Foto: Tebuireng Online
Pertanyaan:
Assalamualaikum pak
Maaf pak saya ada pertanyaan lagi ya
Masalah hukum kotoran cicak najis apa tidak
Karna saya sebagai orang yg bekerja dan beraktifitas merasa berat dengan hukum najis kotoran cicak maaf bukan di sini saya menyepelekan hukum tapi barang kali ada solusi apa pendapat ulama lain yg bisa mempermudah yg bisa di pakai pak
Kan bila di hukumi najis wajib mensucikan dan apa bila tidak najis hanya sekedar kotor kan cuma di bersihkan tidak di sucikan dan tidak khawatir najis menyebar kemana2.
Contoh sperti pekerja ob clening servis
Orang yg hidup berdampingan sama orang awam yg gak paham thoharoh
Pasti akan sulit mengamalkan dan saya sendiri pun sulit mengamalkan
Mohon solusine barangkali ada pendapat ulama lain atau Mazhab lain yang bisa di amalkan
[indonesiankri1994]
Jawaban:
Wa'alaikumussalam Warahmatullahi Wabarakatuh
Kalau dalam Madzhab Syafi'i memang berpijak pada pendapat yang ditetapkan dalam Madzhab Syafi'i semua kotoran baik dari manusia maupun hewan dihukumi najis meskipun dari hewan yang dimakan dagingnya, juga termasuk hewan itu yang tidak memiliki darah yang mengalir seperti halnya cicak.
Meskipun demikian sebagian pendapat sebagaimana dikutip dalam kitab Bughyah yang menyebutkan ada pendapat yang menghukumi suci kotoran hewan yang dimakan dagingnya bahkan menurut beberapa Ulama Mutaakhirin sucinya semua kotoran hewan termasuk anjing dan babi sekalipun.
Memang dilema khususnya di masjid² dan di surau² bahkan ditempat lain banyak didapati kotoran cicak sehingga sangat memberatkan jika harus setiap hari dibersihkan saking banyaknya bahkan bisa saja kotorannya itu menyebar.
Sebagian Ulama Syafi'iyah ada menilai Ma'fu kotoran burung bila sangat banyak kotoran itu selagi tidak sengaja menginjak kotoran itu baik di masjid maupun lainnya. Inilah saya rasa solusi terakhir jika memang tidak bisa mengaplikasikan Madzhab Syafi'i tersebut. Cuma, sebagian pendapat mengecualikan itu bila kotoran tersebut kering, tapi terkadang kotoran cicak ada yang basah.
Jadi, berpijak pada Qoul yang ditetapkan dalam Madzhab Syafi'i semua kotoran dihukumi najis, namun ada pendapat yang menghukumi suci dan ada juga yang menghukumi dima'fu jika sangat banyak kotoran itu selagi tidak sengaja menginjak kotoran itu, tapi ada pendapat Ulama hanya mengganggap dima'fu jika kering tidak basah. Oleh karena itu, bila dapat dibersihkan lakukanlah dan bikin penghadang dibawah atap rumah karena biasanya kalau sudah dikasih penghadang kotoran cicak jarang. Ini dilakukan agar tidak ada keraguan akan mengenai kesucian dari najis.
Wallahu A'lam
Ibarat :
حاشية إعانة الطالبين ج ١ ص ٨٢ المكتبة نور العلم سورابايا
فهو (كروث وبول ولو) كانا من طائر وسمك وجراد وما لا نفس له سائلة، أو (من مأكول) لحمه على الاصح.
قال الاصطخري والروياني من أئمتنا، كمالك وأحمد: إنهما طاهران من المأكول.
حاشية إعانة الطالبين ج ١ ص ٨٩ المكتبة نور العلم سورابايا
وقوله: لا نفس له سائلة أي لا دم له سائل عند شق عضو منه، وذلك كنمل وعقرب وزنبور - وهو الدبور - ووزغ وقمل وبرغوث.
حاشية إعانة الطالبين ج ١ ص ١٠٦ المكتبة نور العلم سورابايا
ويعفى عما جف من ذرق سائر الطيور في المكان إذا عمت البلوى به.
وقضية كلام المجموع العفو عنه في الثوب والبدن أيضا
(قوله: ويعفى عما جف من ذرق سائر الطيور) ذكر شرطين للعفو وهما الجفاف وعموم البلوى، وبقي أن لا يتعمد المشي عليه كما مر.
وعبارة التحفة: ويستثنى من المكان ذرق الطيور فيعفى عنه فيه أرضه وكذا فراشه على الأوجه، إن كان جافا ولم يتعمد ملامسته.
ومع ذلك لا يكلف تحري غير محله إلا في الثوب مطلقا على المعتمد.
اه.
بغية المسترشدين صحيفة ١٤ المكتبة الحرمين
(مسألة : ب) : ذهب بعضهم إلى طهارة روث المأكول ، بل ذهب آخرون إلى طهارة جميع الأرواث حتى من الكلب إلا الآدمي ، وجمعهم الشيخ عبد الله بن أبي بكر باشعيب فقال :
روث لمأكول لدى زهريهم وعطاء والثوري والروياني
وإمام نخع وابن سيرين واصـ طخرّي والشعبيّ والشيباني
وابن خزيمة منذر حبانهم ثم ابن حنبل مالك الرياني
طهر وزاد الظاهرية والبخا ري لغير فضلة الإنسان
غاية تلخيص المراد من فتاوى ابن زياد من هامش بغية المسترشدين صحيفة ٩٠ المكتبة الحرمين
(مسألة ): اذا كثر ذرق الطيور وعمت البلوى به عفي عنه، سواء في المسجد وغيره مالم يتعمد المشي عليه .
-الى أن قال-
:(مسألة ) يعفى عن ذرق الطيور وأرواث الفيران الذي تعم به البلوى في المياه القليلة والمساجد وغيرها، إذ العفو دائر مع عموم البلوى وهو موجود في ذلك.
(Dijawab oleh: Ismidar Abdurrahman As Sanusi)
Link Diskusi: