0100. FIQIH SHALAT : PENAMBAHAN “WABARAKATUH” KETIKA SALAM SAAT SHALAT













Pertanyaan:
Sah gak mengucapkan Assalamualaikum warrohmatullahi wabarokatuh saat mengakhiri solat
[البصري]

Jawaban:
Dalam Madzhab Syafi'i sempurnanya salam saat shalat itu:

السَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللَّهِ

Adapun terkait menambahkan وَبَرَكَاتُهُ terjadi Khilaf, namun pendapat yang Mu'tamad tidak mensunahkan meskipun ada jalur riwayat menyebutkan sehingga ada Ulama Syafi'iyah mensunahkan, bahkan dalam Kitab Hamisy Bughyah disebutkan itulah pendapat kebanyakan Ulama Syafi'iyah.

Meskipun demikian, seandainya nekat menambahkan Wabarakatuh saat salam ketika shalat tidak lah menyebabkan shalat menjadi batal hanya dalam hal kesunahan dan tidaknya saja.

(قوله : وأكمله السلام عليكم ورحمة الله) ولا يندب هنا وبركاته على المعتمد وكذا في الصلاة الجنازة على المعتمد أيضاً. وحكى السبكي فيها ثلاثة أوجوه أشهرها لاتسنّ ثانيها تسنّ ثالثها تسنّ في الأولى دون الثانية
“Sempurnanya salam "Assalamualaikum Warahmatullah" dan tidak disunahkan menambahkan Wabarakatuh berpijak pada pendapat yang Mu'tamad, demikian pula pada shalat jenazah berpijak pada pendapat yang Mu'tamad. Imam Subki menceritakan tiga Qoul: 
• Qoul Masyhur : Tidak mensunahkan
• Qoul kedua : Mensunahkan
• Qoul ke-tiga : Mensunahkan pada salam pertama, tidak pada salam kedua”
[Hasyiyah Al Bajuri Ala Ibn Qosim I/158, Cet. Nurul Ilmi Surabaya]

وأكمله: السلام عليكم ورحمة الله ولا تسن وبركاته وتسن تسليمة ثانية للاتباع
“Sempurnanya salam: "Assalamualaikum Warahmatullah" dan tidak disunahkan menambahkan Wabarakatuh, serta disunahkan salam kedua karena ITTIBAA'”
[Kaasyifah as Sajaa Fii Syarh Safiinah an Najaa Halaman 68, Cet. Al Haromain]

(مسألة) اختار كثيرون زيادة وبركاته واعتمد (حج) في خصوص الجنازة.
“(Masalah) Kebanyakan Ulama memilih menambahkan Wabarakatuh, sedangkan Syekh Ibn Hajar berpegangan khusus pada Shalat jenazah saja”
[Itsmiid Al 'Ain Hamisy Bughyah Halaman 19, Cet. Al Haromain]

(و) يسن أن يقرن كلا من التسليمتين (برحمة الله) أي معها، دون: وبركاته، على المنقول في غير الجنازة.
لكن اختير ندبها لثبوتها من عدة طرق.
(قوله: ويسن أن يقرن الخ) هذا بيان لأكمل السلام، فهو مقابل قوله: وأقلها السلام عليكم.
(قوله: كلا من التسليمتين) أي المتقدمتين، وهي الأولى والثانية.
(قوله: برحمة الله) متعلق بيقرن.
(وقوله: أي معها) بيان لمعنى الباء بالنظر للمتن وبالنظر للفعل الذي دخل به وهو يقرن، فالباء على معناها إذ هو يتعدى بها.
(قوله: دون وبركاته) أي فلا يقر كلا من التسليمتين بها.
وقوله: على المنقول في غير الجنازة أي أما فيها فتسن زيادته.
وكتب سم ما نصه: قوله إلا في الجنازة، كذا قيل.
ويؤخذ من قول المصنف في الجنائز كغيرها عدم زيادة وبركاته فيها أيضا.
اه.
(قوله: لكن اختير ندبها) أي لكن اختار بعضهم ندب وبركاته في غير الجنازة أيضا.
وهو استدراك دفع به ما يتوهم من قوله: على المنقول، أنه متفق عليه.
وحكى السبكي فيها ثلاثة أوجه، أشهرها: لا تسن ثانيها تسن ثالثها، تسن في الأولى دون الثانية.
(قوله: لثبوتها) أي لفظة وبركاته.
وهو علة الاختيار.
وقوله: من عدة طرق أي من طرق عديدة.
[I'aanah at Thoolibiin I/176, Cet. Nurul Ilmi Surabaya]

Wallahu A'lamu Bis Showaab

(Dijawab oleh: Ismidar Abdurrahman As-Sanusi)

Link Diskusi:

Komentari

Lebih baru Lebih lama