1699. SYARAT MEMBACA RUKUN QOULI SAAT SHALAT


Pertanyaan:
Assalamu'alaikum pra guru, izin bertanya...🙏
Kan salah satu rukun sholat itu ada rukun qawli yg mana ada bbrp rukun yg syaratnya harus terdengar oleh telinga si musholi, nah bgimna jika ketika sholat ada suara bising yg keras sehingga si musholi tidak dapat mendengar bacaan yg diucapkannya (bacaan yg termasuk kedalam rukun qawli tsb)? Apakah Sholatnya sah?
[سبيلا]

Jawaban:
Wa'alaikumussalam Warahmatullahi Wabarakatuh

Shalatnya sah asal dia sudah berusaha meninggikan suara sekiranya dirinya mendengar, kalau ternyata ada kendala seperti kebisingan maka shalatnya tetap sah dan tidak wajib memperdengarkan suaranya pada dirinya sendiri yang wajib ia sudah berusaha meninggikan suara, kalau pun tidak juga gak dengar tidak wajib. Hal ini mencakup rukun qouli maupun qouli yang dihukumi sunah untuk meraih sebuah kesunahan. Jadi, Rukun qouli tersebut wajib memperdengarkan suara kepada dirinya sekiranya tidak ada yang menghalangi pendengarannya.

Wallahu A'lam

(Dijawab oleh: Ismidar Abdurrahman As-Sanusi)

Ibarot :

- Kitab Hasyiyah I'aanah at Thoolibiin Juz 1 Halaman 134, Cet. Nurul Ilmi Surabaya :

(ويجب إسماعه) أي التكبير، (نفسه) إن كان صحيح السمع، ولا عارض من نحو لغط.
(كسائر ركن قولي) من الفاتحة والتشهد والسلام.
ويعتبر إسماع المندوب القولي لحصول السنة.
(قوله: ويجب إسماعه) المصدر مضاف إلى مفعوله بعد حذف الفاعل
وقوله: أي التكبير أي جميع حروفه.
وقوله: نفسه مفعول ثان لاسماع.
(قوله: إن كان صحيح السمع) قيد لاشتراط الاسماع، وخرج به ما إذا لم يكن صحيح السمع، بأن كان أصم، فلا يجب عليه ذلك، بل يجب عليه أن يرفع صوته بقدر ما يسمعه لو كان صحيح السمع.
وقوله: ولا عارض أي مانع من الاسماع موجود، فلو كان هناك عارض لم يجب عليه الاسماع ولكن يجب عليه ما مر.
(وقوله: من نحو لغط) بيان للعارض، واللغط ارتفاع الاصوات.
(قوله: كسائر ركن قولي) الكاف للتنظير، أي مثل باقي الاركان القولية، فإنه يجب فيها الاسماع.
وكان الاولى التعبير بصيغة الجمع لا بالمفرد لانه نكرة في سياق الاثبات، وهي لا تعم حينئذ.
وقوله: من الفاتحة إلخ بيان للمضاف أو المضاف إليه.
(قوله: المندوب القولي) أي كالسورة والتشهد الاول والتسبيحات، وغير ذلك.
(قوله: لحصول السنة) متعلق بيعتبر، أي يعتبر ذلك لاجل حصول السنة، فلو لم يسمعه نفسه لا تحصل له السنة

Link Diskusi:


Komentari

Lebih baru Lebih lama