0167. PERIHAL SHALAT QABLIYAH MAGHRIB

Pertanyaan:
Assalamualaikum,apakah ada sholat sunah yg dikerjakan sebelum sholat Maghrib, kalau ada sholat sunah apa namanya.
[Junaedi Juned]

Jawaban:
Wa'alaikumussalam Warahmatullahi Wabarakatuh

Apakah selama ini tidak pernah ngaji atau bagaimana atau tidak ada ustadz didaerah-daerah masing-masing. Sungguh merugi hal seperti ini ditanyakan terlebih ada yang mengatakan shalat Qabliyah Maghrib tidak ada, padahal disebutkan hadits yang Shahih :

صلوا قبل صَلَاة الْمغرب قَالَ صلى الله عَلَيْهِ وَسلم فِي الْمرة الثَّالِثَة لمن شَاءَ
"Shalatlah kalian sebelum shalat Maghrib, beliau bersabda pada yang ke-tiga kalinya 'bagi yang mau'.

Oleh karena itu, Ulama Syafi'iyah memasukkan sholat Qabliyah Maghrib ini pada bagian shalat sunah yang tidak Muakkad, tetapi hukumnya sunah untuk dilakukan.

Disunahkan pelaksanaan shalat Qabliyah setelah menjawab adzan. Namun, bila imam cepat melaksanakan shalat fardhu maka shalat Qobliyyah dilakukan setelah shalat fardhu.

Kesimpulannya sebelum shalat Maghrib disunahkan shalat sunah Qabliyah Maghrib 2 raka'at dan hukumnya wajib sunah Ghoiru Muakkad. Memang ada pendapat dari Ulama Syafi'iyah tidak mensunahkan shalat Qabliyah Maghrib namun pendapat yang dishahihkan Imam Nawawi disunahkan, inilah yang banyak ditulis oleh Ulama Syafi'iyah Mu'tabar dan saya amalkan.

Wallahu alam

(Dijawab oleh: Ismidar Abdurrahman As-Sanusi)

Ibarot :

- Kitab Nihaayah az Zain :

(و) رَكْعَتَانِ خفيفتان (قبلهمَا) أَي الْمغرب وَالْعشَاء لقَوْله صلى الله عَلَيْهِ وَسلم صلوا قبل صَلَاة الْمغرب قَالَ صلى الله عَلَيْهِ وَسلم فِي الْمرة الثَّالِثَة لمن شَاءَ
وَإِنَّمَا قَالَ ذَلِك كَرَاهَة أَن يَتَّخِذهُ النَّاس طَريقَة لَازِمَة وَلقَوْله صلى الله عَلَيْهِ وَسلم بَين كل أذانين أَي أَذَان وَإِقَامَة صَلَاة وَيسْتَحب فعل الرَّوَاتِب الْقبلية بعد إِجَابَة الْمُؤَذّن فَإِن تَعَارَضَت هِيَ وفضيلة التَّحَرُّم لإسراع الإِمَام بِالْفَرْضِ عقب الْأَذَان أَخّرهَا إِلَى مَا بعْدهَا وَيكون ذَلِك عذرا فِي التَّأْخِير وَلَا يقدمهَا على الْإِجَابَة لِأَنَّهَا تفوت بِالتَّأْخِيرِ وللخلاف فِي وُجُوبهَا كَمَا قَالَه الشبراملسي

- Kitab Hasyiyah I'aanah at Thoolibiin :

(قوله: وقبلهما) أي قبل المغرب وقبل العشاء، وذلك لحديث عبد الله بن مغفل رضي الله عنه أن النبي - صلى الله عليه وسلم - قال: بين كل أذانين صلاة، بين كل أذانين صلاة، بين كل أذانين صلاة.
قال في الثالثة: لمن شاء رواه البخاري ومسلم.
والمراد بالأذانين الأذان والإقامة، باتفاق العلماء.

- Kitab Kifaayah Al Akhyaar :

وَهل يسْتَحبّ رَكْعَتَانِ قبل صَلَاة الْمغرب وَجْهَان قَالَ النَّوَوِيّ الصَّحِيح استحبابهما فقد ورد
(صلوا قبل الْمغرب قَالَ فِي الثَّالِثَة لمن شَاءَ) وَفِي رِوَايَة
(كَانُوا يبتدرون السَّوَارِي لَهما إِذا أذن الْمغرب حَتَّى إِن الرجل ليدْخل الْمَسْجِد فيحسب أَن الصَّلَاة قد صليت لِكَثْرَة من بصليهما) وَالثَّانِي لَا يستحبان لما روى ابْن عمر رَضِي الله عَنْهُمَا قَالَ
(مَا رَأَيْت أحدا يُصَلِّي الرَّكْعَتَيْنِ قبل الْمغرب على عهد رَسُول الله صلى الله عَلَيْهِ وَسلم) وَالله أعلم

Link Diskusi:

Komentari

Lebih baru Lebih lama