1642. MAQOSHID SYARIAH

sumber gambar: Gambar: skema maqashid syariʻah ditinjau dari perspektif ...
www.researchgate.net

Pertanyaan:

Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh... Izin bertanya syekh. Mohon penjelasan tentang Makosidussariah yang lima... Terima kasih 🙏🙏🙏
[Intan Aprelita]

Jawaban:
Wa'alaikumussalam Warahmatullahi Wabarakatuh

Maqoshid Syariah 5:
1. Memelihara Agama / akidah

Umpamanya memelihara ibadah dan aneka dalam beragama seperti Dzikir dan sebagainya dan memelihara Agama dari orang yang melecehkan dan mempermalukan atau merendahkan.

2. Memelihara Jiwa / Nyawa / Hak Kehidupan

Umpamanya tidak membunuh kecuali dengan hak dan pandai menjaga jiwa, makan dan minum tidak yang membahayakan dan sebagainya.

3. Memelihara Keturunan / Kehormatan

Umpamanya Mendidik anak-anak kita atau bahkan diri sendiri dari yang merusakkan tatanan keturunan seperti perzinaan dan perselingkuhan yang mana perbuatan demikian merusakkan tatanan keturunan dalam rumah tangga, dan juga memelihara kehormatan dari di injak orang dan setiap yang merusakkan atau menurunkan kehormatan diri.

4. Memelihara Aqal.

Umpamanya menggunakan akal untuk bertindak pada jalan yang benar dalam setiap perbuatan dan khususnya dalam merenungkan penciptaan Allah.

5. Memelihara Harta & Kepemilikan 

Maksudnya memelihara harta dan setiap yang kita miliki yang mana harus benar-benar dari yang halal bukan hasil curian atau perbuatan haram karena harus disadari bahwa semuanya itu diminta pertanggungjawabannya kelak dihadapan Allah Taala.

Itulah Maqoshid Syariah yang mana unsur-unsur tersebut menjadi penting dalam hidup ini kelimanya tidak bisa dipisahkan sebab manusia tidak akan bisa hidup benar secara islami kecuali memenuhi unsur-unsur tersebut diatas.

Wallahu A'lam

Ibarot :

الفقه الإسلامي وأدلته للزحيلي ج ٧ ص ٥٣١٨ المكتبة الشاملة
والدين في تشريع الإسلام أساس نظام الجماعة العام؛ لأن المصالح التي لاحظها الإسلام هي الأصول الخمسة الكلية الضرورية لكل مجتمع، وهي مقاصد الشريعة المعروفة وهي حفظ الدين أو العقيدة، وحفظ النفس (أو حق الحياة) وحفظ العقل وحفظ النسل أو العرض، وحفظ المال والممتلكات، فلا تتوافر الحياة الإنسانية الصحيحة إلا بها.

(Dijawab oleh: Ismidar Abdurrahman As-Sanusi)

Link Diskusi:

Komentari

Lebih baru Lebih lama