضاق الوقت عند (م ر)، وهي: أن يصليها كيف أمكن راجلاً أو راكباً ولو في الأثناء إن احتاج إليه.
[Busyrol Kariim II/13]

Wallahu a'lam

(Dijawab oleh: Muhdi dan Ismidar Abdurrahman As-Sanusi)

Link Diskusi:

Komentari

Lebih baru Lebih lama