012. FIQIH SHALAT : SUJUD SAHWI




ISMIDAR ABDURRAHMAN AS-SANUSI·16 AGUSTUS 2016

PERTANYAAN
> Hamidah Cholil
Pengen tanya’ ? Yang bner jumlh sujd sahwi itu 2 apa 1.
Mohon dijawab.
Wassalam...

JAWABAN
> Mas Ja’far
SAHWI adalah ‘Sujud Tambahan” karena lupa, maksudnya sujud dua kali karena ragu atau terlupa salah satu rukun shalat, baik kelebihan maupun kekurangan dalam melaksanakannya. Sedang hukumnya adalah Sunat mu’akad.
Sahwi secara bahasa bermakna lupa atau lalai. Sujud sahwi secara istilah adalah sujud yang dilakukan di akhir shalat atau setelah shalat untuk menutupi cacat dalam shalat karena meninggalkan sesuatu yang diperintahkan atau mengerjakan sesuatu yang dilarang dengan tidak sengaja. Dalilnya hadits berikut:

إذا شك احدكم في صلاته فلم يدركم صلى ثلاثا أم اربعا فليطرح الشك وليبن على ما استيقن ثم يسجد سجدتين قبل أن يسلم فإن كان صلى خمسا شفعن له صلاته وإن كان صلى إتماما لأربع كانتا ترغيما للشيطان

”Apabila salah seorang dari kalian ragu dalam shalatnya, dan tidak mengetahui berapa rakaat dia shalat, tiga ataukah empat rakaat maka buanglah keraguan, dan ambillah yang yakin. Kemudian sujudlah dua kali sebelum salam. Jika ternyata dia shalat lima rakaat, maka sujudnya telah menggenapkan shalatnya. Lalu jika ternyata shalatnya memang empat rakaat, maka sujudnya itu adalah sebagai penghinaan bagi setan”. (HR. Muslim no. 571)

TATA CARA SUJUD SAHWI
Cara melakukan sujud sahwi sebelum salam. Dijelaskan dalam hadits Abdullah bin Buhainah:

فلم أتم صلاته سجد سجدتين فكبر في كل سجدة وهو جالس قبل أن يسلم

”Setelah beliau menyempurnakan shalatnya , beliau sujud dua kali. Ketika itu beliau bertakbir pada setiap akan sujud dalam posisi duduk. Beliau lakukan sujud sahwi ini sebelum salam”. (HR. Bukhari no. 1224 dan Muslim no. 570).

Sebagaimana telah dijelaskan dalam hadits bahwa sujud sahwi dilakukan dengan dua kali sujud di akhir shalat -sebelum salam- setelah bacaan sholat fil alamina innaka hamidummajiid.. Lalu takbir “ALLAHU AKBAR.. Kemudian sujud bangkit dari sujud bertakbir lagi, takbir lagi kemudian sujud lagi .. Kemudian langsung salam. (tidak perlu tasahud). APAKAH PERLU TASYAHUD SETELAH SUJUD KEDUA DARI SUJUD SAHWI?
Pendapat yang terkuat diantara pendapat ulama yang ada, tidak perlu untuk tasyahud lagi setelah sujud kedua dari sujud sahwi karena tidak ada dalil dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam yang menerangkan hal ini. Adapun dalil yang biasa jadi pegangan bagi yang berpendapat adanya, dalilnya adalah dalil-dalil yang lemah. Jadi cukup ketika melakukan sujud sahwi, bertakbir untuk sujud pertama, lalu sujud. Kemudian bertakbir lagi untuk bangkit dari sujud pertama dan duduk sebagaimana duduk antara dua sujud (duduk iftirosy). Setelah itu bertakbir dan sujud kembali. Lalu bertakbir kembali, kemudian duduk tawaruk. Setelah itu salam, tanpa tasyahud lagi sebelumnya.

BACAAN SUJUD SAHWI
Sebagian ulama menganjurkan bacaan ini ketika sujud sahwi, “Subhana man laa yanaamu wa la yashuw” (Maha suci Dzat yang tidak mungkin tidur dan lupa). 
Namun dzikir sujud sahwi diatas cuma anjuran saja dari sebagian ulama dan tanpa didukung oleh dalil.
Ibnu Hajar rahimahullah mengatakan, “Perkataan beliau, “Aku telah mendengar sebagian ulama yang menceritakan tentang dianjurkannya bacaan: “Subhaana man laa yanaamu wa la yashuw” ketika sujud sahwi (pada kedua sujudnya), maka aku katakan, “Aku tidak mendapatkan asalnya sama sekali, sehingga yang tepat mengenai bacaan ketika sujud sahwi adalah seperti bacaan sujud biasa ketika shalat”. “Subhaana robbiyal al’laa [Maha Suci Allah Yang Maha Tinggi]
Semoga bermanfaat....

> Masaji Anggoro
Wa’alaikumussalam

Empat Madzhab sepakat bahwasanya sujud sahwi itu dua kali. Namun mereka hanya berselisih dalam penempatan sujud sahwi tersebut. Pendapat yang kami ikuti (Madzhab Syafi’i) yaitu sujud sahwi dilakukan sebelum salam.

Bahkan, andaikan seseorang melakukan sujud sahwi dengan satu kali sujud dengan sengaja maka sholatnya BATAL.

-Kitab Al-Fiqh Al-Madzahib Al-Arba’ah

( الحنفية قالوا : سجود السهو هو عبارة عن سجد المصلي سجدتين ...
الشافعية قالوا : سجود السهو هو أن يأتي المصلي بسجتين سجود الصلاة قبل السلام وبعد التشهد والصلاة النبي وآله بنية ...
والمالكية قالوا : سجود السهو سجدتان يتشهد بعدهما بدون دعاء وصلاة على النبي صلى الله عليه وسلم ...
الحنابلة قالوا : سجود السهو هو أن يكبر وسجد سجدتين وهذا القدر متفق عليه ...

http://islamport.com/w/fqh/Web/2793/700.htm

-Kitab Syarh Al-Yaquut An-Nafiis hal. 166

الخلاصة : سجود السهو سجدتان ، فلو اقتصر على واحدة عامدا ... بطلت صلاته ؛ لأنه تعمد الإتيان بسجدة سجدة ليست مشروعية ، ومحله أخر الصلاة ، فلو سجد قبل التشهد ساهبا ... إعاده

Wallahu A’lamu Bis Showaab.
Link Dokumen:
https://www.facebook.com/notes/diskusi-hukum-fiqih-berdasarkan-empat-madzhab/012-fiqih-shalat-sujud-sahwi/1069727399741911/

Komentari

Lebih baru Lebih lama