1737. PROSES PEMBUATAN IKAN ASIN DENGAN CARA DITUMPUK ATAU DIGARAMI

Pertanyaan:

Foto: kajian fiqih group WhatsApp


>> Rahmatullah
lagi buka tiktok. rada bingung. ini mksudnya 'najis' ketika sholat ga boleh kena kan ?? klo dimakan ga apa2.. atau gimana pejelasannya

Jawaban:
>> Bapake UmamZiyya
Ibarot itu menyatakan bila proses pembuatan ikan asin dengan cara ditumpuk, maka selain bagian atas dihukumi najis, yang otomatis tidak boleh dimakan juga tidak sah dibawa sholat.

>> Ismidar Abdurrahman As Sanusi
Masalah ini memang khilaf kang antar Madzhab, ada yang menghukumi najis kecuali bagian atasnya yakni ikan bagian atas atau yang diragukan, ini Madzhab Syafi'i; tetapi bukan murni sepakat Syafi'iyah tetapi Mayoritas Ulama Syafi'iyah mengatakan ini, dan pendapat yang Paling kuat dari kalangan Malikiyyah. Sedangkan pendapat yang menghukumi suci adalah kalangan Hanafiyah, Ibnu Arabiy dari kalangan Malikiyyah. Juga pendapat Syekh Ibn Hajar, Imam Romli dan Syekh Az Ziyad.

Pendapat yang pertengahan dikemukakan oleh syekh Ba'alawi Al Hadhrom mengutip pernyataan Syekh Ibnu Yahya, menurutnya ikan asin yang diolah dengan cara dagingnya masih ada darah lalu digarami maka suci dengan menghilangkan darah tersebut meskipun rasa garam tetap ada, inilah yang paling baik untuk diamalkan, meskipun kedua pendapat tersebut tadi boleh diamalkan. Namun, yang paling baik menghindari khilaf Ulama ini dengan cara ikan yang terlebih dahulu digarami sebelum dikeluarkan isi perutnya dan dibedah dan dibersihkan sekiranya bersih baru diolah sebagaimana mestinya. Kalau pun tidak dilakukan maka ada Qoul yang menghukumi suci dan ada juga yang mengatakan najis, keduanya boleh diikuti dan diamalkan, pendapat yang menghukumi suci juga sebagian Ulama Syafi'iyah.

Berpijak pada Qoul yang mengatakan najis maka bila terkena ikan tersebut maka dihukumi najis dan tidak boleh dibawa shalat, dan jika berpijak pada Qoul yang mengatakan suci tidak berdampak apapun.

Wallahu A'lam

Ibarot :

- Kitab Al Fiqh Al Islami Wa Adillatuhu Juz 1 Halaman 303, Cet. Al Maktabah As Syamilah Apk :

ويترتب على هذا الخلاف: أكل الفسيخ (السمك المملح) الذي يوضع بعضه على بعض، ويسيل دمه من بعضه إلى بعض، لا يؤكل منه عند الشافعية والراجح عند المالكية إلا الصف الأعلى أوالمشكوك في كونه من الأعلى أو من غيره. 
وأما عند الحنفية وابن العربي من المالكية: فيؤكل كله؛ لأن الخارج من السمك ليس بدم، بل رطوبة، وحينئذ فهو طاهر

- Kitab Kaasyifah as Sajaa Fii Syarh Safiinah an Najaa Halaman 46, Cet. Al Haramain :

قال في العباب: كل سمك ملح ولم يخرج ما في جوفه فهو نجس انتهى.

- Kitab Nihayah Az Zain Halaman 46, Cet. Pustaka As Salaam Surabaya :


وَاعْلَم أَن الفسيخ وَهُوَ مَا ملح من سمك وطبق بعضه على بعض نجس نَجَاسَة الْعين لَا يطهر بِالْغسْلِ لاختلاط أَجْزَائِهِ بصديد أَجْنَبِي(١) وَذَلِكَ فِي غير الطَّبَقَة الْعليا أما هِيَ فطاهرة وَهَذَا إِذا طبق فِي إِنَاء بِخِلَاف مَا إِذا جعل فِي أَرض محفورة(٢) فَإِنَّهُ طَاهِر لِأَن الصديد يغور فِي الأَرْض وَكَذَا إِذا ذبح السّمك(٣) حَال حَيَاته وَجعل فسيخا فَإِنَّهُ طَاهِر لِأَن التذكية تزيل الدَّم
_________
١ – (قوله بصديد أجنبي) أى فانه يتجمد وبغلط بخلاف البول إذا طبخ به اللحم، ولذا قال بعض العلماء ألف شيخ على عين من قال بحل الفسيخ اه‍. والظاهر أنه لا فرق بين السمك الكبير والصغير.
٢ – (قوله في أرض محفورة) أى كالفبر هذا ما أفاده شيخنا يوسف النسبلاويني.
٣ – (قوله وكذا إذا ذبح السمك الخ) هو كما فى مجموع المذاهب

- Kitab Bughyah Al Mustarsyidiin Halaman 17, Cet. Al Haramain :

مسألة : ي) : لحم عليه دم غير معفوّ عنه ذر عليه ملح فتشربها طهر بإزالة الدم ، وإن بقي طعم الملح كحب أو لحم طبخ ببول فيكفي غسل ظاهره ، وإن بقي طعم البول بباطنه إذ تشرب ما ذكر كتشرب المسام ، كما في التحفة.

- Kitab Bughyah Al Mustarsyidiin Halaman 15, Cet. Al Haramain :

وقد اتفق ابنا حجر وزياد و م ر وغيرهم على طهارة ما في جوف السمك الصغير من الدم والروث ، وجواز أكله معه ، وأنه لا ينجس به الدهن ، بل جرى عليه م ر الكبير أيضاً ، ولأن لنا قولاً قوياً أن السمك لا دم له لأنه يبيضّ إذا وضع في الشمس. 

- Kitab Hasyiyah Bujairomi Ala Syarh Al Manhaj Juz 4 Halaman 304, Cet. Al Maktabah As Syamilah Apk :

قَالَ ع ش (فَائِدَةٌ) 
قَالَ فِي الْجَوَاهِرِ كُلُّ سَمَكٍ مُمَلَّحٍ وَلَمْ يُنْزَعْ مَا فِي جَوْفِهِ فَهُوَ نَجِسٌ. اهـ. وَبِهِ يُعْلَمُ حُرْمَةَ أَكْلِ الْفَسِيخِ الْمَعْرُوفِ خِلَافًا لِمَا اُشْتُهِرَ عَلَى الْأَلْسِنَة

Link Diskusi:

Komentari

Lebih baru Lebih lama