1890. NIAT PUASA DIWAKTU SAHUR SAHKAH?

Foto: Tribunnews.com

Pertanyaan:
Assalamualaikum para ustadz/ustadzah klo niat puasa di wkt sahur boleh apa nggak? Mohon jwbnx 🙏
[My Love]

Jawaban:
Wa'alaikumussalam Warahmatullahi Wabarakaatuh 

Niat puasa khususnya puasa yang wajib seperti puasa Ramadhan disyaratkan dilakukan pada malam hari. Waktunya: Dari tenggelam matahari sampai sebelum terbit fajar, dalam waktu tersebut sah melakukan niat puasa termasuk ketika dan sudah sahur asal belum terbit fajar. Namun bila diragukan sudah terbit fajar belum lalu berniat karena ragu tersebut maka tidak sah niat dan puasanya.

Dasar Keterangan :

(وشرط لفرضه) أي الصوم - ولو نذرا، أو كفارة، أو صوم استسقاء أمر به الامام - (تبييت) أي إيقاع النية ليلا: أي فيما غروب الشمس وطلوع الفجر، ولو في صوم المميز. قال شيخنا: ولو شك - هل وقعت نيته قبل الفجر أو بعده؟ لم تصح، لان الاصل عدم وقوعها ليلا
(قوله: أي إيقاع النية الخ) تفسير مراد للتبييت أي أن المراد بتبييتها: إيقاعها ليلا.
 
(قوله: أي فيما بين غروب الشمس وطلوع الفجر) تفسير لليل أي أن المراد بالليل الذي تجزئ النية فيه ما بين غروب الشمس وطلوع الفجر - سواء كان من أوله، أو آخره، أو وسطه - وهذا هو المعتمد. ومقابله: لا تكفي في النصف الأول، بل يشترط إيقاعها في النصف الأخير، لأنه قريب من العبادة........(قوله: ولو شك إلخ) هذا مأخوذ من اشتراط التبييت، إذ هو يفهم أنه لا بد من اليقين فيه، فلو شك لم تصح.

“Syarat niat puasa fardhu walaupun berupa nadzar, kafarat, atau puasa Istisqa ' yang diperintahkan oleh imam adalah TABYIIT yaitu melakukan niat pada malam hari, maksudnya dalam waktu tenggelam matahari dan terbit fajar walaupun pada puasa anak yang mumayyiz. Guru kami (Syekh Ibnu Hajar Al Haitami) berkata: Apabila ragu apakah niatnya terletak sebelum fajar atau sesudahnya tidak sah karena yang asal tidak terjadi pada malam hari.

(Keterangan Pengarang "Melakukan pada malam hari") Sebagai tafsir maksud TABYIIT, Maksudnya TABYIIT niat yaitu melakukan pada malam hari.

(Keterangan Pengarang "Maksudnya dalam waktu antara tenggelam matahari dan terbit fajar") Sebagai tafsir penyebutan malam, maksudnya yang dimaksud malam yang sah melakukan niat didalamnya antara tenggelam matahari dan terbit fajar baik pada awalnya, akhir ataupun pertengahan, inilah yang Mu'tamad. Sedangkan lawan yang Mu'tamad tidak menganggap cukup niat tersebut pada pertengahan awal tapi disyaratkan pada pertengahan akhir karena dekat dari ibadah......

(Keterangan Pengarang "Apabila ragu") Ini mengambil dari disyaratkan TABYIIT, sebab yang dapat dipahami mesti secara yakin sehingga kalau ragu tidak sah”
[Hasyiyah I'aanah At Thaalibiin II/222]

أي: (ويجب التبييت) ولو لصبي، اي: إيقاع النية فيما بين غروب الشمس وطلوع الفجر ولو قبل الفطر من اليوم الماضي (في الفرض) كرمضان، ولو قضاء وكفارة ومنذوراً وما أمر به الإمام؛ للخبر الصحيح: "من لم يبيت الصيام قبل الفجر .. فلا صيام له". والأصل في النفي حمله على الحقيقة إلا لدليل، ولم يوجد.
[Busyral Kariim II/66]

Wallahu A'lamu Bis Shawaab

(Dijawab oleh: Ismidar Abdurrahman As Sanusi)

Link Diskusi:

Artikel terkait:

Komentari

Lebih baru Lebih lama