Foto: Islami.co
Pertanyaan:
>> Lis Zha
🥰🙏 Assalamu'alaikum warohmatullahiwabarokatuh...
Apakah boleh membetulkan bacaan imam jika ia ragu ataukah tidak?
Mohon Pencerahannya
☺🙏
Jawaban:
>> Rina Leriyani II
Waalaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh
Boleh
Wahbah Az Zuhaili berkata
ومنعه بعض العلماء وهو مشهور عن علي. وسبب الخلاف: اختلاف الآثار، فقد روي أنه «صلى رسول الله صلّى الله عليه وسلم، فترك آية، فقال له رجل: يا رسول الله، آية كذا وكذا، قال: فهلا ذكرتنيها؟!» وروي عنه عليه الصلاة والسلام أنه قال: «يا علي، لاتفتح على الإمام في الصلاة» . والرأي الأول أصح رواية وعملاً.
Pembahasan tentang ini telah disebutkan dalam pembahasan tentang hal-hal yang dapat membatalkan shalat. Kita telah mengetahui bahwa empat mazhab dan lainnya membolehkan untuk membetulkan bacaan imam jika ia ragu dan pendapat ini dikenal dari Ibnu Umar. Sedangkan beberapa ulama melarangnya dan dikenal dari Ali. Adapun sebab perbedaannya karena berbedanya atsar. Diriwayatkan bahwa Rasulullah ﷺ shalat, lalu melewatkan satu ayat. Usai shalat, seorang laki-laki berkata kepada Rasulullah, "Rasulullah, ayat ini dan itu Anda lewatkan." Beliau segera menimpali,
"Kenapa kamu tidak mengingatkanku? Diriwayatkan pula dari beliau ﷺ beliau bersabda,
"Ali, kamu jangan membetulkan bacaan imam dalam shalat"
Pendapat pertama adalah pendapat yang lebih kuat dalam riwayat dan prakteknya.
(Alfiqhul islam wa adilatuhu juz II/205)
>> Ismidar Abdurrahman As Sanusi
Wa'alaikumussalam Warahmatullahi Wabarakaatuh
Menurut Madzhab kami Syafi'i makmum diperbolehkan membetulkan bacaan imam seperti dengan mendektekan atau menyebutkan bunyi ayat yang ia baca. Ini semua dengan syarat ayat yang ia baca ketika ia membacanya ia bertujuan qiraah (membaca Al Qur'an) walaupun beserta tujuan mendektekan atau mengajari bacaan imam. Karena itu, bila dia bertujuan hanya membetulkan atau mengajari/membetulkan bacaan imam atau tanpa Maksud apa-apa atau bertujuan satu Dari keduanya tapi tidak jelas yang mana dominan maka shalatnya batal. Seyogyanya lah bagi yang menganut Madzhab Syafi'i sebagaimana saya pribadi memahami hal ini dan ajarkan kepada karib kerabat yang juga menganut Madzhab Syafi'i, meskipun tujuannya baik tapi akan berakibat membatalkan shalat.
Kemudian bila makmum yang membetulkan bacaan imam tersebut sedang membaca Al Fatihah maka tidak perlu membetulkan bacaan imam kecuali imam tersebut berhenti dan diam seumpama diamnya itu untuk mengingatkan bacaannya, karenanya bila ia tidak diam dan terus dalam keadaan bimbang lalu makmum membetulkan bacaan imam dengan membacakan ayat yang imam lupa maka tidak sunah makmum membetulkan bacaannya dan bacaan Fatihahnya menjadi terputus; artinya memutuskan muwalah Fatihah kecuali waktu shalat hampir habis ketika itu bila membetulkan bacaan imam tidak menyebabkan memutuskan muwalah. Ketika dinyatakan memutuskan muwalah maka si makmum tadi wajib mengulangi membaca Fatihah dari awal sampai akhir, jika tidak maka shalatnya batal. Demikian pula bila makmum tersebut sebelum mendektekan ayat ia terlebih dahulu membaca Tasbih - سبحان الله - maka menyebabkan memutuskan muwalah Al Fatihah. Semoga dapat dimengerti dan diambil faedahnya.
Wallahu A'lam
Ibarat :
كاشفة السجا في شرح سفينة النجا صـــــــــ ٦٤ المكتبة الحرمين
لا يفتح عليه فإن فتح انقطعت القراءة، نعم إن ضاق الوقت فتح عليه ولا تنقطع القراءة حينئذٍ، ولا بد أن يكون الفتح بقصد القراءة ولو مع الفتح فإن قصد الفتح وحده أو أطلق أو قصد واحداً لا بعينه بطلت صلاته
حاشية إعانة الطالبين الجزء الاول صـــــــــ ١٤٢ المكتبة نور العلم سورابايا
(و) لا (بفتح عليه) أي الامام إذا توقف فيها بقصد القراءة، ولو مع الفتح، ومحله - كما قال شيخنا - إن سكت، وإلا قطع الموالاة. سبحان الله قبل الفتح يقطعها على الاوجه، لانه حينئذ بمعنى تنبه.
(قوله: ولا بفتح عليه) أي لا يعيد الفاتحة بفتحه على إمامه.
والمراد بفتحه عليه تلقينه الذي توقف فيه.
(قوله: إذا توقف فيها) أي إذا تردد الإمام في القراءة، ولو غير الفاتحة.
وهذا قيد خرج به ما إذا لم يتوقف ففتح عليه فتنقطع الموالاة.
اه بجيرمي.
(قوله: بقصد القراءة) الجار والمجرور متعلق بفتح.
وقوله: ولو مع الفتح أي لا فرق في قصد القراءة بين أن يقصدها وحدها أو يقصدها مع الفتح.
وخرج به ما إذا قصد الفتح فقط أو أطلق، فإنه يبطل الصلاة.
(قوله: ومحله) أي الفتح عليه عند توقفه إن سكت - أي الإمام - وذلك لأن معنى الفتح تلقين الآية التي توقف فيها فلا يرد عليه ما دام يرددها.
وقوله: وإلا أي وإلا يسكت بأن كان يرددها فلا يفتح عليه، فإن فتح عليه حينئذ قطع الموالاة ووجبت إعادة الفاتحة، لأنه غير مطلوب حينئذ.
(قوله: وتقديم الخ) مبتدأ خبره جملة يقطعها.
(قوله: قبل الفتح) أي قبل أن يفتح على إمامه.
(قوله: يقطعها) أي الموالاة.
وقوله: لأنه حينئذ أي لأن قول سبحان الله حين إذ قدم على الفتح بمعنى تنبه، أي يفيد هذا المعنى، ولا بد أن يقصد الذكر أو والتنبيه وإلا بطلت صلاته، كما تقدم في الفتح.
بشرى الكريم الجزء الاول صـــــــــ ٧٠ المكتبة الهداية سورابايا
(والرد عليه) أي: على إمامه إذا توقف وسكت عن القراءة ولو في غير الفاتحة، فلا تنقطع بذلك، ويندب الاستئناف للخلاف.
أما غير قراءة إمامه .. فلا يسجد لها، وإلا بطلت صلاته.
وأما فتحه عليه قبل سكوته .. فلا يسن وتنقطع به الموالاة، بل وتبطل به الصلاة إن لم يقصد القراءة على ما يأتي في شروط الصلاة.
حاشية الباجوري على ابن قاسم الجزء الاول صـــــــــ ١٥٠ المكتبة نور العلم سورابايا
وكفتحه على إمامه إذا توقف بقصد القراءة ولو مع الفتح بخلاف ما لو قصد الفتح فقط أو أطلق فتبطل صلاته على المعتمد ولو فتح عليه قبل توقف قطع قراءته فيستأنف ولا فرق في الفتح بين الفاتحة والسورة
Link Diskusi: