010. FIQIH SHALAT : TATA CARA BERSEDEKAP


ISMIDAR ABDURRAHMAN AS-SANUSI·16 AGUSTUS 2016

PERTANYAAN
aku mau nanya yg benar yg mana sedekapnya orang solat ap d atas pusar atau d bawahnya atau ke samping dan ap faidahnya tolg jelaskan
(Mazz Abu)

JAWABAN

Kedua tangan diangkat dan diletakkan dibawah dada bersamaan dengan posisi tangan kanan diatas tangan kiri

وعن وائل بن حجر قال: صليت مع النبي، فوضع يده اليمنى على يده اليسرى على صدره . اخرجه ابن خزيمة

Diriwayatkan dari Wail bin Hujr, ia berkata : “Aku shalat berserta Nabi kemudian beliau meletakkan tangan kanannya atas tangan kirinya diatas dadanya”. (HR.Ibnu Khuzaimah)
Subulus Salaam I/368

واخرج ابو داود ايضا عن طاوس أنه قال: كان رسول الله صلى الله عليه وسلم يصع يده اليمنى على يده اليسرى ثم يشد بهما على صدره وهو في الصلاة وهو مرسل

Abu Dawud meriwayatkan dari Thawus ia berkata “Adalah Rasulullah saw meletakkan tangan kanannya diaats tangan kirinya kemudian menyekal keduanya diatas dadanya, dan beliau dalam keadaan shalat”. (Hadits Mursal).
Nail Authar II/187

حدثانا عبد الله بن صقر حدثانا محمد بن مصفى، حدثانا بقية ، عن حبيب بن صالح ، حدثانا عباس بن مؤنس ، عن شداد بن شرحبيل قال: مهما نسيت فلم انس اني ” رايت رسول الله صلى الله عليه وسلم قائما ” يصلى يده اليمنى على يده اليسرى قابضا عليها

Bercerita pada kami Abdullah bin Saqr, bercerita pada kami Muhammad bin Mushtafha, dari Habib bin Shalih, bercerita pada kami Abbas bin Muanis dari Syadaad bin Syarahil ia berkata: “Saat aku lupa maka tidak akan aku lupa bahwa aku melihat Rasulullah saw berdiri shalat dengan tangan kanannya diaats tangan kirinya dengan menggenggam keduanya. (Mu’jam as-Shahabah)

حدث اخر، اخرجه مسلم في ” صحيحه ” عن وائل بن حجر أنه راى رسول الله صلى الله عليه وسلم رفع يديه حين دخل في الصلاة كبر وصفهما حيال اذنيه، ثم التحف بثوبه، ثم وضع يده اليمنى اليسرى، مختصر

Sesungguhnya Wail bin Hujr melihat Rasulullah saw mengangkat kedua tangannya saat mulai shalat, bertakbir dan menjajarkannya dihadapan kedua kupingnya, kemudian berselimut dengan gaunnya dan kemudian meletakkan yangan kanannya diatas tangan kirinya. (Nasb ar-Raayah I/383)

(يسرى تحت بمناه جعل) ندبا بان يقبضه مع بعض الرسخ والساعد بيميناه. (اسفل صدر) وفوق السرة لخبر ابن خزيمة في صحيحه عن وائل بن حجر { صليت مع النبي صلى الله عليه وسلم فوضع يده اليمنى على يده اليسرى على صدره } اي اخره فتيكون اليد تحته بقرينة روايته { تحت صدره } ابو داود باسناد صحيح على ظهر كفه اليسرى الرسخ والساعد. قال في الأم : والقصد من وضع اليمنى على اليسرى تسكين يديه فان ارسلهما بلا غبس فلا بأس والحكمة في جعلهما تحت الدر ان يكونا فوق اشرف الاعضاء وهو القلب فانه تحت الصدر

(Meletakkan tangan kanannya diatas tangan kirinya) hukumnya sunat yakni dengan menggenggam tangan kiri disertai sebagian pergelangan dan lengan bawahnya dengan tangan kanannya (dibawah dada) dan diatas pusat berdasarkan hadits Wail bin Hujr, ia berkata “Aku shalat berserta Nabi kemudian beliau meletakkan tangan kanannya atas tangan kirinya diatas dadanya”. (HR.Ibnu Khuzaimah)

Imam Syafi’i dalam kitab al-Uum berkata “Tujuan meletakkan tangan kanan diatas tangan kiri adalah agar kedua tangan tenang, bila melepasnya tidak terjadi main-main maka tidak bahaya, sedang hikmah diletakkan dibawah dada agar keduanya berada dibawah paling mulianya anggota tubuh manusia yaitu hati karena sesungguhnya berada dibawah dada.
Syarh al-Bahjah al-Wardhiyyah III/339

ووضع يمناه اي يسن للمصلى في القيام او بدله وضع يمناه على كوع اليسار وبعض ساعده ورسغه باسطا اصبعها في عرض المفصل اسفل صدر لانه صلى الله عليه وسلم رفع يديه حين دخل في الصلاة ثم وضع يده اليمنى على يده اليسرى والقصد من وضع اليمنى على اليسرى تسكين يديه فان ارسلهما بلا عبس فلا بأس والحكمة في جعلهما تحت الصدر ان تكونا فوق اشرف الاعضاء وهو القلب فانه تحت الصدر

Meletakkan tangan kanannya diatas tangan kirinya artinya disunahkan bagi orang yang shalat saat berdiri atau saat pengganti berdiri meletakkan tangan kanannya diatas pergelangan tangan kirinya dan sebagian pergelangan dan lengan bawahnya dengan membeber kedua jemarinya melintangi persendian tangan karena Nabi saw mengangkat kedua tangan beliau saat mulai shalat kemudian meletakkan tangan kanannya diatas tangan kirinya.

Tujuan meletakkan tangan kanan diatas tangan kiri adalah agar kedua tangan tenang, bila melepasnya tidak terjadi main-main maka tidak bahaya, sedang hikmah diletakkan dibawah dada agar keduanya berada dibawah paling mulianya anggota tubuh manusia yaitu hati karena sesungguhnya ia berada dibawah dada.
Syarh Kitaab Ghooyah al-Bayaan I/186

اختلف العلماء في ذلك على اربعة اقوال : الاول ان يضع المصلي يده اليمنى على يده اليسرى ، وهو اختيار جمهور العلماء من الحنافية والشافعية والحنابلة ، وهو رواية مطرف وابن الماجشون عن مالك ، وقالوا : انه السنة
(3) واستدلوا بما يلي : ا - ما رواه سهل بن سعد قال : كان الناس يؤمرون ان يضع المصلي اليد اليمنى على ذراعه اليسرى في الصلاة . قال ابو حازم : لا اعلمه الا يمنى 
(4) ذلك الى النبي صلى الله عليه وسلم .
(1) ب - ما روي عن وائل بن حجر في صفة صلاة على كفه اليسرى والرسخ والساعد .
(2) ج - ما روي عن عبد الله بن مسعود انه قال : مر بي النبي صلى الله عليه وسلم وانا واضع يدي اليسرى على اليمنى فاخذ يدي اليمنى فوضعها على اليسرى
_______________
(3) بدائع الصنائع في ترتيب الشرائع 2 / 533 للعلامة علاء الدين ابي بكر بن مسعود الكاساني الحنافي - مطبعة الامام بالقاهرة ، ومغنى المحتاج 1 / 152 للخطيب الشربيني - دار الفكر بيرت، وكشاف القناء 1 / 333 للعلامة منصور بن يونس بن ادريس البهوتي، الناشر مكتبة النصر الحديثة / صحيح البخاري 1 / 296 للامام ابي عبد الله محمد بن اسماعيل البخاري نسر الطباعة المنيرة / بالقاهرة .
(2) صحيح مسلم 1 / 301 للامام ابي حسين مسلم بن حجاج القشيري النيسابوري / طبع دار احياء الكتب العربية - عيسى الحبلى / القاهرة، ونيل الاوطار 2 / 207، 208 للشيخ محمد ابن على الشوكاني / مطبعة مصطفى الحبلي.
(1) سنن ابن ماجه 1 / 266 للحافظ ابي عبد الله محمد بن يزيد القزويني / مطبعة عيسى الحبلي / القاهرة .

TATA CARA MELETAKKAN KEDUA TANGAN SAAT SHALAT

Ulama berbeda dalam empat pendapat mengenai hal ini :
1. Meletakkan tangan kanan diatas tangan kiri adalah pendapat terpilih dalam Mayoritas Kalangan Hanafiyyah, Syafi’iyyah dan Hanabilah juga merupakan riwayat dari Mutharraf, Ibnu al-Maajisyuun dari madzhab Maliki, mereka menilai yang demikian disunahkan dengan berpatikan pada hadits
a. Riwayat Sahl bin Sa’ad ia berkata : Adalah orang-orang memerintahkan orang yang shalat meletakkan tangan kanannya diatas hasta kirinya, Ibnu Hazim berkata “Aku tidak mengetahui yang demikian selain keterangannya disandarkan pada Nabi saw”. (HR.Bukhari)
b. Riwayat Wail bin Hujr dalam menggambarkan shalat Nabi SAW sesungguhnya beliau meletakkan tangan kanannya diatas telapak kiri dan sebagian pergelangan dan lengan bawahnya. (HR.Muslim)
c. Riwayat Ibnu Mas’ud ia berkata : Nabi SAW melewatiku sedang aku meletakkan tangan kiriku diatas tangan kananku kemudian beliau memegang tangan kananku dan meletakkan diatas tangan kiriku. (HR.Ibnu Majah)
Al-Mausu’ah al-Fiqhiyyah III/94

Wallahu A’lamu Bis Showaab.

(Mujawwib: Ust. Masaji Anggoro)

Link Asal:
https://m.facebook.com/groups/asawaja/permalink949654081749244/?refid=18

Link Dokumen:
https://www.facebook.com/notes/diskusi-hukum-fiqih-berdasarkan-empat-madzhab/010-fiqih-shalat-tata-cara-bersedekap/1069618079752843/

Komentari

Lebih baru Lebih lama