ISMIDAR ABDURRAHMAN AS-SANUSI·20 NOVEMBER 2016
PERTANYAAN
> Ahmad Maulana
Assalamu'alaikum
Selamat sore para ustadz n'ustadzah mau tanya lagi nich, apa boleh orang yang tidak punya wudhu membaca alQuran tapi tidak memegangnya?
Mohon pencerahannya.
Wassalamu'alaikum
JAWABAN
> Ismidar Abdurrahman As-Sanusi
Wa'alaikumussalam
Para Ulama sepakat bahwa orang yang sedang menanggung hadats kecil (tidak punya wudhu) diperbolehkan membaca dan dan atau melihat al-Quran dengan tidak menyentuhnya (memegangnya). Begitu juga diperbolehkan bagi anak kecil untuk memegang al-Quran untuk tujuan belajar. Namun, yang utama ialah berwudhu.
وَاتَّفَقَ الْفُقَهَاءُ عَلَى ُأَنَّ غَيْرَ الْمُتَوَضِّئِ يَجُوْزُ لَهُ تِلَاوَةُ الْقُرْآنِ أَوِ النَّظَرُ إِلَيْهِ دُوْنَ لَمْسِهِ، كَمَا أَجَازُوْا لِلصَّبِيِّ لَمْسَ الْقُرْآنِ لِلتَّعَلُّمِ؛ لِأَنَّهُ غَيْرُ مُكَلَّفٍ، وَالْأَفْضَلُ اَلتَّوَضُّؤُ.وَقَدْ حَرَّمَ الْمَالِكِيَّةُ وَالشَّافِعِيَّةُ مَسَّ الْقُرْآنِ بِالْحَدَثِ الْأَصْغَرِ وَلَوْ بِحَائِلٍ أَوْ عُوْدٍ، وَأَجَازَ الْحَنَفِيَّةُ وَالْحَنَابِلَةُ مَسَّهُ بِحَائِلٍ أَوْ عُوْدٍ طَاِهِرَيْنِ.
Al-Fiqh al-Islaam I/395
Wallahu A'lamu Bis Showaab
Link Asal>>
https://www.facebook.com/groups/asawaja/permalink/1159544040760246/
Dokumen FB:
https://www.facebook.com/notes/diskusi-hukum-fiqih-berdasarkan-empat-madzhab/0168-adab-hukum-membaca-al-quran-tanpa-wudhu/1159677980746852/
PERTANYAAN
> Ahmad Maulana
Assalamu'alaikum
Selamat sore para ustadz n'ustadzah mau tanya lagi nich, apa boleh orang yang tidak punya wudhu membaca alQuran tapi tidak memegangnya?
Mohon pencerahannya.
Wassalamu'alaikum
JAWABAN
> Ismidar Abdurrahman As-Sanusi
Wa'alaikumussalam
Para Ulama sepakat bahwa orang yang sedang menanggung hadats kecil (tidak punya wudhu) diperbolehkan membaca dan dan atau melihat al-Quran dengan tidak menyentuhnya (memegangnya). Begitu juga diperbolehkan bagi anak kecil untuk memegang al-Quran untuk tujuan belajar. Namun, yang utama ialah berwudhu.
وَاتَّفَقَ الْفُقَهَاءُ عَلَى ُأَنَّ غَيْرَ الْمُتَوَضِّئِ يَجُوْزُ لَهُ تِلَاوَةُ الْقُرْآنِ أَوِ النَّظَرُ إِلَيْهِ دُوْنَ لَمْسِهِ، كَمَا أَجَازُوْا لِلصَّبِيِّ لَمْسَ الْقُرْآنِ لِلتَّعَلُّمِ؛ لِأَنَّهُ غَيْرُ مُكَلَّفٍ، وَالْأَفْضَلُ اَلتَّوَضُّؤُ.وَقَدْ حَرَّمَ الْمَالِكِيَّةُ وَالشَّافِعِيَّةُ مَسَّ الْقُرْآنِ بِالْحَدَثِ الْأَصْغَرِ وَلَوْ بِحَائِلٍ أَوْ عُوْدٍ، وَأَجَازَ الْحَنَفِيَّةُ وَالْحَنَابِلَةُ مَسَّهُ بِحَائِلٍ أَوْ عُوْدٍ طَاِهِرَيْنِ.
Al-Fiqh al-Islaam I/395
Wallahu A'lamu Bis Showaab
Link Asal>>
https://www.facebook.com/groups/asawaja/permalink/1159544040760246/
Dokumen FB:
https://www.facebook.com/notes/diskusi-hukum-fiqih-berdasarkan-empat-madzhab/0168-adab-hukum-membaca-al-quran-tanpa-wudhu/1159677980746852/