0123. MASALAH TAYAMMUM DENGAN MENEMPELKAN TANGAN PADA TEMBOK, KURSI, DAN PADA KENDARAAN SERTA STATUS WUDHU MENYENTUH KEMALUAN

ISMIDAR ABDURRAHMAN AS-SANUSI·21 OKTOBER 2016

PERTANYAAN  
> Ismidar Abdurrahman As-Sanusi
Assalamu'alaikum 

DISKRIPSI MASALAH
Pada malam kamis yang lewat ada pengajian atau bisa dibilang kegiatan  asrama (ma'had) pelajarannya fikih ibadah, ada seorang ustadz (ga' jelas  apakah dari Muhammadiyyah atau bukan) tapi jika dilihat tidak begitu  melenceng dari empat madzhab. Dari keterangan beliau bisa saya tangkap  sebagai berikut:
 1. Jika keadaan tidak memungkinkan boleh  bertayammum dengan cara menempelkan tangan pada tembok-tembok, semisal  dinding tiang, kalau di mobil bisa di tempat persandaran kursi baik depan, belakang maupun belakang, begitu juga dipesawat.
 2. Menyentuh kemaluan tidak membatalkan wudhu jika tidak syahwat meskipun secara langsung (menggunakan telapak tangan)
  3. Segala sesuatu yang keluar dari dua jalan membatalkan wudhu baik  yang biasa maupun tidak seperti emas bahkan menurut beliau keluar  manipun membatalkan wudhu namun wajib mandi? Keterangan beliau ini  beliau dasarkan dg hadits Aisyah yang mengerik sisa mani yang masih  tersisa di kain rasul kemudian rasul membawa sholat kain ada bekas mani  tersebut.  

Pertanyaan:
  1. Benarkah sah tayammum sebagaimana diskripsi diatas, meskipun kita  tidak yakin pada tembok-tembok dan kursi-kursi tersebut tidak terdapati  debu?
 2. Benarkah menyentuh kemaluan jika tidak terdapati kenikmatan  (syahwat) ketika menyentuhnya tidak membatalkan wudhu meski  menyentuhnya secara langsung?
 3. Apa benar keluar mani membatalkan wudhu?  

Diharapkan jawabannya berdasarkan ibaroh kitab klasik dan tidak  dibenarkan mengambil fatwa yang menyimpang dari judul gruf. Agar jawaba  tersebut bisa di dok kan dan menjadi suatu dasar dalam ilmu dan ibadah  saya pada khususnya
 Atas jawabannya saya haturkan ribuan terima kasih.
 Wassalamu'alaikum 

JAWABAN
> Masaji Anggoro Wa'alaikumussalam

1.  Menurut Mayoritas Ahli dan Kalangan Syafi'iyyah bila tembok atau kursi  tersebut ada HAMBAAR (bledhuk-java_pent) maka sah tetapi jika tidak maka  tidak sah.

عبارة النهاية  وبرمل لا يلصق بالعضو ولو كان ناعما فيه غبار منه ولو بسحقه لأنه من طبقات  الأرض والتراب جنس له فلا يصح برمل ولو ناعما لا غبار فيه أو فيه غبار لكن  الرمل يلصق بالعضو لمنعه وصول التراب إلى العضو اه زاد المغني ويؤخذ من هذا  شرط آخر في التراب وهو أن يكون له غبار يعلق بالوجه واليدين

Redaksi  dalam kitab an-Nihayah : Dan boleh tayammum dengan pasir dengan syarat  yang tidak melekat pada anggota tubuh meskipun halus dan terdapat  hamburnya meskipun sudah teramat lembut karena ia tergolong  lapisan-lapisan tanah dan debu termasuk bagian didalamnya maka tidak sah  tayammum dengan menggunakan pasir meskipun sudah halus yang tidak ada  hamburnya (bledhuk-java-pent.), atau yang ada hamburnya hanya saja  pasirnya dapat melekat pada anggota tubuh.
Kitab  al-Mughni menambahkan keterangan diatas “Dari sini dapat disimpulkan  bahwa debu yang digunakan sebagai sarana tayammum disyaratkan harus  memiliki hambur yang dapat melekat pada wajah dan kedua tangan saat  ditempelkan”.
Hasyiyah as-Syarwani I/353

أما  حكم المسألة فمذهبنا أنه لا يصح التيمم الا بتراب هذا هو المعروف في  المذهب وبه قطع الاصحاب وتظاهرت عليه نصوص الشافعي وحكي الرافعى عن أبي عبد  الله الحناطي بالحاء المهملة والنون أنه حكي في جواز التيمم بالذريره  والنورة والزرنيخ والاحجار المدقوقة والقوارير المسحوقة وأشباهها قولين  للشافعي وهذا نقل غريب ضعيف شاذ مردود انما أذكره للتنبيه عليه لئلا يغتر  به والصحيح في المذهب أنه لا يجوز الا بتراب وبه قال أحمد وابن المنذر  وداود قال الازهرى والقاضى أبو الطيب هو قول أكثر الفقهاء وقال أبو حنيفة  ومالك يجوز بكل أجزاء الارض حتى بصخرة مغسولة وقال بعص أصحاب مالك يجوز بكل  ما اتصل بالارض كالخشب والثلج وغيرهما وفى الملح ثلاثة أقوال لاصحاب: مالك  أحدها: يجوز

Sedang mengenai masalah hukum, menurut  Madzhab Kami (Syafi’iyyah) tidak sah tayammum kecuali dengan memakai  debu, ini yang dikenal dalam madzhab kami dan telah diputuskan oleh para  penganut Syafi’iyyah yang telah selaras dengan pernyataan dari Imam  Syafi’i.
Imam ar-Rofi’i menghikayahkan dari Abu  Abdullah al-Khonaathy akan kebolehan bertayammum memakai dzarirah  (tumbuhan berdaun hijau), kapur, warangan, kayu yang dilembutkan, botol  kaca yang dihaluskan dan sejenisnya dan ini adalah pendapat yang aneh,  dhoif, menyimpang dan tertolak, sengaja kami tuturkan agar tidak  terperdaya dengan pendapat tersebut karena pendapat yang shahih  menyatakan tidak bolehnya bertayammum kecuali dengan sarana debu seperti  pendapat yang dipegang oleh Imam Ahmad, Ibn Mundzir dan Imam Daud.
Al-Azhari  dan al-Qadhi Abu Thoyyib berkata yang demikian adalah pendapat  mayoritas Ulama Fiqh, Imam Abu Hanifah dan Imam Malik berkata boleh  tayammum menggunakan setiap benda-benda bumi hingga batu besar yang  telah dicuci sedang pengikut Imam Malik membolehkan memakai setiap benda  yang asal mulanya bertemu dengan tanah seperti kayu, es dan sebagainya  sedang dalam kebolehan tayammum dengan garam terdapat tiga pendapat  dikalangan pengikut Imam Malik yang salah satunya memperbolehkannya.
Al-Majmu’ ‘Alaa Sarh al-Muhadzdzab II/212 
______________________________

 2.  Menyentuh kemaluan dengan telapak tangan atau perut anak jari  membatalkan wudhu meskipun tidak menimbulkan syahwat menurut Syafi'iyyah  berdasarkan keumuma hadits :

مَنْ مَسَّ ذَكَرَهُ فَلْيَتَوَضَّأْ

"Barang siapa yang menyentuh dzakar (kemaluan) nya, maka hendaklah ia berwudhu". (Sunan Abu Dawud, no.181)

إِذَا أَفْضَى أَحَدُكُمْ بِيَدِهِ إِلَى فَرْجِهِ، وَلَيْسَ بَيْنَهُمَا سِتْرٌ وَلَا حِجَابٌ، فَلْيَتَوَضَّأْ

"  Apabila salah seorang dari kamu menyentuh farajnya dengan tangannya,  dimana tidak ada penghalang dan hijab antara keduanya, maka hendaklah ia  berwudhu’". (Shohih Ibnu Hibban, no.1118)

(شرح المحلي)
الرابع:  مس قبل الآدمي) ذكرا كان أو أنثى من نفسه أو غيره (ببطن الكف) الأصل في  ذلك حديث الترمذي وابن حبان وغيرهما «من مس ذكره وفي رواية فرجه فليتوضأ»  والمراد المس ببطن الكف لحديث ابن حبان «إذا أفضى أحدكم بيده إلى فرجه،  وليس بينهما ستر ولا حجاب فليتوضأ» والإفضاء لغة المس ببطن الكف
..............................
(حاشية قليوبي)
والناقض في الرجل جميع الذكر لا ما نبت عليه الشعر

Hasyiyah alQulyubi I/37-38

 والمراد بمس قبل المرأة والدبر مس ملتقى المنفذ فلا نقض بمس غيره وغير  الذكر كالأنثيين وباطن الأليين والعانة وما أفتى به القفال من أن مس شعر  الفرج ينقض جرى فيه على طريق المراوزة من أن لمس الشعر ينقض والأصح خلافه 

Asa al-Mathoolib I/57

و)  الخامس، وهو آخر النواقض (مس فرج الآدمي بباطن الكف) –إلى أن قال- والمراد  بها ملتقى المنفذ؛ وبباطن الكف الراحة مع بطون الأصابع. وخرج بباطن الكف  ظاهره وحرفه ورؤوس الأصابع وما بينها، فلا نقض بذلك أي بعد التحامل اليسير
..........................
قوله : 0مس فرج الأدمي) –إلى أن قال- وهو في الرجل جميع الذكر لا ما تنبت عليه العانة

Hasyiyah al-Bajuri ala Fath al-Qorib I/136-137 
________________________________


Masaji Anggoro 3. Keluar mani tidak membatalkan wudhu tapi wajib mandi

.
(فصل)  نوا قض الوضوء أربعة أشياء: (الأول) الخارج من أحد السبيلين من قبل أو دبر  ريح أو غيره إلا المنى، (الثاني) زوال العقل بنوم أو غيره إلا نوم قاعد،  ممكن مقعده من الأرض، (الثالث) التقاء بشرتي رجل وامرأة كبيرين من غير  حائل، (الرابع) مس قبل الآدمي أو حلقة دبره ببطن الراحة أو بطون الأصابع.

PERKARA YANG MEMBATALKAN WUDLU' 4 HAL :
1. Keluar sesuatu dari qubul atau dubur baik berupa angin atau lainnya kecuali keluar mani, 
2.  Hilang akal sebab tidur atau lainnya kecuali tidurnya orang yang duduk,  yang menetapkan pantatnya pada bumi (pada alas, penj). 
3. Bersentuhan antara kulit laki-laki dan perempuan yang sama-sama dewasa tanpa adanya penghalang, 
4.  Memegang (menyentuh) qubul anak adam (manusia, penj) atau area  lingkaran duburnya dengan telapak tangan atau telapak jari-jari tangan. 
[Safinatun Najaa].

الفرق بين المني والمذي والودي :
المني : ماء أبيض يتدفق حال خروجه ويخرج بشهوة ويعقب خروجه فتور.
المذي : ماء أبيض رقيق لزج يخرج عند ثوران الشهوة بلا شهوة كاملة
الودي : ماء أبيض ثخين كدر يخرج بعد البول أو عند حمل شيئ ثقيل
الحكم عند خروج أحدها :
المني يوجب الغسل ولا ينقض الوضوء وهو طاهر
المذي والودي حكمهما كالبول فينقضان الوضوء وهما نجسان
علامة المني يجب الغسل إذا وجدت إحدى هذه العلامات ولا يشترط كلها والمرأة مثل الرجل في ذلك وهي ثلاثة :
1. التلذذ بخروجه أي يخرج بشهوة
2. التدفق أي يخرج على دفعات
3. الرائحة إذا كان رطبا كرائحة العجين أو الطلع ، وإذا كان جافا كرائحة بياض البيض
فليس من علامات المني كونه أبيضا أو يعقب خروجه فتور ولكن هذا على سبيل الغالب
كما قال صاحب صفوة الزبد :
ويعرف المني باللذة حين # خروجه وريح طلع أو عجن
مسألة  : إذا شك هل الخارج مني ام مذي فما الحكم؟ يتخير فإن شاء جعله منيا فيجب  عليه الغسل وإن شاء جعله مذيا فينتقض وضوؤه ويجب غسل ما أصابه منه والأفضل  أن يجمع بينهما فيغتسل ويغسل ما اصابه منه

At-Taqriirot as-Sadiidah Hal. 115-116

Wallahu A'lamu Bis Showaab.
====================
>  Ruswandirus Af NaHra 
Wa'alaikumussalaam 

Dan ket no 3 diatas 
Mani nempel dikain Rosul g ada hub sma mbatalkn wudlu,,, itu mnunjukn bhw mani tu tdk najis 

> Abdullah Al-Jamal 
Wa'alaikumussalam 

Yupz^^  Idem dengan jawaban teman-teman diatas. Saya hanya menambahkan untuk  No. 1. Menurut Syafi'iyyah Tayammum harus menggunakan debu maka tidak  sah tayammum dengan menempelkan tangan pada tembok+tembok seperti  dinding karena tembok+tembok tersebut tidak dianggap debu menurut Urf.

أماحكم  المسألة فمذهبناأنه لايصح التيمم إلابتراب هذاهوالمعروف في المذهب وبه قطع  الاصحاب وتظاهرت عليه نصوص الشفعي وحكي الرفعي عن ابن عبدالله الحناطي  بالحاءالمهمالة والنون انه حكي في جوازالتيمم بالذريرة والنورة والزنيخ  والاحجارالمدقوقة والقواريرالمسحوقة وأشباهماقولين للشافعي وهذانقل غريب  ضعيف شاذمردودوإنماأذكره للتنبيه عليه لئلايغتربه والصحوح في المذهب انه  لايجوزإلابتراب وبه قال أحمدوابن المنذيروداودقال الأزهروالقاضي أبوالطيب  هوقول أكثرالفقهاءوقال ابوحنيفة ومالك يجوزبكل أجزاءالارض حتي بصخرة مغسولة  وقال بعض أصحاب مالك جوزبكل مااتصل بالارض كالخشب والثلج وغيرهماوفي الملح  ثلاثة أقوال لاصحاب مالك أحدهايجوز

Al-Majmu' ala Syarh Al-Muhadzdzab II/245

Wallahu A'lamu Bis Showaab

LINK ASAL:
https://www.facebook.com/groups/asawaja/permalink/1128415017206482/

Dokumen FB:
https://www.facebook.com/notes/diskusi-hukum-fiqih-berdasarkan-empat-madzhab/0123-masalah-tayammum-dengan-menempelkan-tangan-pada-tembok-kursi-dan-pada-kenda/1128970190484298/

Komentari

Lebih baru Lebih lama