Foto: HWMI.or.id
Pertanyaan:
Izin bertanya Yai, Bagaimana hukumnya kita memakai sajadah yang agak lebar, soalnya kalau kita mau rapatkan shap kita injak sajadahnya, kalau tidak shap/ kita agak lebar jadinya, mohon penjelasannya Para Yai, 🙏
[Akhmad Yani]
Jawaban:
Ketika shalat jama'ah meluruskan dan merapatkan Shaf ad sunah tersendiri yang mana bila tidak mengindahkan ini maka menurut Syeikh Ibnu Hajar dan Ulama yang sependapat dengannya hukumnya makruh dan menyebabkan tidak mendapatkan Fadhilah berjamaah, berbeda menurut Imam Ramli tetap memperoleh Fadhilah berjamaah. Ukuran rapatnya Shaf (barisan) yang diperhitungkan bahu bertemu bahu bukan kaki bertemu kaki. Alangkah baiknya memperhatikan ini agar sama² nyaman ini kalau dijadikan acuan kaki bertemu kaki malah menurut etika kurang baik. Adapun ukuran meluruskan Shaf sekiranya antara satu orang dan yang disampingnya tidak ada yang lebih maju dan lebih mundur tapi sejajar. Bahkan bagi imam dan penggantinya sangat ditekankan menyerukan jama'ah meluruskan dan merapatkan Shaf demi tercapainya Fadhilah berjamaah.
Yang disebutkan itu berdasarkan hadits:
أَقِيْمُوْا الصُّفُوْفَ وَحَاذُوْا بَيْنَ الْمَنَاكِيَ وَسَدُّوْا الخَلَلَ، وَلَيِّنُوْا بِأَيْدِيْ إِخْوَانِكُمْ وَلاَ تَذَرُوْا فُرُجَاتِ لِلشَّيْطَانِ، وَ مَنْ وَصَلَ صَفَّا وَصَلَهُ اللَّه وَ مَنْ قَطَعَ صَفَّا قَطَعَهُ اللَّهُ
“Luruskanlah shaf rapatkan antara bahu-bahu, Isilah sela-sela yang kosong dan lenturkanlah dengan tangan-tangan saudara kamu, janganlah kamu meninggalkan tempat kosong untuk syaithan, barang siapa yang menyambung shaf maka Allah akan menyambungnya, dan barang siapa yang memutuskan shaf, maka Allah akan memutuskannya". ( HR Ahmad ).
Jadi, bila menggunakan sajadah yang lebar tentunya sangat sulit mengaplikasikan merapatkan Shaf dengan bahu bertemu bahu tersebut, kecuali menginjak sajadah disampingnya, ada baiknya pula kalau di masjid² dan di surau sajadah dijadikan membentang melintang bukan lurus.
Wallahu A'lam
(Dijawab oleh: Ismidar Abdurrahman As Sanusi)
Ibarat :
بشرى الكريم بشرح مسائل الجزء الاول صحـ ١٣٥
(و) يستحب (تسوية الصفوف، والأمر بذلك) لكل أحد (و) هو (من الإمام) ولو بنائبه (آكد) والمراد به تعديلها، والتراص فيها، ووصلها، وسد فرجها، وتقاربها، وتحاذي القائمين بحيث لا يتقدم صدر واحد ولا شيء منه على مَنْ بجنبه، ولا يشرع في الثاني حتى يتم الذي قبله، فإن خالف في شيء من ذلك .. كره، وفاتته فضيلة الجماعة عند (حج).
وعند الشهاب الرملي: كل مكروه من حيث الجماعة مفوت لفضيلتها إلا تسوية الصفوف؛ لخبر أبي داوود وغيره: "أقيموا الصفوف، وحاذوا المناكب، وسدوا الخلل، ولينوا بأيدي إخوانكم، ولا تذروا فرجات للشيطان، ومن وصل صفاً .. وصله لله، ومن قطع صفاً .. قطعه الله"، وفي "الأصل" ما ينبغي مراجعته.
ولا يضر طول الفصل بين الإقامة والصلاة لتعديل الصفوف، كما في "التحفة" في (باب الأذان).
وعد في "الزواجر" قطع الصف وعدم تسويته من الكبائر، قال: وهو ظاهر خبر: "من قطع صفاً .. قطعه الله"؛ إذ هو بمعنى لعنه الله، واللعن من علامة الكبائر، لكن لم أر من عده كبيرة، بل هو عندنا مكروه.
حاشية إعانة الطالبين الجزء الثاني صحـ ٢٢-٢٣
قال القطب الغوث سيدنا الحبيب عبد الله الحداد في نصائحه: ...... فيستحب إلصاق المناكب مع التسوية، بحيث
لا يكون أحد متقدما على أحد ولا متأخرا عنه، فذلك هو السنة.
ويتأكد الاعتناء بذلك، والأمر به من الأئمة، وهم به أولى من غيرهم من المسلمين فإنهم أعوان على البر والتقوى، وبذلك أمروا، قال تعالى: * (وتعاونوا على البر والتقوى، ولا تعاونوا على الإثم والعدوان) * فعليك - رحمك الله تعالى - بالمبادرة إلى الصف الأول، وعليك برص الصفوف وتسويتها ما استطعت، فإن هذه سنة مثبتة من سنن رسول الله - صلى الله عليه وسلم -، من أحياها كان معه في الجنة، كما ورد.
اه.
Link Diskusi: