048. MENINGGALKAN QUNUT PADA SHALAT SHUBUH, DEFINISI FARDHU KIFAYAH DAN CARA MENGHILANGKAN WAS-WAS


Pertanyaan:
Kepada para Guru" kita semuany ... Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan mohon maaf lahir dan Bathin.. apa bila ada tutur kata yg salah k kata"yg tdk berkenan dihati🙏🙏🙏
Izinkan saya utk bertanya;
1. Bagaimanakah jika terdapat seseorang yg tlh mengikuti Madzhab Imam Syafi'i , namun disetiap melaksanakan sholat subunya tdk membaca kunut..?
2. Apa yg dimaksud / makna dgn Fardhu Kifayah ?
3. Dan bagaimanakah utk menghilangkan rasa was" disetiap istinja, mandi, aktifitas lainnya dan dlm hal ibadah..? 
Mohon pencerahannya para Guru kita semuanya💚💚
Saya ucapkan hatur terima kasih 🙏
Jazaakumullaah Khairan Katsiiran
Baarakallaahu Fiikum Aamiin Yaa Rabbal'Aalamiin 🤲🤲
[Mamah Lilis]

Jawaban:
1. Qunut Subuh dalam pandangan kami (Madzhab Syafi'i) sunah Muakkad. Artinya sunah yang sangat digalakkan, seharusnya dilakukan. Namun, bila seseorang tidak membaca qunut pada shalat shubuh shalatnya sah dan tidak dihukumi batal, baik meninggalkannya karena sengaja maupun karena teledor. Namun sunah melakukan Sujud sahwi. Sujud sahwi ini sunah, seandainya Sujud sahwi pun tidak tetap sah shalatnya.

واعلم أن القنوت مشروع عندنا في الصبح، وهو سنّة مؤكدة، لو تركه لم تبطل صلاتُه، لكن يسجد للسهو سواء تركه عمداً أو سهواً.
“Ketahuilah! Qunut disyariatkan dalam pandangan kami (Madzhab Syafi'i) pada shalat shubuh, yaitu Sunah Muakkad. Jika seseorang Meninggalkannya tidak membatalkan shalatnya, namun sujud sahwi, baik meninggalkannya dengan sengaja maupun karena teledor”
[Al Adzkaar an Nawaawiyyah Halaman 59]

2. Fardhu Kifayah adalah suatu Fardhu yang melibatkan orang banyak, dan bila salah satu dari mereka mengerjakan maka gugur tuntutan yang lain melakukannya, sebaiknya bila tidak ada seorangpun mengerjakannya semua mereka berdosa semuanya. contohnya banyak seperti pengurusan mayit, atau berpijak pada pendapat yang mengatakan shalat jama'ah Fardhu Kifaayah. Ini berbeda dengan Fardhu A'in, Yaitu suatu kewajiban yang mengikat setiap orang muslim melakukannya, bila ia sendiri tidak mengerjakannya maka dirinya berdosa dan tidak menyangkut dosa orang lain dan bila orang lain mengerjakannya maka tidak menggugurkan kewajiban seperti shalat fardhu Lima waktu dan lainnya. Wallahu A'lam

Ibarot :

- Kitab Hasyiyah As Syarqowi Ala At Tahriir :

 قوله وفرض كفاية سمي بذلك لأنه يكفي في سقوط طلبه قيام البعض به فإذا فعله واحد يسقط الجرح عن الباقين.

- Kitab I'aanah at Thoolibiin :

وفرض الكفاية هو عبارة عن كل مهم يقصد حصوله من المكلف من غير نظر بالذات إلى فاعله، فخرج فرض العين، فإنه منظور فيه بالذات إلى فاعله، حيث قصد حصوله من كل مكلف، ولم يكتف فيه بقيام غيره به عنه.
اه بجيرمي.

3. Cara menghilangkan penyakit Was-was:

1. Was-was ketika shalat 

Bacalah aneka bacaan berikut sebelum takbiratul ihram:

سبحان الملك القدوس الخلاق الفعال
Baca 7X, kemudian baca sekali:

إن يشأ يذهبكم ويأت بخلق جديد وما ذلك على الله بعزيز

Sebelum membaca bacaan diatas letakkan tangan kanan diatas Dada dan baca sebelum takbiratul ihram.

Adapun bila Was-was datang saat dalam aneka shalat baca Ta'awudz (اعوذ بالله من الشيطان الرجيم). Kemudian baca 3x :

اللهم إني أعوذ بك من شيطان الوسوسة خنزب

Niscaya Allah menghilangkan rasa was-was tersebut.

2. Was-Was Ketika Wudhu, shalat dan was-was selainnya khususnya saat mengerjakan ibadah

Biasakan sebelum mengerjakan ibadah dan amalkan Membaca:

لا إله إلا الله

Bacalah secara berulang insya Allah hilang Was-was. Dan bacaan Itu hanya perantaraan, yang jelas mintalah kepada Allah. Demikianlah amalan menghilangkan rasa was-was ketika shalat, Wudhu dan ibadah lainnya dari Ulama Kompeten, semoga berhasil dan bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Wallahu A'lam

Ibarot :

- Kitab I'aanah at Thoolibiin :

فمن كثرت وسوسته في الصلاة فليستعذ بالله من الشيطان، ويقول: اللهم إني أعوذ بك من شيطان الوسوسة خنزب ثلاث مرات، فإن الله يذهبه.
وكان الأستاذ أبو الحسن الشاذلي يعلم أصحابه ما يدفع الوسواس والخواطر الرديئة، فكان يقول لهم: من أحس بذلك فليضع يده اليمنى على صدره ويقول: سبحان الملك القدوس الخلاق الفعال، سبع مرات.
ثم يقول: إن يشأ يذهبكم ويأت بخلق جديد وما ذلك على الله بعزيز.
ويقول ذلك المصلي قبل الإحرام.
وفي الخبر: إن للوضوء شيطانا يقال له الولهان، فاستعيذوا بالله منه، فإنه يأتي إلى المتوضئ فيقول له: ما أسبغت وضوءك، ما غسلت وجهك، ما مسحت رأسك، ويذكره بأشياء يكون فعلها.
فمن نابه شئ من ذلك فليستعذ بالله من الولهان، فإن الله يصرفه عنه.
وقال بعض العلماء: يستحب قول لا إله إلا الله لمن ابتلي بالوسوسة في الوضوء والصلاة وشبههما، فإن الشيطان إذا سمع الذكر خنس - أي تأخر -.
ويعيد لا إله إلا الله لأنه رأس الذكر.
وقال السيد الجليل أحمد بن الجوزي أبي الحواري: شكوت إلى أبي سليمان الداراني - رضي الله عنه - الوسوسة فقال: إذا أردت أن ينقطع عنك، فأي وقت أحسست فافرح، فإذا فرحت به انقطع عنك.
فإنه ليس شئ أبغض إلى الشيطان من سرور المؤمن، فإذا اغتممت به زادك.
قال الشيخ محيي الدين النووي: وهذا ما قاله بعض العلماء أن الوسواس إنما يبتلى به من كمل إيمانه، فإن اللص لا يقصد بيتا خرابا.
اه.
بجيرمي بتصرف.

(Dijawab oleh: Ismidar Abdurrahman As-Sanusi)

Link Diskusi:

Komentari

Lebih baru Lebih lama