0168. ADAB : HUKUM MEMBACA AL-QURAN TANPA WUDHU

ISMIDAR ABDURRAHMAN AS-SANUSI·20 NOVEMBER 2016

PERTANYAAN  
> Ahmad Maulana
Assalamu'alaikum
Selamat sore para ustadz n'ustadzah mau tanya lagi nich, apa boleh orang yang tidak punya wudhu membaca alQuran tapi tidak memegangnya?
Mohon pencerahannya.
Wassalamu'alaikum 

JAWABAN
> Ismidar Abdurrahman As-Sanusi 
Wa'alaikumussalam

Para Ulama sepakat bahwa orang yang sedang menanggung hadats kecil (tidak punya wudhu) diperbolehkan membaca dan dan atau melihat al-Quran dengan tidak menyentuhnya (memegangnya). Begitu juga diperbolehkan bagi anak kecil untuk memegang al-Quran untuk tujuan belajar. Namun, yang utama ialah berwudhu.

وَاتَّفَقَ الْفُقَهَاءُ عَلَى ُأَنَّ غَيْرَ الْمُتَوَضِّئِ يَجُوْزُ لَهُ تِلَاوَةُ الْقُرْآنِ أَوِ النَّظَرُ إِلَيْهِ دُوْنَ لَمْسِهِ، كَمَا أَجَازُوْا لِلصَّبِيِّ لَمْسَ الْقُرْآنِ لِلتَّعَلُّمِ؛ لِأَنَّهُ غَيْرُ مُكَلَّفٍ، وَالْأَفْضَلُ اَلتَّوَضُّؤُ.وَقَدْ حَرَّمَ الْمَالِكِيَّةُ وَالشَّافِعِيَّةُ مَسَّ الْقُرْآنِ بِالْحَدَثِ الْأَصْغَرِ وَلَوْ بِحَائِلٍ أَوْ عُوْدٍ، وَأَجَازَ الْحَنَفِيَّةُ وَالْحَنَابِلَةُ مَسَّهُ بِحَائِلٍ أَوْ عُوْدٍ طَاِهِرَيْنِ.

Al-Fiqh al-Islaam I/395

Wallahu A'lamu Bis Showaab

Link Asal>>
https://www.facebook.com/groups/asawaja/permalink/1159544040760246/

Dokumen FB:
https://www.facebook.com/notes/diskusi-hukum-fiqih-berdasarkan-empat-madzhab/0168-adab-hukum-membaca-al-quran-tanpa-wudhu/1159677980746852/

Komentari

Lebih baru Lebih lama