1921. ORANG ALIM DITANYA ILMU MALAH MENDIAMKAN ILMU?

Foto: Ar-rohmah islamic


Pertanyaan:
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh..😊

mau nanya..
bagaimana hukumnya seseorang nyimak saja..di setiap pertanyaan
Tidak memberi jawaban sama sekali padahal dia tau jawabannya..
Salam santun senja sahabat 😊🙏🙏🙏
Atas jawabannya Htr terima kasih.
[💚💚💚+62 856-9784-9616]

Jawaban:
Wa'alaikumussalam Warahmatullahi Wabarakaatuh 

Tergantung; Kalau ilmu yang manfaatnya mengarah ke wajib dipelajari seperti ilmu aqidah, ilmu fiqih demi tercapainya kesempurnaan apalagi keabsahan ibadah seperti shalat dan semisalnya maka jika seseorang mengetahui hukumnya tapi berdiam diri maka dia berdosa karena wajib mengajarkan kepada orang yang belum tahu bagi orang tahu, demikian pula ilmu tentang zakat yang wajib ditunaikan dan haji bagi orang yang bakalan menunaikannya. Sedangkan ilmu yang menimbulkan bahaya dan menimbulkan mafsadat maka tidak boleh diajarkan kepada manusia terlebih bisa dipastikan orang yang diajarkan akan menggunakan ilmu itu pada hal yang akan menimbulkan kerusakan seperti ilmu pelet untuk pelet istri orang yang nantinya akan rusak rumah tangganya, ilmu untuk menipu orang dan lain sebagainya. Sedangkan ilmu yang didalamnya ada manfaat dan mudaratnya sekiranya manfaatnya lebih banyak maka boleh diajarkan jika tidak maka tidak boleh diajarkan.

NB:
Adapun ilmu yang haram disembunyikan seperti larangannya disebutkan dalam hadits adalah ilmu yang wajib dipelajari seperti ilmu syariat seperti shalat, dan juga ilmu untuk mengetahui halal haram 

(Mujawib: Ismidar Abdurrahman As Sanusi)

Ibarat:


بغية المسترشدين صـــــــــ ٥ المكتبة الحرمين 

(مسألة : ى) : لا يحل لعالم أن يذكر مسألة لمن يعلم أنه يقع بمعرفتها في تساهل في الدين ووقوع في مفسدة ، إذ العلم إما نافع : كالواجبات العينية يجب ذكره لكل أحد ، أو ضار : كالحيل المسقطة للزكاة ، وكل ما يوافق الهوى ويجلب حطام الدنيا ، لا يجوز ذكره لمن يعلم أنه يعمل به ، أو يعلمه من يعمل به ، أو فيه ضرر ونفع ، فإن ترجحت منافعه ذكره وإلا فلا ، ويجب على العلماء والحكام تعليم الجهال ما لا بد منه مما يصح به الإسلام من العقائد ، وتصح به الصلاة والصوم من الأحكام الظاهرة ، وكذا الزكاة والحج حيث وجبا

بغية المسترشدين صـــــــــ ٧ المكتبة الحرمين 
ﻭﺃﻣﺎ ﺍﻟﺤﺪﻳﺚ ﺍﻟﻮﺍﺭﺩ ﻓﻲ ﻛﺘﻢ ﺍﻟﻌﻠﻢ ﻓﻤﺤﻤﻮﻝ ﻋﻠﻰ ﻋﻠﻢ ﻭﺍﺟﺐ ﺗﻌﻠﻴﻤﻪ ﻭﻟﻢ ﻳﻤﻨﻊ ﻣﻨﻪ ﻋﺬﺭ ﻛﺨﻮﻑ ﻋﻠﻰ ﻣﻌﺼﻮﻡ ، ﻭﺫﻟﻚ ﻛﻤﻦ ﻳﺴﺄﻝ ﻋﻦ ﺍﻹﺳﻼﻡ ﻭﺍﻟﺼﻼﺓ ﻭﺍﻟﺤﻼﻝ ﻭﺍﻟﺤﺮﺍﻡ

Link Diskusi:

Komentari

Lebih baru Lebih lama