1698. HUKUM MENGGABUNGKAN SHALAT TAHIYYATUL MASJID DENGAN SHALAT SUNAH RAWATIB

Sumber gambar: AyoJalanTerus com


Pertanyaan:
Assalamualaikum izin bertanya, bagaimana hukumnya menggabungkan 2 niat dalam 1 sholat? Contoh: berniat solat tahiyat mesjid dan berniat qobliah subuh dalam 1 takbi ( hanya 2 raka'at sholat nya )
[Hasan basri]

Jawaban:
Wa'alaikumussalam Warahmatullahi Wabarakatuh

Shalat Tahiyyatul Masjid sudah menggugurkan kesunahan bila mengerjakan shalat lainnya seperti mengerjakan shalat Fardhu atau sunah lainnya seperti dipertanyakan. Baik ikut diniati shalat Tahiyyatul Masjid atau tidak. Adapun dari segi pahalanya terjadi Khilaf; Dzohir perkataan Pengikut Syafi'i dan diterangkan Imam Nawawi mendapatkan pahala meskipun tidak diiniatkan menggabung, sedangkan Syeikh Ibnu Hajar menyebutkan kalau mau dapat pahala shalat yang diikutkan mesti harus ikut diniati kalau tidak hanya menggugurkan kesunahan. Syeikh Bajuri memantapkan Qoul pertama. Menurutnya pahala shalat Tahiyyatul Masjid diperoleh jika meniatkannya atau memutlakkan (tanpa berniat) berpijak pada pendapat yang Mu'tamad. Beliau menuqil Qoul sebagian Ulama Syafi'iyah yang menyebutkan bahwa keutamaan shalat Tahiyyatul Masjid dapat diperoleh dengan melakukan shalat fardhu atau shalat sunah meniatkannya atau tidak dan jika tidak berniat gugur kesunahannya.

Lebih lanjut, menurut Syeikh Nawawi al-Bantani shalat Tahiyyatul Masjid dapat diperoleh kesunahannya dengan melakukan shalat fardhu dan sunah yang lain baik meniatkan besertanya atau tidak, bila tidak meniatkannya kehilangan keutamaannya meskipun gugur kesunahannya. Lebih lanjut beliau memberi sebuah kesimpulan bahwa bila meniatkannya memperoleh pahala dengan kesepakatan ulama, sementara bila tidak meniatkannya tidak mendapatkan pahala dengan kesepakatan ulama katanya. Bila memutlakkan tujuannya, seperti hanya shalat doang tanpa ada maksud mau menggabungkan maka mendapatkan pahala berpijak pada pendapat yang Mu'tamad , dan semuanya itu menggugurkan kesunahan.

Secara tidak langsung, Qoul beliau ini sejalan dengan Qoul Syeikh Ibnu Hajar Al Haitami yang menyebutkan kalau tidak berniat menggabungkan shalat Tahiyyatul Masjid tidak dapat pahala meskipun gugur kesunahannya. Ini sejalan dengan Pernyataan Syeikh Sa'id Ba'isyan ketika Mensyarh keterangan Syeikh Ibnu Hajar, berbeda menurut Imam Romli meniatkan Tahiyyatul Masjid atau tidak tetap mendapatkan pahala, ini juga Qaul Syeikh Al Khothiib As Syarbini. Berbeda kalau shalat Tahiyyatul Masjid itu berupa Nadzar maka tidak masuk dengan shalat lain bila digabungkan. Ini juga Qaul Syeikh Syibromalisy. Syekh Bakri Syata Dimyati mengungkapkan bahwa bila tidak berniat ketiiadan shalat Tahiyyatul Masjid maka tidak memperoleh pahala bahkan tidak menggugurkan kesunahan dengan kesepakatan ulama karena adanya pembeda yakni tidak ada maksud shalat Tahiyyatul Masjid yakni hanya ingin shalat sunah yang lain saja umpamanya.

Karena itu, boleh menggabungkan shalat Tahiyyatul Masjid dengan shalat yang lain baik Fardhu maupun sunah meskipun tidak meniatkannya asal ada keinginan menggabungkan dengan shalat yang lain, dan shalat Tahiyyatul Masjid menjadi gugur kesunahannya. Adapun dari segi pahalanya terjadi Khilaf; Menurut Imam Nawawi, Imam Romli, Al Khothiib As Syarbini dan Ulama Syafi'iyah yang lain mendapatkan pahala asal ada maksud menggabungkan meskipun tidak meniatkannya, ini juga menjadi pendapat Syeikh Bajuri. Sedangkan menurut Syeikh Ibn Hajar Al Haitami tidak mendapatkan pahala bila tidak meniatkannya hanya menggugurkan kesunahan saja, pendapat ini selaras dengan pendapat Syeikh Nawawi al-Bantani. Karenanya kalau mau dapat pahala dengan menjaga Khilaf baiknya juga meniatkan untuk menggabungkan shalat Tahiyyatul Masjid dengan shalat yang lain. Terlebih ada kehendak menggabung. Tetapi kalau misalnya hanya shalat sunah doang tetapi tidak ada sama sekali terlintas dalam benak untuk menggabungkan shalat Tahiyyatul Masjid tentu tidak mendapatkan apa-apa, karena yang dinilai shalat yang dikerjakan Itu. Ibarat orang petani seperti saya pergi kerja kelapa tanpa ada kehendak mau bawa air maka yang dinilai tentu kerjaan akan saya lakukan saja karena tidak ada kehendak mau bawa air, begitulah hematnya.

Wallahu A'lam

(Dijawab oleh: Ismidar Abdurrahman As-Sanusi)

Ibarot :

- Kitab Hasyiyah Al Bajuri Ala Ibn Qosim Juz 1 Halaman 135, Cet. Nurul Ilmi Surabaya :

ويحصل له ثواب التحية إن نواها أو أطلق على المعتمد ولذلك قال بعضهم: وفضلها بالفرض و النفل حصل. نويت أو لا وإن نفاها سقط الطلب عنه

- Kitab Nihaayah az Zain Halaman 108, Cet. Pustaka As Salaam Surabaya :

فَلَو أحرم بِرَكْعَتَيْنِ بنية التَّحِيَّة ثمَّ بعد الْفَرَاغ مِنْهُمَا أحرم بِرَكْعَتَيْنِ غَيرهمَا بنية التَّحِيَّة لم تَنْعَقِد الثَّانِيَة وَتحصل بِفَرْض وَنفل آخر سَوَاء نَوَيْت مَعَ ذَلِك أَو لَا نعم إِن نفاها فَاتَ فَضلهَا وَإِن سقط الطّلب
وَالْحَاصِل أَنه إِن نَوَاهَا حصل الثَّوَاب اتِّفَاقًا وَإِن نفاها فَاتَهُ الثَّوَاب اتِّفَاقًا وَإِن أطلق حصل الثَّوَاب على الْمُعْتَمد وَفِي الْجَمِيع يسْقط الطّلب

- Kitab Busyrol Kariim Juz 1 Halaman 116, Cet. Al Haromain :

(وتحصل التحية بفرض أونفل) آخر (هو ركعتان أو أكثر نواها) معه (أو لا)؛ إذ المقصود أن لا تنتهك حرمته بدخوله بلا صلاة فيه، ثم المراد بحصولها بغيرها عند عدم نيتها: سقوط الطلب بذلك.
وتحصل فضيلتها أيضلً إن نواها، وكذا إن لم ينوها عند (م ر)، وكلام المصنف يحتمله، ويحتمل أن المراد بحصولها سقوط الطلب فقط.
نعم؛ إن نفاها .. لا يحصل له فضلها، ولا يسقط طلبها، أو نذرها .. لم تندرج في غيرها.

- Kitab Hasyiyah I'aanah at Thoolibiin Juz 1 Halaman 258, Cet. Nurul Ilmi Surabaya :

وتتأدى ركعتا التحية وما بعدها بركعتين فأكثر من فرض أو نفل آخر، وإن لم ينوها معه، أي يسقط طلبها بذلك.
أما حصول ثوابها فالوجه توقفه على النية، لخبر: إنما الاعمال بالنيات.
كما قاله جمع متأخرون، واعتمده شيخنا.
لكن ظاهر كلام الاصحاب حصول ثوابها وإن لم ينوها معه، وهو مقتضى كلام المجموع.
(قوله: وتتأدى ركعتا التحية إلخ) أي تحصل بذلك لأنها سنن غير مقصودة، بخلاف نية سنة مقصودة مع مثلها أو فرض فلا يصح.
قال ع ش: ينبغي أن محل ذلك - أي حصول ركعتي التحية وغيرها بركعتين - حيث لم ينذرها، وإلا فلا بد من فعلها مستقلة، لأنها بالنذر صارت مقصودة فلا يجمع بينها وبين فرض ولا نفل، ولا تحصل بواحد منهما.
اه.
(وقوله: وما بعدها) الأولى وما بعدهما بضمير التثنية، وهو ركعتا الاستخارة والإحرام والطواف والوضوء.
(وقوله: بركعتين) متعلق بتتأدى، فلا تتأدى بأقل منهما، ولا بصلاة جنازة، ولا بسجدتي تلاوة وشكر.
(وقوله: من فرض أو نفل آخر) بيان لما قبله.
(قوله: وإن لم ينوها معه) غاية لتأدية ركعتي التحية وما بعدهما بما ذكر، أي تتأدى بذلك سواء نوى التحية وما بعدها مع ذلك أم لا.
(قوله: أي
يسقط إلخ) تفسير لقوله وتتأدى إلخ.
والمراد يسقط ما ذكر من غير نيتها.
وقوله: طلبها أي المذكورات من ركعتي التحية وما بعدها.
(وقوله: بذلك) أي بالركعتين فأكثر.
وقوله: أما حصول ثوابها أي المذكورات.
وقوله: فالأوجه توقفه أي حصول الثواب على النية.
(قوله: لخبر: إنما الأعمال بالنيات).
قال سم: قد يقال هذا الحديث يشكل على حصولها بغيرها إذا لم ينوها، ويجاب بأن مفاد الحديث توقف العمل على النية أعم من نيته بخصوصه.
وقد حصلت النية ههنا وإن لم يكن المنوي خصوص التحية.
فتدبر.
اه.
(قوله: واعتمده شيخنا) عبارته: أما حصول ثوابها فالوجه توقفه على النية لحديث: إنما الأعمال بالنيات.
وزعم أن الشارع أقام فعل غيرها مقام فعلها فيحصل وإن لم تنو بعيد، وإن قيل كلام المجموع يقتضيه.
اه.
(قوله: لكن ظاهر الخ) جرى عليه م ر والخطيب، ومحل الخلاف إذا لم ينو عدمها، وإلا فلا يحصل له فضلها، بل لا يسقط عنه طلبها اتفاقا لوجود الصارف.
(قوله: وهو) أي حصول ثوابها وإن لم ينوها.

Link Diskusi:

Komentari

Lebih baru Lebih lama