1781. PERBEDAAN FARDHU DAN RUKUN


Pertanyaan:
Assalamualaikum warahmatullahi weberokatuh 
Yai mau nanya apa per bedaanya arkan dan fardu karna dalam ibadah itu ada halnya furudul wudu' juga arkanussolah kan sama sama dala kelakuan dan sama sama harus di kerjakan dan kenapa kalo di wuduk itu pakek fardu dan di solat pakek arkan?🙏🏻
[Mutmainnah]

Jawaban:
Wa'alaikumussalam Warahmatullahi Wabarakatuh

Menanggapi pertanyaan yang diajukan kali ini yang berkenaan perbedaan antara fardhu dan rukun. Memang kalau di kitab-kitab Fiqih biasanya pada bab Thaharah sesuatu yang harus ada dalam agenda ibadah selalu dinamakan dengan fardhu seperti fardhu Wudhu, fardhu mandi, fardhu Tayammum dan lainnya. Tapi pas dimulai pada bab shalat malah disebut rukun shalat bukan fardhu shalat.

Mengutip pernyataan Syekh Al Imam Al Jaziri dalam kitabnya "Al Fiqh Ala Madzahibil Arba'ah" bahwa fardhu dan rukun satu makna, dikatakan fardhu ya rukun dan sebaliknya beliau menyatakan keterangan tersebut merupakan ITTIFAQ yakni kesepakatan Ulama empat Madzhab. Maknanya Bagian dari suatu ibadah yang tidak terhitung ibadah kecuali dengannya, atau sesuatu yang terkandung didalam ibadah itu sendiri yang jika ditinggalkan ibadah itu tidak terjadi. Seperti takbiratul ihram umpamanya dia merupakan bagian dari shalat jika dia disebut Fardhu shalat maka konsekuensinya jika ditinggalkan shalat tidak terjadi, demikian pula jika disebut ia sebagai rukun shalat pun tidak terjadi tanpanya pula. Inilah ringkasan dari keterangan beliau.

Sungguh pun demikian, para Ulama Madzhab Syafi'i menyebutkan alasan kenapa dipembahasan wudhu disebut Fardhu dan di pembahasan shalat disebut Rukun sebagai Isyarat bahwa tidak boleh memisahkan aneka pekerjaan shalat berbeda dengan wudhu.

Wallahu A'lam

Ibarat :

الفقه على المذاهب الأربعة ج ١ ص ١٨٨ المكتبة الشاملة
معنى الفرض والركن 
قد ذكرنا معناهما في "مبحث فرائض الوضوء" صحيفة ٥١، ومجمل القول في ذلك: أن الفرض والركن بمعنى واحد باتفاق، وهو هنا جزء العبادة التي طلبها الشارع، بحيث لا تتحقق الا به، فمعنى فرائض الصلاة أجزاؤها التي لا تتحقق الصلاة الا بها ولا توجد الا بها، بحيث إذا فقد منها جزء لا يقال لها: صلاة، مثلاً إذا قلت: إن تكبيرة الإحرام فرض من فرائض الصلاة، أو ركن، كان معنى هذا أنك إذا لم تأت بتكبيرة الإحرام لا تكون مصلياً، وهذا المعنى يشمل أجزاء الصلاة المفروضة التي يثاب المكلف على فعلها ويعاقب على تركها، كما يشمل أجزاء صلاة التطوع التي لا يؤاخذ المكلف على تركها، فإنها لا يقال لها: صلاة، الا إذا اشتملت على هذه الأجزاء، فهي فرض فيها كغيرها من الصلوات المفروضة بلا فلاق. 
فقولهم في تعريف الفرض: هو ما يثاب على فعله، ويعاقب على تركه، خاص بما طلبه الشارع طلباً جازماً، سواء كان جزءاً من شيء، أو كلاً، مثلاً الصلوات الخمس؛ فإن الإتيان بها في أوقاتها فرض يثاب فاعله، ويعاقب تاركه، وقد جعل الشارع لها أجزاء خاصة لا تتحقق الا بها؛ فكل جزء من هذه الأجزاء التي تتوقف عليه الصلاة يقال له: فرض من فرائض الصلاة، كما يقال له: ركن من أركانها؛ أما الصلاة، والصيام، والزكاة، والحج؛ وأولها شهادة أن لا إله الا الله، وأن محمداً رسول الله؛ فهذا معنى الركن والفرض بأيضاح.

حاشية إعانة الطالبين ج ١ ص ١٢٦ المكتبة نور العلم سورابايا & حاشية الباجوري على ابن قاسم ج ١ ص ١٤٤ المكتبة نور العلم سورابايا
(قوله: أركان الصلاة) أي أجزاؤها التي تتركب منها حقيقتها. 
وقوله: أي فروضها أفاد به أن الأركان والفروض بمعنى واحد، وإنما عبر هنا بالأركان وفي الوضوء بالفروض إشارة إلى أنه لا يجوز تفريق أفعال الصلاة، بخلاف الوضوء.

(Dijawab oleh: Ismidar Abdurrahman As Sanusi)

Link Diskusi:

Baca Artikel Terkait:

Komentari

Lebih baru Lebih lama