1697. HUKUM MEMAKAI PAKAIAN BERTULISKAN BAHASA ARAB DAN MEMBAWANYA KE DALAM WC

Sumber gambar: ladunni.id



Pertanyaan:
assalamualaikum guru, bagaimana klo di baju misalkan ada tulisan arabnya spt lapadz sollu,,, trus ke bawa ke WC karna ada hajat ??? apakah boleh ??
[Tajmal]

Jawaban:
Wa'alaikumussalam Warahmatullahi Wabarakatuh

Memakai baju atau pakaian yang didalamnya memuat ayat Al Qur'an ataupun asma Allah dan Rasul yang diagungkan boleh, boleh juga dibawa tidur meskipun dalam keadaan junub.

Namun, bila pakaian tersebut memuat Nama Allah, Nama Rasul, Al Qur'an dan lainnya dari asma-asma yang diagungkan sunah melepasnya ketika masuk ke WC atau tempat buang hajat, bila nekat melakukan itu hukumnya Makruh bahkan ada pendapat yang mewajibkan melepaskan dan tidak boleh membawa masuk WC, dan Imam Al Adzro'i menyebutkan haramnya membawa masuk mushaf dan semisalnya dalam WC. Syekh Al Isnawi menyebutkan akan haramnya membiarkan cincin pada tangan kiri yang memuat muat nama Allah tatkala istinja' bila sampai terkena najis. Jadi, Qoul Imam Adzro'i tersebut yang mengharamkan membawa masuk mushaf dan semisalnya dalam WC dikhawatirkan takut terkena najis.

Kemakruhan tersebut meskipun asma yang diagungkan itu termuat dalam Al Qur'an bisa diberlakukan untuk selain nama yang diagungkan seperti Al Aziz, karena asma ini diberlakukan kepada Allah dan selainnya, sebab ada manusia dinamai dengan asma itu, asal mengarah ke asma yang diagungkan, berbeda bila ditujukan untuk selainnya seperti nama seseorang. Hal ini bisa diketahui dengan tujuan orang yang menulis. Bila bermaksud selain asma yang diagungkan atau tanpa tujuan sama sekali maka tidak Dimakruhkan.

Dari ulasan tersebut dapat dipahami bahwa bila tulisan bahasa Arab Shollu sebenarnya termasuk dari lafadz Al Qur'an yang memerintahkan untuk bersholawat, karenanya Makruh dibawa ke dalam WC, bahkan bisa dihukumi haram bila sampai terkena najis. Sebaiknya lepaskan sebelum masuk WC demi menjaga dari penghinaan terhadap Lafadz Al Qur'an. Wallahu A'lam

(Dijawab oleh: Ismidar Abdurrahman As-Sanusi)

Ibarot :

حاشية الباجوري على ابن قاسم ج ١ ص ١١٧ المكتبة نور العلم سورابيا
ويحل لبس الثياب التي نقش عليها شيئ من القرأن والنوم فيها ولو للجنب

حاشية إعانة الطالبين ج  ١ ص ١٠٩ المكتبة نور العلم سورابيا
وينحي ما عليه معظم، من قرآن واسم نبي أو ملك، ولو مشتركا كعزيز وأحمد إن قصد به معظم.
(قوله: وينحي إلخ) أي ويندب له أن ينحي - أي يزيل منه - الشئ الذي كتب عليه معظم.
وذلك لما صح: أنه - صلى الله عليه وسلم - كان إذا دخل الخلاء وضع خاتمه، وكان نقشه محمد رسول الله، محمد سطر، ورسول سطر، والله سطر.
وفي المغني ما نصه: وهذا الأدب مستحب.
قال ابن الصلاح: وليتهم قالوا بوجوبه.
قال الأذرعي: والمتجه تحريم إدخال المصحف ونحوه الخلاء من غير ضرورة، إجلالا له وتكريما.
اه.
قال الأسنوي: وكلام محاسن الشريعة تحريم بقاء الخاتم الذي
عليه ذكر الله في اليسار حال الاستنجاء وهو ظاهر إذا أفضى ذلك إلى تنجسه.
اه ملخصا.
وينبغي حمل كلام الأذرعي على ما إذا خيف عليه التنجيس.
اه.
(قوله: من قرآن إلخ) بيان للمعظم.
وقوله: ولو مشتركا أي ولو كان اللفظ الدال على المعظم مشتركا، أي يطلق على غيره بطريق الاشتراك، كالعزيز فهو يطلق على الله تعالى وعلى من ولي مصر، وكأحمد فهو يطلق على النبي - صلى الله عليه وسلم - وعلى غيره.
(قوله: إن قصد به) أي بذلك المشترك، معظم.
قال في النهاية: أو قامت قرينة قوية على أنه المراد به.
والأوجه أن العبرة بقصد كاتبه لنفسه أو لغيره متبرعا، وإلا فالمكتوب له.
اه.
وخرج بذلك ما إذا اقصد به غيره أو أطلق، فلا كراهة.

Link Diskusi:

Komentari

Lebih baru Lebih lama