Foto: Syahida.com
Pertanyaan:
Assalamualaikum maaf mau bertanya
Dikitab ada penjelasan والميتة كلها نجس الا السمك والجلد والاحمر semua bagkai hukumnya najis kecuali bangkainya ikan belalang dan anak ada
Apa semua bangkai anak Adam itu tidak najis? Misalkan bangkainya orng musyrik atau kafir
[Aiztlrdyh]
Jawaban:
Wa'alaikumussalam Warahmatullahi Wabarakaatuh
Semua bangkai (orang mati) meskipun tidak layak orang muslim disematkan dengan kata "Bangkai" suci, baik dia muslim maupun kafir, hal ini karena Allah telah memuliakan Anak Adam dengan Firman-nya:
ولقد كرمنا بني آدم
"Sesungguhnya telah kami muliakan anak keturunan Adam"
Ketika ditetapkan Anak keturunan Adam dimuliakan maka tidak dihukumi najis ketika sudah meninggal. Adapun Ayat yang berbunyi:
إنما المشركون نجس
"Sesungguhnya orang-orang Musyrik itu najis". Maknanya bukan najis tubuhnya tetapi najis kepercayaannya, maksudnya najis kepercayaannya seperti najis Badannya yang wajib dijauhi. Adapun menanggapi hadits:
لا تنجسوا موتاكم، فإن المسلم لا ينجس حيا ولا ميتا
"Mayit kalian tidak menajiskan karena sesungguhnya seorang muslim tidak najis hidup ataupun mati". Hadits ini bukan berarti orang kafir najis, sebab hadits ini menerangkan secara umum yang terjadi, karena Nabi Shalallahu alaihi wasallam ketika menerangkan hukum tidak menyebutkan kecuali orang muslim pada umumnya meskipun mereka masuk dari mereka dari suatu hukum, Inilah Madzhab Syafi'i. Memang ada pendapat yang menghukumi manusia ketika sudah meninggal maka jenazahnya berhukum najis itulah pendapat Imam Malik dan Imam Abu Hanifah yang bisa suci dengan memandikannya kecuali para Nabi dan Syuhada'.
Wallahu A'lam
Ibarat :
حاشية إعانة الطالبين على حل ألفاظ فتح المعين ج ١ ص ٩٠ المكتبة نور العلم سورابايا
(قوله: وقضية التكريم إلخ) سواء في ذلك المسلم وغيره.
وأما قوله تعالى: * (إنما المشركون نجس) * فالمراد به نجاسة الاعتقاد، أي إنما اعتقاد المشركين كالنجاسة في وجوب الاجتناب.
وأما قوله - صلى الله عليه وسلم -: لا تنجسوا موتاكم، فإن المسلم لا ينجس حيا ولا ميتا فجرى على الغالب.
أي لأنه كان - صلى الله عليه وسلم - عند ذكر الأحكام لا يذكر إلا المسلمين في الغالب، وإن كان الكفار قد يشاركونهم في الحكم.
وعند الإمام مالك وأبي حنيفة رضي الله عنهما: ميتة الآدمي نجسة إلا الأنبياء والشهداء، وتطهر بالغسل.
حاشية الباجوري على ابن قاسم ج ١ ص ١٠٥ المكتبة نور العلم سورابايا
وعلى طهارة ميتة الآدمي قوله تعالى: (ولقد كرمنا بني آدم) إذ قضية التكريم أن لا يحكم بنجاسته حيا وميتا سواء المسلم وغيره. وأما قوله تعالى: (إنما المشركون نجس) المراد به نجاسة الاعتقاد لا نجاسة الأبدان، ومعنى إنما اعتقاد المشركين كالنجس في وجوب الاجتناب فلا ينافي طهارة أبدانهم ولهذا ربط المني صلى الله عليه وسلم الأسير في المسجد. وخبر الحاكم: لا تنجسوا موتاكم فإن المسلم لا ينجس حيا ولا ميتا جرى على الغالب.
(Dijawab oleh: Ismidar Abdurrahman As Sanusi)
Link Diskusi: