1738. ORANG JUNUB NIAT MENGANGKATKAN JANABAH SAAT MANDI SAHKAH?

Foto: Gramedia


Pertanyaan:

اَلسَلامُ عَلَيْكُم وَرَحْمَةُ اَللهِ وَبَرَكاتُهُ‎
para yai serius bertnya..
sah gak org yg punya junub
ktika niat نویت رفع الجنابة لله تعالی
[Alfaqir Abdul Qodir]

Jawaban:

Wa'alaikumussalam Warahmatullahi Wabarakatuh

Orang yang Junub ketika Mandi berniat mengangkatkan janabah seperti ditanyakan dihukumi sah mandinya dan mencukupi, sebagaimana diterangkan beberapa redaksi Kitab berikut :

وفروضه) أَي الْغسْل شَيْئَانِ أَولهمَا (نِيَّة أَدَاء فرض الْغسْل) أَو أَدَاء الْغسْل أَو فرض الْغسْل أَو الْغسْل الْمَفْرُوض أَو الْوَاجِب أَو الطَّهَارَة للصَّلَاة أَو الْغسْل لَهَا أَو نِيَّة رفع جَنَابَة إِن كَان جنبا أَو رفع حدث الْحيض إِن كَانَت الْمَرْأَة المغتسلة حَائِضًا 
"Fardhunya mandi ada dua perkara yaitu berniat menunaikan fardhu mandi atau menunaikan mandi atau fardhu mandi atau mandi fardhu atau wajib atau bersuci untuk shalat atau mandi untuk shalat atau niat mengangkatkan janabah jika ia Junub atau mengangkatkan hadats haid Jika perempuan lagi Haid"
[Nihaayah Az Zain Halaman 32, Cet. Pustaka As Salaam Surabaya]

وفرضه) - أي الغسل - شيئان: أحدهما: (نية رفع الجنابة) للجنب، أو الحيض للحائض. 
أي رفع حكمه. 
"Fardhunya mandi ada dua perkara yaitu berniat mengangkatkan janabah untuk junub atau Haid untuk Haid, artinya mengangkatkan hukumnya"
[I'aanah Hamisy Fathul Mu'in I/74, Cet. Nurul Ilmi Surabaya]


قَالَ 
فَرَائض الْغسْل 
(فصل 
وفرائض الْغسْل ثَلَاثَة أَشْيَاء النِّيَّة وَإِزَالَة النَّجَاسَة إِن كَانَت على بدنه) نِيَّة الْغسْل وَاجِبَة كَمَا فِي الْوضُوء لعُمُوم قَوْله صلى الله عَلَيْهِ وَسلم 
(إِنَّمَا الْأَعْمَال بِالنِّيَّاتِ) وَمحل النِّيَّة أول جُزْء مغسول من الْبدن وكيفيتها أَن يَنْوِي الْجنب رفع الْجَنَابَة أَو رفع الْحَدث الْأَكْبَر عَن جَمِيع الْبدن وَلَو نوى رفع الْحَدث وَلم يتَعَرَّض للجنابة وَلَا غَيرهَا صَحَّ غسله على الْأَصَح لِأَن الْحَدث عبارَة عَن الْمَانِع من الصَّلَاة وَغَيرهَا على أَي وَجه فرض وَقد نَوَاه

"Fardhu-fardhu mandi
Dan Fardhu-fardhu mandi tiga perkara yaitu niat, menghilangkan najis jika dibadannya terdapat najis. Adapun niat mandi adalah wajib sebagaimana pada masalah wudhu berdasarkan keumuman sabda Nabi Shalallahu Alaihi Wasallam "Sesungguhnya sahnya amal perbuatan tergantung niat". Letaknya niat awal bagian badan yang dibasuh, sedangkan kaifiatnya (tata caranya) orang junub berniat mengangkatkan janabah atau mengangkatkan hadats besar dari semua badan. Seandainya seseorang berniat mengangkatkan hadats tanpa menyertakan janabah dan tidak pula selainnya sah mandinya berpijak pada pendapat yang paling Shahih karena hadats ibarat dari pencegahan dari shalat dan selainnya artinya dari sisi fardhu dan ia sudah meniatkannya".
[Kifaayaah Al Akhyaar I/33, Cet. Daar Al Ilmi Surabaya]

فصل): في الغسل (فروض الغسل) أي أركانه واجباً كان الغسل أو مندوباً (اثنان) الأول (النية) كأن ينوي الجنب رفع الجنابة والحائض والنفساء رفع الحيض أو النفاس أو ينوي كل أداء الغسل أو فرضه أو واجبه أو الغسل الواجب أو الغسل للصلاة أو رفع الحدث فقط أو الطهارة عنه أو له أو لأجله، أو الطهارة الواجبة أو للصلاة لا الغسل ولا الطهارة فقط، إذ قد تكون عادة
[Fasal] ini menjelaskan tentang mandi.

[Fardh-fardhu mandi,] maksudnya rukun-rukun mandi, baik mandi wajib atau mandi sunah, ada [2 (dua)].

A. Niat

Rukun mandi yang pertama adalah [niat,] misalnya orang junub berniat menghilangkan jinabat, orang yang haid atau nifas berniat menghilangkan haid atau nifas, atau masing-masing dari mereka bertiga berniat melakukan mandi, atau berniat melakukan fardhu mandi, atau berniat melakukan kewajiban mandi, atau berniat mandi wajib, atau berniat mandi karena sholat, atau berniat menghilangkan hadas, atau berniat bersuci dari hadas, atau berniat bersuci karena hadas, atau berniat bersuci wajib, atau berniat bersuci karena sholat. Tidak cukup kalau hanya berniat mandi saja atau berniat bersuci saja karena mandi saja atau bersuci saja terkadang adalah kebiasaan (bukan ibadah).
[Kaasyifah as Sajaa Fii Syarh Safiinah an Najaa Halaman 27, Cet. Al Haramain]

Wallahu A'lamu Bis Shawaab

(Mujawib: Ismidar Abdurrahman As Sanusi & مهدي)

(Mushohhih: Ismidar Abdurrahman As Sanusi)

Link Diskusi:

Komentari

Lebih baru Lebih lama