1696. HUKUM MELIHAT WAJAH DAN TELAPAK TANGAN DALAM AGENDA TA'ARUF DAN HIKMAHNYA





Pertanyaan:
[+62 852-6190-5461]

Jawaban:
Sebenarnya ada kesunahan melihat wajah dan telapak tangan perempuan bukan kaitannya dengan Ta'aruf karena memang istilah Ta'aruf tidak dikenal dalam ranah fiqih Syafi'iyah. Yang ada kesunahan melakukan itu bagi mereka yang sudah ber-azam ingin menikahi perempuan tersebut, khususnya sebelum lamaran. Kalau sebelum ini seperti yang disebutkan dalam pertanyaan yaitu Ta'aruf tidak ada kesunahannya bahkan melakukan itu hukumnya haram karena tidak ada hajat sebab terjadinya sebelum ber-azam ingin menikahi. Perhatikan hal ini dan harus diluruskan keyakinan selain ini.

Adapun hikmah seorang lelaki yang sudah ber-azam ingin menikahi perempuan untuk melihat wajah dan kedua telapak tangan karena wajah menjadi ciri paras cantik seorang perempuan, sedangkan Telapak tangan menggambarkan kehalusan badan seorang perempuan. Sebab itulah yang menjadi tujuan dari sisi dunia untuk menikahi seorang perempuan yang banyak dipilih kebanyakan orang. Jarang ada mau menikahi yang peot atau yang kulitnya sudah berkedut pribahasa kami orang Melayu.

Wallahu A'lam

(Dijawab oleh: Ismidar Abdurrahman As-Sanusi)

Ibarot :

- Kitab Hasyiyah I'aanah at Thoolibiin Juz 3 Halaman 257, Cet. Nurul Ilmi Surabaya :

(و) سن (نظر كل) من الزوجين بعد العزم على النكاح وقبل الخطبة (الآخر غير عورة) مقررة في شروط الصلاة.
فينظر من الحرة وجهها ليعرف جمالها، وكفيها ظهرا وبطنا ليعرف خصوبة بدنها.
(قوله: بعد العزم على النكاح) متعلق بسن أو بنظر.
وخرج به ما إذا كان قبل العزم فلا يسن، بل يحرم لأنه لا حاجة إليه قبله -الى أن قال- (قوله: ليعرف جمالها) علة لنظره وجهها (قوله: وكفيها) معطوف على وجهها: أي وينظر كفيها.
وقوله لعيرف خصوبة بدنها: علة له، والخصوبة النعومة.
وفي الخطيب، والحكمة في الاقتصار على الوجه والكفين أن في الوجه ما يستدل به على الجمال، وفي اليدين ما يستدل به على خصب البدن.
اه.
وكتب البجيرمي ما نصه: قد يقال هذه الحكمة توجد في الأمة، فمقتضاها أنه لا ينظر من الأمة إلا الوجه والكفين، كالحرة، للحكمة المذكورة، وأجيب بأن الحكمة لا يلزم اطرادها.
اه.


- Kitab Hasyiyah Al Bajuri Ala Ibn Qosim Juz 2 Halaman 99, Cet. Nurul Ilmi Surabaya :

والحكمة الإختصار عليهما ان الوجه يستدل به على الجمال والكفين يستدل بهما على خصب البدن

Link Diskusi:

Komentari

Lebih baru Lebih lama