Sumber gambar: harapan rakyat
Pertanyaan:
Syech @Ismidar Abdurrahman As-Sa apa bedanya shodaqoh, hibah, infaq dan waqof, 😁🙏
[Izul Khaf]
Jawaban:
1) Shadaqah, Hibah dan Hadiah
Ketiga istilah tersebut sebenarnya satu maksud yaitu suatu pemberian terhadap suatu kepemilikan tanpa minta balasan. Yang membedakan niat atau tujuan pemberi, bila sang pemberi bertujuan memperoleh pahala Akhirat dinamakan shadaqah, bila ada bertujuan memuliakan dinamakan hadiah, sedangkan bila tidak bertujuan selain keduanya dinamakan Hibah
2) Infak
Kata Nafaqoh diambil dari kata Infak yang berarti menyerahkan senilai nafkah kepada orang yang berhak menerimanya. Nafkah ini tidak digunakan selain dalam kebaikan. Atas dasar ini , Nafkah atau infak sifatnya menyerahkan suatu bentuk harta kepada yang berhak menerimanya dengan sebab menimbulkan kebaikan. Untuk membedakan Infak dengan lainnya termasuk Waqaf sebagaimana akan disebutkan dibawah ada niat atau tujuan sebagai Infak. Karena suatu pemberian sebagaimana disebutkan diatas yang membedakan istilah tersebut dengan niat dan tujuan untuk memilih atau bertujuan yang mana.
3. Waqaf
Waqaf menurut bahasa berarti menahan, sedangkan menurut istilah Menahan harta yang dapat dimanfaatkan dalam keadaan barang masih utuh, dengan cara memutus pentasarufannya, guna ditasarufkan kepada hal yang muhah dan badan tertentu (jihah).
Ulama Yang paham dalil dari Al-Qur'an dan Sunnah mengatakan bahwa sedekah jariyah yang dimaksud dalam hadits Nabi adalah Waqaf karena pahalanya senantiasa terus mengalir hingga orang yang berwaqaf sudah tiada. Untuk menentukan jenis Waqaf tentu harus diniatkan untuk tujuan Waqaf atau memenuhi ketentuan Waqaf itu sendiri baru jatuh sebagai Waqaf.
Wallahu A'lam
(Dijawab oleh: Ismidar Abdurrahman As-Sanusi)
Ibarot :
- Kitab Kifaayah Al Akhyaar Juz 1 Halaman 260, Cet. Daar Al Ilmi Surabaya :
اعْلَم أَن التَّمْلِيك بِغَيْر عوض أَن تمحض فِيهِ طلب الثَّوَاب فَهُوَ صَدَقَة وَإِن حمل إِلَى المملك إِكْرَاما وتودداً فَهُوَ هَدِيَّة وَإِلَّا فَهُوَ هبة
- Kitab Al Iqnaa' Li As Syarbini Juz 2 Halaman 85, Cet. Daar Al Ilmi Surabaya :
فَإِن ملك لاحتياج أَو لثواب آخِرة فصدقة أَيْضا أَو نَقله للمتهب إِكْرَاما لَهُ فهدية
- Kitab Hasyiyah I'aanah at Thoolibiin Juz 4 Halaman 59-60, Cet. Nurul Ilmi Surabaya
(قوله: وهو) أي الانفاق.
وقوله الإخراج: أي دفع ما يسمى نفقة لمن يستحقه، ثم إن الانفاق لا يستعمل إلا في الخير: كما إن الاسراف لا يستعمل إلا في غيره.
ومن بلاغات الزمخشري: لا سرف في الخير كما لا خير في السرف.
- Kitab Hasyiyah I'aanah at Thoolibiin Juz 3 Halaman 157-158, Cet. Nurul Ilmi Surabaya :
باب في الوقف هو لغة: الحبس.
وشرعا: حبس مال يمكن الانتفاع به مع بقاء عينه بقطع التصرف في رقبته على مصرف مباح وجهة والاصل فيه: خبر مسلم: إذا مات المسلم انقطع عمله إلا من ثلاث: صدقة جارية، أو علم ينتفع به، أو ولد صالح أي مسلم يدعو له، وحمل العلماء: الصدقة الجارية على الوقف دون نحو الوصية بالمنافع المباحة.
-الى أن قال-
(قوله: وحمل العلماء) أي العارفون بالكتاب والسنة، وورد في الحديث أنه - صلى الله عليه وسلم -: خطب للناس يوما، فقال: يا أيها الناس اتبعوا العلماء، فإنهم سرج الدنيا، ومصابيح الآخرة، وورد ثلاثة تضئ في الأرض لأهل السماء، كما تضئ النجوم في السماء لأهل الأرض، وهي المساجد، وبيت العالم، وبيت حافظ القرآن (قوله: على الوقف) قال في المغني: والصدقة الجارية محمولة عند العلماء على الوقف، كما قاله الرافعي، فإن غيره من الصدقات ليست جارية، بل يملك المتصدق عليه أعيانها ومنافعها ناجزا.
وأما الوصية بالمنافع، وإن شملها الحديث، فهي نادرة، فحمل الصدقة في الحديث على الوقف أولى.
اه.
وقال البجيرمي: ما المانع من حمل الصدقة الجارية على بقية العشرة التي ذكروا أنها لا تنقطع بموت ابن
آدم؟ ولعل الشارح تبرأ من حملها على الوقف بخصوصه بقوله محمولة عند العلماء إشارة إلى أنه يمكن حملها على جميعها.
اه.
(قوله: دون نحو الوصية بالمنافع) أي فإنهم لم يحملوا الصدقة الجارية في الحديث عليها وإن كانت مؤبدة، وقد علمت أنه يكون ذلك نادرا، ويندرج تحت نحو النذر: الهبة، بناء على جوازها في المنافع، فيملكها المتهب، وهذا مبني أيضا على أن ما يوهب منافعه أمانة
Link Diskusi: