011. STATUS PERNIKAHAN NON MUSLIM BILA ISTRI MASUK ISLAM

Pertanyaan:
Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh para kiyaiku mohon jawabannya

Sepasang pasutri beragama Nasrani,, ketika si istri masuk islam tapi suami tidak, maka bagaimana hukum status pernikahan mereka? Apakah masih sah berumah tangga meski sudah beda agama? Atau si istri wajib minta cerai?
[Al Faqiir]

Jawaban:
Wa'alaikumussalam Warahmatullahi Wabarakatuh

Bila Istri masuk Islam duluan dan suami masih dalam kekafirannya maka bila Sebelum istri masuk Islam suami Sempat bersenggama dengannya maka ketika istri masuk Islam hubungan pernikahannya ditangguhkan sampai suami masuk Islam dan istri masih dalam masa Iddah. Maksudnya ketika istri masuk Islam maka statusnya istri bagaikan terceraikan dan ketika ia masuk Islam ia berada dalam masa Iddah thalak pada umumnya yaitu cerai hidup maka bila suami memeluk Islam ketika istri masih dalam masa Iddah maka pernikahan mereka tetap adanya yakni tidak putus dan ketika sang suami tidak masuk Islam saat istri pada masa Iddah maka pernikahan mereka terputus, dalam arti tidak ada hubungan pernikahan lagi. Hitungan putus pernikahan mereka dimulai dari istri memeluk Islam. Namun, bila Sebelum istri masuk Islam belum pernah ada hubungan badan maka hubungan pernikahan mereka putus terhitung dari masuk Islamnya istri karena sebelum ada hubungan badan tidak ada Iddah.

Wallahu A'lam

Ibarot :

إعانة الطالبين على حل ألفاظ فتح المعين الجزء الثالث صحـ ٢٩٥-٢٩٦ المكتبة نور العلم سورابايا
ولو أسلمت وأصر على الكفر: فإن دخل بها وأسلم في العدة دام النكاح، وإلا فالفرقة من إسلامها.
(قوله: ولو أسلمت) الضمير يعود على زوجة الكافر مطلقا، كتابية كانت أو وثنية، وهو أولى من عوده إلى الوثنية فقط.
وإن كانت أقرب مذكور لأنه يبقى عليه الكتابية.
وقوله وأصر أي دام زوجها الكافر، كتابيا كان أو وثنيا، على الكفر (قوله: فإن دخل بها) أي قبل إسلامها، وقوله: وأسلم: أي الزوج (قوله: وإلا) أي وإن لم يسلم في العدة، وسكت عن مفهوم دخل بها.
ولا يقال إن قوله وإلا راجع إليه أيضا لأنه يصير المعنى عليه وإن لم يدخل بها ولم يسلم في العدة تبينت الفرقة من حين إسلامها، وذلك لا يصح، لأنه إذا لم يدخل بها لا عدة حتى أنه يصح أن يقول بعده ولم يسلم في العدة.
وكان المناسب أن يجعله على نمط ما قبله بأن يقول: فإن كان أي إسلامها قبل الدخول تنجزت الفرقة، أو بعده وأسلم في العدة دام نكاحه، وإلا فالفرقة من حين إسلامها.
فتنبه.

(Dijawab oleh: Ismidar Abdurrahman As-Sanusi)

Link Diskusi:

Komentari

Lebih baru Lebih lama