1822. SHALAT SENDIRIAN LEBIH UTAMA DIBANDING DENGAN ORANG BERBEDA MADZHAB DAN AHLI BID'AH



Pertanyaan:
Shalat sendiri lebih utama (lebih gede pahalanya) dibanding shalat berjama’ah yang imamnya berbedza madzhab dengan kita. Seperti kita Syafi’iyah sedangkan imamnya Malikiyah, Hanafiyah atau Hanabilah. Aplagi klo imamnya dari kalangan bid’ah semisal Wahhbiyah, itu mah nggk usah dicatut dan dibahas lagi, sodaraa. 

Hukum ini (lebih utama shalat sendiri dibanding bermakmum kepada Imam yang berbedza madzhab), sebagaimana telah difatwakan oleh Syaikhul Islam Zakariya al- Anshori (ulama yg dikaruniai 2 orang Ibn Hajar), juga didukung oleh Al- Ruyani, dan bahkan dirilis sekaligus dimu’tamadkan fatwa tsb oleh Abu Ishaq Al- marwazie radiyallahu ‘anhum wa nafa’ana bi ‘uluumihim...
Pencerahan nya yai...
🙏🙏🙏🍵🍵🍵


[محمد زين الدين الارشاد]

Jawaban:
Pendapat yang disebutkan pada uraian ini yang menyebutkan shalat dibelakang orang yang berbeda Madzhab dan Ahli bid'ah seperti Syi'ah dan semisalnya lebih utama shalat sendirian. Pendapat tersebut juga merupakan pendapat Syekh Ibn Hajar Al Haitami dalam kitab At Tuhfah dan lainnya. Tanpa dipungkiri yang nama Fiqih tentu ada yang namanya khilaf tidak terkecuali di Madzhab Syafi'i sendiri, sebab dalam Masalah ini Imam Ramli sekaligus anaknya As Syihaab Ar Ramli punya pendapat lain, menurut mereka bermakmum pada imam berbeda Madzhab, Ahli bid'ah yang dengan bid'ah mereka tidak dihukumi kafir seperti aliran Rafidhah, Mu'tazilah dan sebagainya lebih utama daripada shalat sendirian, bahkan tetap memperoleh Fadhilah berjamaah menurut imam Ramli. Ini juga merupakan pendapat Imam Subki, Syekh Al Bafadhal dan lainnya.

Oleh karena itu, Masalah ini jangan putuskan sepihak yakni hanya Qoul yang memandang lebih utama shalat sendirian ketimbang berjamaah dengan orang yang disebutkan itu, sebab ada Qoul lain seperti imam Ramli yang menyebutkan lebih utama berjamaah dengan mereka ketimbang shalat sendirian.

Wallahu A'lam

Ibarat :

حاشية إعانة الطالبين ج ٢ ص ٨ المكتبة نور العلم سورابايا
(وهي بجمع كثير أفضل) منها في جمع قليل، للخبر الصحيح: وما كان أكثر، فهو أحب إلى الله تعالى (إلا لنحو بدعة إمامه) أي الكثير: كرافضي، وفاسق، ولو بمجرد التهمة.
فالاقل جماعة - بل الانفراد - أفضل، كذا قاله شيخنا تبعا لشيخه زكريا - رحمهما الله تعالى -.
وقوله: بل الانفراد الذي اعتمده الجمال الرملي أن الصلاة خلف الفاسق والمخالف ونحوهما أفضل من الانفراد، وتحصل له فضيلة الجماعة.
قال البجيرمي: والكراهة لا تنفي الفضيلة والثواب لاختلاف الجهة، وإن توقف في ذلك الزيادي، بل الحرمة لا تنفي الفضيلة، كالصلاة في أرض مغصوبة.
اه.
وقوله: أفضل خبر كل من: فالأقل، والانفراد.
(قوله: كذا قاله الخ) مرتبط بقوله بل الانفراد.
وعبارة شرح المنهج: بل الانفراد في الأولى أفضل.
كما قاله
الروياني.
اه.

ترشيح المستفيدين ص ١٠٣ دار إحياء التراث العربية
(وهي بجمع كثير أفضل) منها في جمع قليل، للخبر الصحيح: وما كان أكثر، فهو أحب إلى الله تعالى (إلا لنحو بدعة إمامه) أي الكثير: كرافضي، وفاسق، ولو بمجرد التهمة.
فالاقل جماعة - بل الانفراد - أفضل، كذا قاله شيخنا تبعا لشيخه زكريا - رحمهما الله تعالى -.
(كذا قاله شيخنا) أي في التحفة وغيرها واعتمد الجمال الرملي أن الصلاة خلف المخالف والفاسق ونحوهما أفضل من الانفراد ويحصل فضيلة الجماعة كردي وبه أفتى الشهاب الرملي

بشرى الكريم ص ٣٢٧ المكتبة الشاملة
(فإن لم يجد إلا جماعة إمامها مبتدع ونحوه) ممن يكره الاقتداء به ( .. فهي) أي: الجماعة معهم (أفضل من الانفراد) واعتمده (م ر) تبعاً للسبكي وغيره.
وعند (حج): الانفراد أفضل من الجماعة وراء من ذكر.

(Dijawab oleh: Ismidar Abdurrahman As Sanusi)

Link Diskusi:

Komentari

Lebih baru Lebih lama