0260. FIQIH SHALAT : HUKUM MENJAHARKAN (MENGERASKAN) BACAAN PADA SHALAT YANG SIR (PELAN) DAN SEBALIKNYA










Pertanyaan  
> Ahmad Maulana @31 Maret pukul 19:18@
Assalamu'alaikum
Mau nanya kyai apa benar ketika sholat malam hari mensirkan (baca pelan) bacaannya makruh kalau ia adakah sumber hukumnya?
Terima kasih 

>> Tajmal @24 April 2023 Pukul 19:26@
assalamualaikum
pa yai, kan dlm solat yg fatihahnya di keraskan cman magrib,isya,subuh,, nah klo misalkan solatnya sendiri boleh tidak klo tidak di keraskan fatihahnya ??

JAWABAN
> Ismidar Abdurrahman As-Sanusi 
Wa'alaikumussalam

Ya, benar. Hukum mengeraskan bacaan pada shalat yang disunahkan dipelankan begitu juga sebaliknya hukumnya MAKRUH. Meskipun makruh tapi tidak sampai membatalkan shalat dan tidak perlu sujud sahwi, makruhnya termasuk makruh tanzih dalam madzhab Syafi'i. Sedangkan menurut Madzhab Hanbali tidak makruh hanya saja meninggalkan kesunahan.


المنهاج القويم شرح المقدمة الحضرمية ج ١ ص ١٢٥ المكتبة الشاملة 
ـ "و" يكره "الجهر في موضع الإسرار والإسرار في موضع الجهر والجهر" للمأموم "خلف الإمام" لمخالفته للاتباع المتأكد في ذلك. إهـ
“Dan dimakruhkan mengeraskan bacaan pada tempat yang disyariatkan dibaca pelan dan memelankan bacaan pada tempat yang disyariatkan dibaca keras, dan mengeraskan bacaan Bagi makmum dibelakang imam karena menyalahi aturan dibuat oleh Nabi secara perbuatan itu dinilai muakkad (sunah yang dianjurkan)”
[Al Minhaaj al Qowiim Syarh al Muqaddimah al Hadhromiyyah I/125]

فقه العبادات على المذهب الشافعي ج 1 ص 315
ولو جهر في موضع الإسرار، أو أسر في موضع الجهر لم تبطل صلاته، ولا سجود سهو فيهلكنه مكروه إلا لعذر.
“Seandainya seseorang mengeraskan bacaan pada tempat yang disyariatkan dibaca pelan atau memelankan bacaan pada tempat yang disyariatkan dibaca keras tidak membatalkan shalatnya dan tidak perlu sujud sahwi, kendatipun mengerjakan perbuatan makruh kecuali ada udzur”
[Fiqh al Ibaadaat Ala Al Madzhab as Syafi'i I/315]

* (فَرْعٌ)
لَوْ جَهَرَ فِي مَوْضِعِ الْإِسْرَارِ أَوْ عَكَسَ لَمْ تَبْطُلْ صَلَاتُهُ وَلَا سُجُودَ سَهْوٍ فِيهِ ولكنه ارتكب مَكْرُوهًا هَذَا مَذْهَبُنَا وَبِهِ قَالَ الْأَوْزَاعِيُّ وَأَحْمَدُ فِي أَصَحِّ الرِّوَايَتَيْنِ وَقَالَ مَالِكٌ وَالثَّوْرِيُّ وَأَبُو حنيفة واسحق يَسْجُدُ لِلسَّهْوِ دَلِيلُنَا قَوْلُهُ فِي حَدِيثِ أَبِي قَتَادَةَ " وَيُسْمِعُنَا الْآيَةَ أَحْيَانًا " وَهُوَ صَحِيحٌ كَمَا سَبَقَ
(CABANG)
Apabila mengeraskan bacaan pada tempat yang bacaannya dipelankan tidak membatalkan shalatnya dan tidak pula sujud sahwi kendatipun ia melakukan perbuatan makruh; inilah Madzhab kami, Al Auza'i dan riwayat yang paling shahih dari dua riwayat Imam Ahmad. Sedangkan Imam Malik, Tsauri, Abu Hanifah dan Ishaq Berkata : 'Sujud sahwi'. Adapun dalil kami hadits Abu Qatadah "Kadang kala beliau mendengarkan kepada kami ayatnya".
[Al Majmuu' Syarh al Muhadzdzab III/391]

نهاية الزين صحـ ٨٠
والجهر فِي مَوضِع الْإِسْرَار وَعَكسه بِلَا حَاجَة أما لَهَا فَلَا كَرَاهَة
“Dan mengeraskan bacaan pada tempat yang disyariatkan dibaca pelan dan sebaliknya Tanpa ada hajat (dihukumi makruh), sedangkan jika ada hajat maka tidak makruh”
[Nihaayah az Zain Halaman 80]

الأذكار للنووي صحـ ٥٠
واعلم أن الجهر في مواضعه، والإِسرار في مواضعه سنّة ليس بواجب، فلو جهر موضع الإِسرار، أو أسرّ موضع الجهر، فصلاته صحيحة، ولكنه ارتكب المكروه كراهة تنزيه، ولا يسجد للسهو
“Ketahuilah bahwa mengeraskan bacaan pada tempatnya dan memelankan bacaan pada tempatnya hukumnya sunah tidaklah wajib maka seandainya seseorang mengeraskan bacaan pada tempat yang disyariatkan dibaca pelan dan memelankan bacaan pada tempat yang disyariatkan dibaca keras maka shalatnya sah, kendatipun mengerjakan perbuatan makruh tergolong makruh tanzih dan tidak perlu sujud sahwi”
[Al Adzkaar Li an Nawawi Halaman 50]

حاشية الباجوري على ابن قاسم ج 1 صحـ 322 دار الكتب العلمية بيروت لبنان
قوله (موضعه) أي الجهر وإذا أسر في موضع الجهر أو جهر في موضع الإسرار كره إلا لعذر
“Keterangan Pengarang (Pada tempatnya) artinya mengeraskan bacaan pada apabila seseorang mengeraskan bacaan pada tempat yang disyariatkan dibaca pelan atau memelankan bacaan pada tempat yang disyariatkan dibaca keras hukumnya makruh kecuali ada udzur”
[Hasyiyah Al Bajuri Ala Ibn Qosim I/322]

 الموسوعة الفقهية الكويتية ج 16 ص 188
فَذَهَبَ الشَّافِعِيَّةُ وَالأَْوْزَاعِيُّ إِلَى أَنَّ مَنْ جَهَرَ فِي مَوْضِعِ الإِْسْرَارِ أَوْ أَسَرَّ فِي مَوْضِعِ الْجَهْرِ لَمْ تَبْطُل صَلاَتُهُ وَلاَ سُجُودَ سَهْوٍ عَلَيْهِ، وَلَكِنَّهُ ارْتَكَبَ مَكْرُوهًا (2) .
وَبِهَذَا يَقُول الْحَنَابِلَةُ إِنْ تَرَكَ الْجَهْرَ وَالإِْخْفَاتَ فِي مَوْضِعِهِمَا عَمْدًا.
_______________
(2) المجموع 3 / 390 - 391.

“Menurut kalangan Syafi'iyah dan Al Auza'i orang yang mengeraskan bacaan pada tempat yang disyariatkan dibaca pelan dan memelankan bacaan pada tempat yang disyariatkan dibaca keras tidak membatalkan shalatnya dan tidak perlu sujud sahwi, kendatipun mengerjakan perbuatan makruh. Dengan ini pula menurut kalangan Hanabilah bila meninggalkan mengeraskan bacaan pada kedua tempat tersebut (keras & pelan) secara sengaja”
[Al Mausu'ah al Fiqhiyyah al Kuwaitiyyah XVI/188]



المغني لابن قدامة الحنبلي ج 1 ص 642
فإن جهر في موضع الإسرار أو أسر في موضع الجهر ترك السنة وصحت صلاته إلا أنه أن نسي فجهر في موضع الإسرار ثم ذكر في أثناء القراءة بنى على قراءته وإن أسر في موضع الجهر ففيه روايتان إحدهما يمضي في قراءته والثانية يعود في قراءته على طريق الاختيار لا على طريق الوجوب إنما لم يعد إذا جهر لأنه أتى بزيادة وإن خافت في موضع الجهر أعاد لأنه أخل بصفة مستحبة في القراءة يمكنه أن يأتي بها وفوت على المأمومين سماع القراءة 
[Al Mughni Li Ibn Qudaamah I/642]


Wallahu A'lamu Bis Showaab

Link Mudzakaroh:
• https://www.facebook.com/groups/asawaja/permalink/1280290535352262/





Komentari

Lebih baru Lebih lama