Foto:Tribunnews.com
Pertanyaan:
Assalamu'alaikum udtad bertanya... Jika ada mayit jumlahnya 5 org, trs yg solat niatnya "solat atas 6 mayit ini" bagaimana him sholatnya?
[Muhammad Hamidillah]
Jawaban:
Wa'alaikumussalam Warahmatullahi Wabarakatuh
Apabila ada beberapa jenazah dan Menyalati Jenazah tersebut secara bersamaan maka niatnya cukup secara global saja seperti :
أصلي على من حضر من أموات المسلمين
"Aku Menyalati kepada orang-orang kaum muslimin yang hadir".
Atau bisa juga:
أصلي على من يصلي عليهم الإمام
"Aku Menyalati orang yang dishalatkan oleh Imam".
Namun, bila menyertakan jumlah orang pada niat shalat jenazah sebagaimana yang ditanyakan yaitu jumlah jenazah ada 5 tetapi di niat "Aku Menyalati 6 jenazah ini" padahal jumlahnya ada 5 maka pada contoh yang ditanyakan sah. Berbeda halnya bila jenazahnya ada 6 lalu ia katakan di niat 5 maka tidak sah, kecuali menurut Syekh Al Bashri, menurutnya selagi orang yang berniat tidak bersyarat, bila ia berisyarat maka sah karena isyaratnya.
Demikianlah. Wallahu A'lam
Ibarat :
- Kitab Hasyiyah I'aanah at Thoolibiin Juz 2 Halaman 138:
وتجوز على جنائز صلاة واحدة، فينوي الصلاة عليهم إجمالا.
(وقوله: إجمالا) أي بأن يقول: أصلي على من حضر من أموات المسلمين، أو: على من يصلي عليهم الإمام.
فلو عين وأخطأ، كأن صلى على عشرة، فبانوا أحد عشر.
لم تصح، بخلاف ما لو صلى على أحد عشر، فبانوا عشرة، فإنها تصح.
- Kitab Tarsyih Al Mustafidiin Halaman 141:
وتجوز على جنائز صلاة واحدة، فينوي الصلاة عليهم إجمالا.
(قوله: إجمالا) كأصلي على من يصلي عليه الإمام أو على من حضر من أموات المسلمين، وفي المغني والنهاية وإن لم يعرف عددهم وفي التحفة ولا يجب ذكر عددهم وإن عرفه، وحكم نية القدوة هنا كما مرّ، ولو صلى على عشرة فبانوا أحد عشر لم تصح، أو عكسه صحّ اه وقيد البصري عدم الصحة بما إذا لم يشر قال أما إذا أشار فينبغي الصحة، تغليبا للإشارة
- Kitab Busyrol Kariim Juz 2 Halaman 32-33 :
ولو عين الميت وأخطأ ولم يشر إليه .. لم تصح على ما مر في تعيين الإمام، ومن حضر من الموتى بعد النية .. وجب له استئناف صلاة، فإن نواه أثناء صلاته على غيره .. لم تصح ولم يبعد بطلانها إن علم وتعمد؛ لتلاعبه.
ولو نوى عشرة، فبانوا أحد عشر .. لم تصح، أو عكسه .. صحت
(Dijawab oleh: Ismidar Abdurrahman As Sanusi)
Link Diskusi: